REVIEW

AdVenture Capitalist, Begini Rasanya Jadi Antek Kapitalis

Anduril   27 Dec 2017
AdVenture Capitalist, Begini Rasanya Jadi Antek Kapitalis

Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi dunia, dimana sektor industri dan perdagangan dari suatu negara dikelola oleh perusahaan-perusahaan swasta untuk mendapatkan profit, bukannya berdasarkan dari pengelolaan oleh negara.

Pada intinya, dengan paham kapitalisme, perusahaan-perusahaan swasta akan lebih mudah untuk berkembang berkat adanya persaingan atau kompetisi. Dikarenakan adanya kebebasan yang diberikan, maka perusahaan-perusahaan tersebut akan lebih terdorong untuk membangun suatu kekuasaan mutlak yang memaksimalkan keuntungan bagi mereka agar dapat menandingi atau bahkan membunuh para saingannya.

Game AdVenture Capitalist adalah game untuk platform iOS dan Android yang memakai tema kapitalisme dan memberikan semacam pelajaran yang sangat mendasar mengenai pemahaman tersebut. Game ini adalah game free-to-play karya Hyper Hippo studio asal Kanada dan di-publish oleh Kongregate.

Game ini adalah game idle game dimana kalian hanya perlu untuk melakukan tap sebagai kontrol utama. Selain itu, AdVenture Capitalist juga sering disebutkan sebagai "Arguably, the world's greatest Capitalism simulator," atau "bisa dibilang sebagai simulasi kapitalisme terbaik di dunia." Tetapi, game ini sebenarnya tidak terlalu menekankan dirinya sebagai sebuah simulator, tetapi lebih untuk menjadi semacam game arcade karena game ini memang tidak memiliki aspek simulasi yang mendetil sehingga sangat mudah untuk dimainkan.

Dalam game AdVenture Capitalist, kita akan memulai bisnis kita dari sekedar berjualan lemonade (es jeruk) dan bisa membuka bisnis lain yang akan memperbesar keuntungan kita. Bisnis-bisnis lainnya sangat beragam, mulai dari tempat pencucian mobil sampai perusahaan minyak. Masing-masing bisnis tersebut akan memiliki jumlah pendapatan yang berbeda-beda.

Mirip seperti Tap Titans, game ini menghadirkan sistem prestige yang berupa Angels. Jika kalian memutuskan untuk melakukan prestige, maka kalian akan mengulang permainan dari awal, namun dengan suntikan tambahan dana yanng berupa Angels tadi. Dengan mengorbankan Angels, maka kalian dapat membeli upgrade spesial yang bisa menggandakan profit seluruh perusahaan kalian sampai berkali-kali lipat sehingga kalian bisa menjadi cepat kaya ketimbang sebelumnya.

Selain membuka usaha di Bumi, AdVenture Capitalist juga mengijinkan kalian untuk membuka usaha di Bulan atau pun di Mars. Kedua tempat usaha tersebut memiliki mata uang yang berbeda, sehingga kalian harus mengkonversi mata uang yang kalian miliki. Selain itu, berjualan di kedua tempat tersebut merupakan satu-satunya cara untuk mendapatkan Mega Bucks, sebuah mata uang khusus untuk membeli upgrade.

Banyak sekali humor ala Amerika yang bisa membuat kalian jadi tersenyum kecil ketika memainkan game ini. Misalnya, seperti pada saat kalian menonton iklan, ada pemberitahuan yang berbunyi ‘Advertising is the life blood of Capitalism‘ (menyindir budaya kapitalisme yang sarat dengan iklan). Humor lainnya yang mungkin bisa membuat kalian tertawa, yaitu manajer bank yang diberi nama The Dark Lord, atau manajer bioskop yang wajahnya sangat mirip dengan tokoh utama film Shrek.

AdVenture Capitalist tidak memiliki iklan di tengah-tengah permainan. Namun, sebagai gantinya, kalian akan dipersilakan untuk menonton iklan melalui tombol di kanan bawah layar permainan. Jika kalian menonton iklannya, kalian akan mendapatkan bonus berupa double profit selama empat jam. Lumayan sekali, jika kalian ingin cepat-cepat menjadi kaya.

Dari segi IAP, AdVenture Capitalist membuka peluang bagi kalian untuk mendapatkan Angels tanpa harus melakukan prestige, yaitu dengan cara membayar 30 gold atau setara dengan Rp 39.000. Kalau kalian berencana memainkan AdVenture Capitalist untuk jangka panjang, maka Rp 39.000 menurut kami bukanlah harga yang mahal dan layak untuk dikeluarkan.

Sebagai penutup, AdVenture Capitalist merupakan idle game yang biasa saja. Hanya beberapa poin humor saja yang menurut kami yang bisa membuat game ini menjadi sedikit lebih menarik. Namun, jika kalian sebelumnya tidak pernah memainkan idle game lain, dan kalian sedang mencari game yang fresh, maka silakan mencoba AdVenture Capitalist.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top