TIPS TRIK

Tips & Trik Google Play yang Harus Diketahui

Escravania   28 Dec 2017
Tips & Trik Google Play yang Harus Diketahui

Google Play Store adalah keuntungan besar bagi mereka yang memiliki perangkat Android. Anda dapat memilih berbagai macam aplikasi di sana. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman berbelanja Anda, JurnalApps telah mengumpulkan beberapa tips dan trik Google Play Store untuk membantu Anda menguji aplikasi, menghemat uang, dan banyak lagi.

Instal aplikasi yang tidak tersedia di negara Anda

Jika Anda ingin mendapatkan aplikasi yang tidak tersedia di negara Anda, maka Anda dapat melakukannya dengan menggunakan VPN. ‘VPN’ (Virtual Private Network, atau jaringan pribadi virtual) akan memberikan koneksi internet yang aman kepada Anda melalui jaringan pribadi di lokasi di luar lokasi Anda pada saat ini. Jadi, pada dasarnya, layanan VPN bakal membuat Anda terlihat seperti sedang mengakses internet dari lokasi yang berbeda.

Setelah mengunduh VPN, pilih negara yang Google Play Store-nya ingin Anda akses, aktifkan VPN, dan jalankan. Lalu, buka aplikasi Google Play Store. Anda akan tiba di beranda Google Play Store dari negara yang Anda pilih. Sekarang Anda bisa mendapatkan aplikasi yang Anda inginkan.

Kelola aplikasi Anda di Play Store

Google Play Store memiliki bagian yang disebut Aplikasi & Game saya. Dari sini, Anda dapat melihat aplikasi mana yang telah Anda unduh, yang telah dimuat sebelumnya, dan aplikasi yang perlu Anda perbarui. Di sini, Anda dapat mengelola aplikasi Anda di dalam Google Play Store.

  • Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.
  • Buka menu (tiga garis horizontal di kiri atas layar Anda).
  • Di bagian Aplikasi & Game, Anda akan melihat tautan My apps and & games, ketuk ini.
  • Sekarang, Anda dapat melihat daftar aplikasi terinstal Anda.

Dari sini, Anda bisa menekan tombol Perbarui Semua di pojok kanan atas layar, dapat memantau apa yang telah Anda unduh, dan mengelola aplikasi-aplikasi tersebut. Jika Anda masuk ke bagian Semua, maka Anda dapat melihat aplikasi mana yang ada di perangkat Anda dan aplikasi mana saja yang dapat dihapus.

Pasang kunci orang tua di Google Play

Jika Anda tidak menginginkan anak Anda sampai mengunduh aplikasi yang tidak pantas di Google Play Store, misalnya seperti permainan yang penuh dengan kekerasan atau aplikasi kencan, maka Anda dapat mengatur kontrol orang tua agar perangkat Android Anda tidak sampai disalahgunakan.

  • Pertama, buka Google Play Store dan ketuk ikon menu.
  • Buka Pengaturan
  • Ketuk Kontrol orang tua dan tekan slider sehingga tertulis ‘Aktif’. Dari situ, Anda akan diminta membuat kode PIN kunci orang tua.
  • Setelah PIN dibuat, buatlah daftar hal-hal yang dapat Anda unduh di Google Play Store, dan ketuk yang ingin Anda batasi.

Dapatkan pengembalian dana di Google Play Store

Anda bisa mendapatkan refund (pengembalian dana) untuk pembelian di Google Play Store dengan sekali tekan; asalkan Anda segera melakukannya dalam hitungan waktu dua jam setelah membeli aplikasi tersebut. Dua jam rasanya sudah cukup untuk mengetahui apakah aplikasi yang kita beli itu sudah sesuai dengan yang kita inginkan atau tidak.

  • Setelah membeli aplikasi di laman Google Play Store, maka Anda akan melihat opsi untuk Menginstal atau Membuka. Tambahannya, pilihan Refund akan muncul di sebelah kiri.
  • Ketuk tombol Pengembalian dana tersebut dalam waktu dua jam setelah pembelian untuk mengembalikan uang Anda, tanpa ada pertanyaan apa pun yang bakal diajukan untuk Anda.

Periksa ‘Pojok Indie’

Baik pengembang besar mau pun kecil adalah penting untuk ekosistem aplikasi Android yang dinamis. Pengembang besar memang tidak akan banyak berjuang, namun pengembang kecil-lah yang seringkali mengalami kesulitan. Bagian dari masalah tersebut adalah sulitnya untuk menemukan aplikasi mandiri. Tapi, sekarang ada Pojok Indie di Google Play Store. Namun, Pojok Indie tersebut tidak dapat ditemukan dari dalam Google Play Store itu sendiri.

  • Sebagai gantinya, buka browser web di perangkat Android Anda dan cari Pojok Indie.
  • Hasil pertama haruslah ‘Temukan Pojok Indie’ dari Google Play Store.
  • Masuk, dan Anda akan melihat daftar yang diperbarui dengan aplikasi baru setiap bulannya.

Hentikan pembaruan otomatis

Google Play Store memiliki kecenderungan untuk mengunduh pembaruan yang tersedia untuk aplikasi Anda pada waktu yang tidak tepat. Hal tersebut menjadikan paket data 3G / 4G Anda malah akan tersedot habis dengan cepat jika Anda tidak berhati-hati.

  • Dari Google Play Store, buka Pengaturan Anda, dan klik pada Perbarui Aplikasi.
  • Pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis.
  • Setelah itu, Anda akan bebas untuk memilih kapan atau di mana Anda ingin memperbarui aplikasi Anda.

Nonaktifkan penambahan otomatis shortcut ke layar utama

Saat memasang aplikasi baru, Google Play Store memiliki kebiasaan 'buruk' untuk secara sistematis menambahkan shortcut ke layar utama. Terkadang hal tersebut terasa praktis, namun bisa dengan cepat menjadi mengganggu, terutama jika Anda sering mengunduh banyak aplikasi yang tidak akan secara langsung Anda gunakan pada setiap saat.

Ada metode sederhana untuk menonaktifkan penambahan otomatis ini:

  • Dari Google Play Store, buka Pengaturan.
  • Hapus centang pada kotak Tambahkan ikon ke layar utama.

Nah, demikianlah untuk beberapa tips dan trik Google Play Store yang wajib untuk Anda ketahui sebagai pengguna Android. Semoga bermanfaat, dan selamat mencobanya, ya.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top