REVIEW

AdVenture Communist, Saat Ajaran Karl Marx Hadir di Sakumu

Anduril   26 Dec 2017
AdVenture Communist, Saat Ajaran Karl Marx Hadir di Sakumu

Setelah sebelumnya menghadirkan AdVenture Captalist di gawai pintar, giliran AdVenture Communist yang sekarang menyeberang ke sakumu. Ingat, ini cuman sekedar game. Jadi, jangan langsung menganggap JurnalApps berpaham kekirian. Sebab, kami hanya berpaham kekirian ketika berusaha menghentikan angkot atau pun metro mini. Bang, kiri!

AdVenture Communist sendiri memakai ide yang sama dengan AdVenture Capitalist. Pada intinya, ini adalah idle game. Jadi, siapa yang berhasil mempersenjatai dirinya dengan upgrade lengkap akan menghasilkan banyak kentang. Yup, kentang! Lupakan uang emas yang ada di AdVenture Capitalist, karena ini negara kiri, dan di kiri, kami hanya mengenal kentang.

AdVenture Communist sudah menganut sistem hold bukan tap, jadi kalian bisa menghasilkan banyak kentang dengan cara melakukan hold pada icon kentang yang terletak di kanan bawah. Bila kalian memiliki cukup ilmuwan (ditandai dengan botol kimia), maka kalian bisa membeli fungsi “Run All Industries” yang sedikit lebih lambat ketimbang menjalankannya secara satu per satu.

Saat kalian menjalankan setiap industri yang kalian miliki tersebut secara manual, maka kalian akan mendapatkan daily drop berupa ilmuwan dalam jumlah tertentu. Daily drop ini memunculkan tiga kali kesempatan di setiap industri yang kalian miliki, jadi janganlah sungkan-sungkan untuk melakukan hold terhadap tombol hijau besar itu.

Selain kentang, kalian juga akan diajak berkenalan dengan industri lainnya, seperti tanah, tambang, persenjataan, dan obat-obatan. Jadi, benar-benar menggunakan ideologi komunis, dimana semua yang bisa diambil dari Bumi sebaiknya dibagi rata, dan industri modern akan membuat sebuah negara makmur sehingga tidak bisa dikuasai oleh satu orang atau satu pihak saja.

Kalian bisa membeli pekerja yang akan bekerja demi mengumpulkan semua sumber daya yang kalian miliki tanpa harus menekan apa pun. Para pekerja ini membutuhkan syarat tertentu yang biasanya sederhana di awal, tetapi akan semakin rumit di bidang yang lebih modern. Sebagai contoh, pada saat kalian membeli pekerja untuk pertanian kentang, maka kalian tidak akan membutuhkan apa pun kecuali Comrades, Land, dan kentang. Tapi, ketika kalian membeli pekerja untuk militer, maka kalian membutuhkan 100.000 kentang dan pekerja dari bidang lainnya dalam jumlah tertentu.

Game ini bisa kita tinggal untuk logout, dan kemudian kembali lagi untuk melihat hasil yang berhasil kalian kumpulkan. Fitur ini memiliki jumlah maksimal sehingga untuk berlama-lama meninggalkan AdVenture Communist bukanlah merupakan suatu keputusan yang tepat untuk diambil.

AdVentur Communist menyediakan IAP dalam bentuk ilmuwan (Scientist). Para ilmuwan ini bisa dibeli dengan sejumlah harga tertentu. Yang perlu diperhatikan, jangan pernah lupa untuk melihat iklan yang ada di dalam game. Walau pun bertentangan dengan paham kekirian dan terdengar aneh, tapi iklan-iklan ini akan menggandakan kecepatan produksi, yang artinya bakal semakin banyak kentang yanng dihasilkan untuk para Comrades.

Sebagai sebuah idle game, AdVenture Communist tidak menampilkan sesuatu yang baru, apalagi idenya juga tidaklah terlalu jauh berbeda dengan AdVenture Capitalist. Satu-satunya hal yang membuat game ini jadi berbeda dengan AdVenture Capitalist adalah hilangnya upgrade-upgrade yang aneh. Sebagai gantinya, kalian malah mendapatkan tombol Hard Reset yang akan membuatmu jadi mengulang permainan lagi dari nol.

Jadi, kembali lagi ke pertanyaan semula. Apakah kalian siap dengan paham kekirian di gawai pintarmu? Kalau kami sudah siap, sih. Walau pun sebenarnya bukanlah menjadi paham utama kami. Mungkin AdVenture Communist akan menjadi sebuah paham yang bisa dimainkan pada saat menunggu bus di terminal, apalagi ketika meneriakkan yel-yel kekirian seperti tadi. Bang, kiri!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top