REVIEW

1010! Puzzle, Game Terbaik untuk Menghabiskan Waktu

Andy Chan   21 Dec 2017
1010! Puzzle, Game Terbaik untuk Menghabiskan Waktu

Apakah kalian sebuah membutuhkan sebuah game sederhana yang bisa digunakan (baca: dimainkan) untuk menghabiskan waktu? Misalnya, ketika sedang ber-commuting ria di kereta listrik, bus, atau sedang beristirahat siang, atau bahkan sedang menunggu waktu untuk meeting dengan klien? Tidak perlu untuk mencari jauh-jauh lagi, karena Gram Games telah membuatkan sebuah game mobile bergenre puzzle yang siap untuk menemani bermacam waktu tunggu tersebut, yang berjudul 1010! Puzzle.

1010! Puzzle merupakan sebuah game puzzle yang boleh dibilang mudah untuk dimainkan, tapi sulit untuk dikuasai. Konsep permainannya sendiri sangat mudah, pemain diberikan sebuah grid yang berukuran 10x10 kotak, dan di bagian bawah dari layar permainan akan tersedia sebanyak tiga buah blok secara acak. Blok yang diberikan tersebut bentuknya bakal bervariatif. Ada yang berbentuk L, ada yang berbentuk garis, ada juga yang berbentuk kotak besar berukuran 2x2 atau 3x3.

Tugas pemain adalah menyusun ketiga blok yang diberikan tersebut ke medan permainan yang berukuran 10x10 tersebut. Apabila pemain berhasil untuk memenuhi 10 kotak secara penuh, baik secara horisontal mau pun vertikal, maka kesepuluh kotak tersebut pun akan sirna dari medan permainan, dan bakal memberikan skor kepada pemain. Warna tidak akan berpengaruh sama sekali, yang penting bagi pemain adalah berhasil untuk menyusun sebuah garis dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, maka blok-blok tersebut pun akan hancur. Permainan akan terus berlanjut sampai suatu saat bakal ada blok yang berukuran besar (kotak berukuran 3x3, misalnya) yang tidak muat untuk ditaruh di mana pun pada medan permainan. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya game over.

Boleh dibilang, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pemain untuk menyusun blok-blok yang ada agar bisa dilenyapkan dari medan permainan. Namun, yang juga harus tetap dilakukan adalah memikirkan tempat untuk menaruh blok raksasa yang setiap saat mungkin bisa keluar dan mengacaukan permainan. Setiap melihat blok yang berukuran 3x3, Anda pasti akan berpikir "Inilah kematian saya," kecuali ada cara untuk membersihkan blok-blok yang sudah ada.

Sayangnya, tidak ada mode lain sebagai variasi dari permainan. Hanya ada satu mode saja, yaitu mode puzzle mengumpulkan skor dengan setinggi-tingginya. Ibarat game Tetris, yang tersedia hanyalah mode klasik saja. Tidak ada mode turbo, time attack, dan sejenisnya. Jadi, game mungkin akan terasa monoton. Untungnya, game 1010! Puzzle ini memiliki fitur auto save. Jadi, ketika pemain keluar dari permainan dan kembali masuk lagi di masa mendatang, maka skor dan posisi blok yang sudah didapatkan pun akan kembali sama, jadi permainan pun bisa dilanjutkan secara langsung.

1010! Puzzle hadir dengan grafis yang cukup minimalis. Blok-blok yang disediakan memiliki warna masing-masing, dan medan permainan pun bisa dikustomisasi dengan beberapa pilihan warna, apakah mau menggunakan warna "Day" alias warna standar, "Night" dimana medan permainannya memiliki latar belakang gelap, atau "Soft" dengan warna-warna yang lembut. Sementara, pilihan warna selain ketiga warna tersebut haruslah dibeli dengan uang asli. Ada warna ungu, hitam, autumn, ice, dan garrage. Tidak ada lagu pada game ini, dan efek suara pun sangat minim, jadi dimainkan tanpa suara pun tidaklah bakal menjadi masalah.

Game puzzle ini hadir secara free-to-play, bebas untuk dimainkan tanpa ada sistem stamina, dan tidak membutuhkan koneksi Internet. Sayangnya, seperti yang sudah disebutkan, ada beberapa benda yang hanya bisa didapatkan dengan melakukan mikrotransaksi, serta ada tampilan iklan yang mengganggu. Bahkan, ada video iklan terkadang yang tidak bisa di-skip, sehingga menghalangi Anda untuk melanjutkan permainan.

Meski pun begitu, secara garis besar, 1010! Puzzle merupakan sebuah game puzzle yang adiktif, dan sangat cocok untuk dimainkan di waktu senggang, apalagi ketika sedang menunggu hujan yang turun sampai reda. Well, game-nya sendiri hanyalah berukuran 66MB saja. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba game ini. Tapi, berhati-hati saja, karena apabila Anda nyatanya terlalu jago, bermain game-nya bisa jadi tidak akan selesai-selesai dan apa pun yang tadinya sedang Anda tunggu, malah jadi terbengkalai atau sampai terlupakan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top