REVIEW

Dirikan Kantor Detektif Impianmu dalam Game Another Case Solved

Andy Chan   24 Dec 2017
Dirikan Kantor Detektif Impianmu dalam Game Another Case Solved

Apakah Anda pernah membayangkan bagaimana rasanya memiliki sebuah kantor detektif sendiri, dan kemudian memecahkan berbagai kasus rumit yang diberikan oleh klien? Noodlecake Studios dan AT Games mempersembahkan sebuah jalan bagi Anda untuk melakukannya via sebuah game detektif yang berjudul Another Case Solved!

Dalam sebuah kota yang ramai, ada peraturan baru yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu dilarang mengkonsumsi snack yang manis-manis! Akibat peraturan inilah, terjadi berbagai macam kasus unik, dimana Anda sebagai seorang detektif ditantang untuk mencari petunjuk, menemukan saksi, bertanya kepada tersangka, dan menemukan rahasia yang disembunyikan oleh kota ini. Itulah latar belakang kisah dari game unik Another Case Solved.

Dalam Another Case Solved, pemain diberikan sebuah kantor detektif yang awal mulanya masih kosong. Namun, semakin pemain naik level dan mengumpulkan uang, maka kantor tersebut pun bisa dikustomisasi sampai akhirnya menjadi kantor detektif yang lebih layak. Pemain juga diberikan kesempatan untuk memberi nama bagi sang detektif dan mengkustomisasi penampilan serta jenis kelaminnya. Sama halnya seperti kustomisasi untuk kantor, maka untuk memberikan kustomisasi pada sang detektif, juga dibutuhkan uang.

Permainan dalam Another Case Solved dibagi menjadi empat buah jenis, yang masing-masing jenisnya bakal unik dan harus dikuasai oleh pemain karena semuanya membutuhkan ketelitian tersendiri dalam memainkannya. Yang pertama adalah permainan match-3 bernuansa detektif. Di layar, akan terlihat tapak kaki, kaca pembesar, balon dialog, kunci, serta donat. Untuk mengambil kelima petunjuk tersebut, pemain harus menarik garis sepanjang minimal tiga buah icon. Apabila pemain bisa menarik garis hingga sepanjang lima icon, maka ia akan mendapatkan barang bukti yang berguna untuk menyelesaikan kasus. Biasanya, untuk menyelesaikan mode permainan ini, dibutuhkan sejumlah petunjuk dan barang bukti.

Yang kedua adalah permainan mencari sebuah lokasi di kota. Dalam mode ini, pemain disuguhkan sebuah peta kota, dan tujuan dari pemain adalah menemukan sebuah lokasi yang spesifik. Biasanya, cara menemukan lokasi ini adalah dengan menyimak petunjuk yang ada di samping, misalnya "Berjarak 1 dari air," kemudian "Berjarak 2 atau lebih dari supermarket," dan "Berjarak 1 dari kantor detektif." Dengan melakukan pemeriksaan silang dari beberapa petunjuk tersebut, pemain harus bisa menentukan perkiraan di mana lokasi pastinya.

Jenis ketiga adalah menyelidiki sebuah lokasi, baik untuk mendapatkan petunjuk atau pun untuk menemukan barang bukti. Dalam mode ini, pemain diberikan layout atas sebuah lokasi, dan sejumlah waktu untuk menemukan apa pun yang dicari. Ini adalah mode yang paling sulit, karena selain adanya batasan waktu, benda yang harus dicari pun tidak jelas ada di ruangan mana, dan masing-masing ruangan pun memiliki tempat persembunyian tersendiri yang harus dibongkar. Petunjuk hanyalah berupa meteran "intuisi" di samping yang menunjukkan seberapa dekat Anda dengan barang yang dicari. Untungnya, batasan waktu tidak berlaku secara real-time, melainkan setiap pemain bergerak untuk berpindah ruangan atau mengecek sebuah barang, maka waktu barulah akan berjalan.

Terakhir adalah menemukan tersangka. Dalam mode ini, pemain diberikan sejumlah foto tersangka, dan pemain bisa menanyakan kepada saksi mengenai seperti apakah rupa dari orang yang dicari tersebut. Jumlah pertanyaan terbatas, misalnya apakah orangnya berjenis kelamin pria atau wanita, bertubuh tinggi atau pendek, memiliki kumis atau tidak, memakai kacamata atau tidak, dan sebagainya. Semua itu dilakukan dengan proses eliminasi sampai pemain menemukan satu orang tersangka yang pasti.

Ada dua macam kasus yang perlu diselesaikan dalam game Another Case Solved. Kasus utama dalam game ini adalah kasus besar, dimana kasusnya memiliki cerita dan intrik tersendiri, dan biasanya harus memainkan keempat jenis permainan di atas dalam satu kesinambungan. Untuk bisa mendapatkan kasus besar ini, pemain harus terlebih dahulu memecahkan kasus-kasus kecil di surat kabar. Kasus kecil bisa dimainkan secara singkat, karena hanya memiliki satu jenis permainan saja dan menghasilkan uang. Jumlah dari kasus kecil ditentukan dari banyaknya surat kabar yang ada di kantor, maksimal tiga saja. Setiap berapa waktu sekali akan datang surat kabar yang berisikan kasus untuk diselesaikan.

Pemain juga bisa meng-upgrade sang Detektif dengan membeli berbagai macam skill yang berguna untuk menyelesaikan permainan, dan juga bisa membeli macam-macam Tools yang bisa membantu penyelesaian sebuah kasus. Jumlah Tools akan semakin meningkat seiring dengan naiknya level pemain, sementara untuk melakukan upgrade skill, pemain harus menggunakan Bintang yang didapatkan dari menyelesaikan Kasus Besar secara sempurna.

Another Case Solved menggunakan grafis kartun yang unik, dimana penampilan sang detektif bisa diubah dengan sesuka hati. Mulai dari rambut, mata, mulut, hidung, hingga bahkan pakaian. Terdapat sedikit animasi ketika pemain sedang berjalan keluar dari kantor atau pun pulang ke kantor. Terdapat lima buah chapter yang menantang untuk diselesaikan.

Game-nya sendiri dihadirkan secara free-to-play, tidak perlu memakai Internet untuk bisa dimainkan. Meski pun Another Case Solved memiliki iklan di dalam game, namun kehadiran iklan ini cukup minim dan tidak mengganggu sama sekali. Secara teknis, sistem stamina hadir dalam bentuk waktu tunggu hadirnya surat kabar, namun pemain bisa memainkan kasus besar kapan pun. Terdapat sedikit mikrotransaksi untuk membeli mata uang premium berupa Candy, dimana Candy bisa dipakai untuk membeli beberapa Tools premium serta uang.

Nah, apabila Anda memang bermimpi ingin menjadi seorang detektif ternama yang memiliki kantor sendiri, maka Another Case Solved adalah sebuah game yang cocok untuk Anda!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top