REVIEW

Portal Knights, Versi Canggih dari Minecraft

Anduril   25 Dec 2017
Portal Knights, Versi Canggih dari Minecraft

Fantasy RPG datang dalam berbagai wujud dan ukuran. Namun, yang jadi pertanyaan di sini, apakah genre tersebut membawa suatu elemen ke dalam permainannya atau menyusun segala elemennya dengan cara yang unik? Portal Knights cenderung pada pilihan kedua, tetapi dilakukan dengan cara yang menyenangkan sehingga, dapat dikatakan, juga serupa dengan yang pertama.

Dunia dalam Portal Knights memiliki latar belakang cerita, meski pun sejatinya tidak terlalu penting atau harus kalian kerjakan sendiri ketika kalian memainkannya. Apa yang semula bersatu kini terpecah-belah dan semua orang sekarang menantikan kehadiran Portal Knights untuk membawa cahaya ke dunia tersebut. Itu adalah petunjukmu untuk membuat Warrior (melee weapons), Ranger (bow dan slings), dan Mage (spell).

Setiap kelas juga memiliki talent, atau skill pasif yang memungkinkan mereka untuk memfokuskan diri pada build tertentu. Kalian bisa mendapatkan banyak talent dengan cara meningkatkan level karakter. Setiap karakter yang levelnya meningkat juga akan mendapatkan poin untuk meningkatkan atribut mereka.

Bila kalian membuat sebuah dunia, maka kalian akan mendapatkan pulau dengan segala isinya yang dibuat melalui sistem procedurally generated. Mereka akan memiliki ukuran, musuh, resource, dan NPC. Kalian pun bisa membuat sebuah dunia untuk setiap karakter baru, atau bermain di dunia yang lama. Segala kemajuan yang sudah kalian buat sebelumnya akan tetap tersedia untuk karakter baru tersebut.

Beberapa NPC yang akan kalian temui juga ada yang membutuhkan pertolonganmu. Mereka nantinya akan memberikan Quest. Dan, ketika kalian menyelesaikannya, maka kalian juga akan mendapatkan hadiah yang layak.

Sebuah portal yang belum selesai, atau portal yang sudah jadi, akan tersedia di tempat kalian memulai permainan. Satu-satunya cara untuk berpindah tempat, yah... dengan cara menyelesaikan atau menggunakan portal tersebut. Nantinya, kalau kalian sudah berpindah tempat, kalian masih bisa kembali ke tempat sebelumnya untuk mengumpulkan berbagai resource, yang sebelumnya tidak bisa kalian capai.

Tidak peduli dengan kelas yang kalian pilih, kalian akan mengendalikan karakter tersebut dengan cara yang sama. Akan ada virtual stick untuk bergerak dan sebuah tombol untuk menyerang. Bila kalian ingin mengunci target, maka kalian cukup melakukan drag dan hold. Portal Knights versi gawai pintar ini juga mengadopsi sistem auto-lock sehingga pertempuran akan berjalan lebih mudah ketimbang di versi lain. Skema kontrol memang sengaja dibuat dengan sangat mudah, baik itu saat mode first person mau pun third person.

Portal Knights menyediakan fitur local co-op yang bisa dimainkan hingga empat orang pemain. Sesuatu yang sangat berguna, terutama di saat melawan bos.

Grafis yang digunakan oleh Portal Knights memang sangat mirip dengan Minecraft, jadi janganlah heran kalau kalian merasakan deja vu saat memainkan game ini. Sebagai game sandbox, Portal Knights akan menawarkan berbagai item yang bisa di-craft, mulai dari senjata hingga dekorasi rumah. Versi mobile ini bahkan memiliki pulau sendiri yang bisa dibeli ketika kalian sudah memiliki gold dalam jumlah yang cukup. Sebuah lokasi yang sangat cocok digunakan untuk berlindung dari serangan musuh yang selalu muncul.

Game ini merupakan tipikal game yang sangat mudah membuat kalian jadi terlupa dengan waktu walau pun kalian tidak mengerjakan apa pun selain membangun sebuah lemari untuk dapurmu. Sebenarnya, ini merupakan sebuah value yang bagus apalagi kalau mengingat Portal Knights memiliki banderol senilai Rp 80.000,- Bahkan, saat review ini dibuat, sang penulis seperti melupakan maksud dan tujuan semula sebelum akhirnya memutuskan untuk melanjutkan cerita utama.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top