REVIEW

Ninja Shuriken Saga, Klon Puzzle Bobble Bercita Rasa Ninja

Andy Chan   22 Dec 2017
Ninja Shuriken Saga, Klon Puzzle Bobble Bercita Rasa Ninja

Marilah berkenalan dengan seorang Ninja wanita bernama Sakura. Dia dan anjingnya, Itacho, membutuhkan bantuanmu dalam menemukan berbagai desa Ninja tersembunyi dan melakukan penjelajahan dalam sebuah dunia Ninja yang mistis. Demikianlah sedikit latar belakang kisah dari game Ninja Shuriken Saga buatan PandaSoft. Dan, tidak. Dia sama sekali tidak ada hubungannya dengan karakter bernama Sakura Haruno dari serial Naruto karya Masashi Kishimoto yang lebih populer itu.

Bagi Anda yang pernah memainkan Puzzle Bobble atau yang lebih dikenal di Amerika dengan judul Bust-A-Move berikut dua karakter utamanya, Bub dan Bob, maka permainan Ninja Shuriken Saga tentunya tidaklah akan asing lagi, karena memang hampir sama. Tujuan permainan adalah menembakkan bubble ke arah tumpukan bubble yang ada di layar sambil membersihkan semuanya. Apabila tiga buah bubble atau lebih yang memiliki warna sama bisa bertemu dengan tembakan bubble pemain, maka bubble-bubble tersebut pun akan pecah dan mengosongkan isi layar.

Seperti Puzzle Bobble juga, bubble dalam Ninja Shuriken Saga yang bisa ditembakkan ke arah medan permainan terdapat sebanyak dua buah, dan pemain bisa menukar keduanya itu hanya dengan menyentuh mereka saja. Kecuali, jika keduanya memiliki warna yang sama, sehingga tidak ada alasan untuk menukarnya. Untuk menembakkan bubble, pemain hanyalah perlu menyentuh lokasi yang diinginkan. Namun, apabila pemain ingin memantulkan bubble ke pinggiran layar, maka juga bisa dilakukan dengan menyentuh dan menahan jari Anda untuk melihat sebuah garis bantu yang memperlihatkan bubble tersebut akan mental ke arah mana. Tapi, jangan terlalu bergantung dengan garis bantu tersebut, karena memantulnya seringkali tidaklah ke arah yang diinginkan, namun justru akan lebih ke bawah dari perkiraan. Pemain juga tidak perlu terburu-buru dalam menyelesaikan sebuah stage, karena sama sekali tidak ada batasan waktu. Untuk membantu permainan, terdapat berbagai bubble khusus, seperti Burning Shuriken yang bisa menghancurkan segala macam bubble dan Color Ball yang bisa cocok dengan warna apa pun.

Stage dalam Ninja Shuriken Saga direpresentasikan dengan desa Ninja. Jadi, begitu pemain menyelesaikan sebuah stage, maka bisa langsung membuka desa Ninja berikutnya. Ada beberapa macam jenis stage yang perlu diselesaikan. Di antaranya adalah jenis klasik untuk membersihkan layar dari bubble, juga ada stage untuk membebaskan hewan, serta stage untuk mendapatkan scroll. Khusus untuk Stage mendapatkan scroll ini, bubble yang tampil di layar akan hadir secara unik, karena setiap pemain menembakkan bubble ke arahnya, maka tumpukan bubble tersebut akan berputar sesuai dengan arah tembakan. Oleh karena itu, permainan menjadi lebih strategis jika dibandingkan dengan biasanya.

Terdapat 50 stage untuk diselesaikan, dan developer PandaSoft menjanjikan adanya stage-stage tambahan secara berkala via update. Masing-masing stage terseut juga memiliki tiga buah bintang untuk didapatkan. Di situlah, pemain bakal ditantang untuk bisa mendapatkan tiga bintang pada semua stage yang ada.

Sebenarnya, grafis dari Ninja Shuriken Saga tidaklah jelek. Sakura dan Itacho tampil secara kartun, dan art mereka pun mempesona serta menawan. Sayangnya, ketika permainan sedang berlangsung, Sakura tidaklah melakukan animasi melempar bubble karena bubble justru ditembakkan seolah-olah secara gaib. Dia hanya menggerakkan tangannya sedikit saja. Untunglah, lagunya memiliki citarasa oriental, dan game-nya menggunakan efek suara yang tidak mengecewakan.

Ninja Shuriken Saga hadir secara free-to-play, namun memiliki sebuah sistem stamina yang disebut dengan Life. Pemain bisa memainkan game-nya dengan bebas selama tidak sampai terjadi game over. Karena, kalau sampai game over, maka Life akan berkurang satu. Apabila Life sampai habis, barulah pemain harus menunggu hingga beberapa waktu lamanya untuk bisa memainkan game-nya kembali. Keberadaan iklan juga sangat mengganggu kenyamanan bermain. Namun, yang pasti, game ini tidak membutuhkan Internet untuk dimainkan, sehingga iklan yang mengganggu tersebut bisa dilenyapkan cukup dengan cara mematikan koneksi Internet. Tersedia mikrotransaksi untuk pembelian koin, dimana koin ini bisa digunakan untuk membeli berbagai macam jenis bubble serta membeli Life.

Ninja Shuriken Saga memang sekilas tampak seperti klon dari Puzzle Bobble/Bust-A-Move, namun bagi Anda yang menggemari tantangan, mendapatkan tiga buah bintang di ke-50 level yang disediakan itu rasanya dijamin bisa memuaskan Anda. Berhubung ukuran game-nya cukup kecil, hanya 51MB saja, Ninja Shuriken Saga ini rasanya patut untuk dicoba sebagai sebuah game Puzzle Bobble/Bust-A-Move bercita rasa Ninja.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top