TIPS

Tips Anti Lag saat Bermain Mobile Legends dan AoV

Dwi K   29 Dec 2017
Tips Anti Lag saat Bermain Mobile Legends dan AoV

Jika sering bermain Mobile Legends atau pun AoV, maka ada beberapa hal yang mungkin bisa bikin kita menjadi kesal. Mulai dari teman setim yang sok tahu, leaver, sampai yang paling utama adalah Lag. Lag ini akan membuat Ping kita menjadi naik, sehingga gerakan kita pun menjadi tersendat-sendat dan tragisnya menjadi sasaran empuk bagi lawan pada saat sedang defense.

Nah, yang jadi pertanyaan, adakah cara agar kita dapat meminimalisir lag dan kita pun bisa bermain dengan tenang? Berikut adalah beberapa tips yang akan bisa membantu game kita menjadi lancar jaya!

Turunkan Tingkat Kualitas Grafis

Kualitas grafis mempengaruhi tingkat load yang harus dilakukan oleh smartphone sehingga malah jadi memakan bandwidth yang sebenarnya bisa kita pergunakan untuk bermain.

Dalam pengaturan atau settings, biasanya akan terdapat sebanyak 3 kategori pengaturan, yaitu Low, Mid, dan High, yang akan mempengaruhi kualitas tampilan.

Jika pada saat kita bermain memang sering mengalami lag, cobalah untuk mengatur ke Low terlebih dahulu karena, siapa tahu, FPS (frame per second) pada handphone kita memang mempengaruhi. Aturlah secara berjangka sampai mencapai ke High dan kita pun akan mengetahui batasan di mana gaming kita akan mengalami lag pada bagian pengaturan yang mana.

Hindari untuk Bermain pada saat Handphone Di-charge

Salah satu kebiasaan buruk yang kerap kita lakukan adalah tetap bermain game pada saat gadget kita sedang di-charge. Selain berbahaya bagi diri sendiri dan umur gadget, hal ini nyatanya juga akan berpengaruh pada performa dari handphone untuk bermain game. Kok bisa?

Saat bermain game, gadget milik kita biasanya akan secara otomatis masuk ke mode hemat daya baterai sehingga menurunkan performa. Hal inilah yang membuat game milik kita jadi mengalami lag akibat performa yang menurun.

Baiknya, sebelum mulai bermain, cek jumlah baterai yang kita miliki dan hindarilah untuk bermain sambil men-charge handphone.

Pastikan Auto Update dalam Keadaan Off

Jika kita tersambung dengan Wi-Fi, maka kita mungkin akan mengalami kondisi dimana aplikasi-aplikasi langsung melakukan update secara otomatis. Hal ini juga bisa membuat lag karena sinyal kita akan dibagi dengan proses update dari aplikasi-aplikasi tersebut. Kalian dapat mematikan fitur auto-update tersebut agar sesi bermainmu menjadi lebih nyaman tanpa adanya lag atau pun munculnya notifikasi yang bakal mengganggu kalian saat sedang bermain.

Terkadang pada saat kita bermain, saat semua setting sudah kita atur dan baterai juga dalam kondisi penuh, tetapi game kita mendadak mengalami lag. Mengapa bisa begitu, ya?

Coba kita lihat ke pengaturan auto update kembali. Auto Update adalah fitur dimana OS akan meng-update aplikasi-aplikasi secara otomatis secara background, alias berada di belakang layar dan dimaksudkan untuk tidak sampai mengganggu kita pada saat menggunakan gadget. Tentunya, jika meng-update aplikasi-aplikasi, maka akan memakan bandwidth internet yang secara tidak langsung bakal menyebabkan adanya lag pada saat kita sedang bermain.

Jadi, matikan fitur ini agar kita bisa bermain dengan nyaman.

Matikan Aplikasi Lain di samping Game

Gadget pada dewasa ini memang didesain dengan sedemikian rupa agar kita bisa menggunakan aplikasi dengan multitasking. Namun, jika kita menggunakan fitur ini, maka sisa memori untuk handphone akan berkurang atau hanya tersisa sedikit sehingga akan menyebabkan terjadinya lag. Belum lagi dengan game-game seperti Mobile Legends atau AoV yang termasuk game yang cukup besar dalam hal memakan memori.

Matikan aplikasi-aplikasi yang sekiranya belum akan digunakan untuk lebih menghemat pemakaian memori dan menghemat penggunaan baterai kita.

Gunakan WiFi sebagai Koneksi

Jika sudah melakukan semua itu, maka mungkin ada baiknya bagi kita untuk beralih koneksi sehingga menggunakan WiFI agar koneksi jadi lebih lancar. Dengan WiFi, kita juga akan lebih menghemat kuota. Update game pun bakal lebih lancar dan tidak berpengaruh banyak ke bandwidth. Tapi, jangan berposisi terlalu jauh dari WiFi, karena sinyal akan semakin melemah dan koneksi pun akan semakin melambat. Jika semakin banyak halangan, seperti tembok atau lantai, maka sinyal yang didapatkan juga akan semakin sedikit.

Nah, semoga tips-tips ini akan bisa membantu kita untuk bermain tanpa terjadinya lag, ya. Ingat, ini hanyalah permainan jadi jangan sampai menjadi toxic dan tetap have fun, ya!

Voucher Game Tokopedia

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top