REVIEW

Badland, Kisah Perjalanan Makhluk Imut di Hutan Mematikan

Andy Chan   06 Dec 2017
Badland, Kisah Perjalanan Makhluk Imut di Hutan Mematikan

Seekor makhluk berbulu, yang tidak jelas apa, hidup di sebuah hutan misterius. Sebuah peristiwa aneh terjadi di hutan tersebut, dan sang makhluk mungil berbulu tersebut pun memulai perjalanannya untuk menyelamatkan dirinya, juga teman-temannya yang merupakan klon dari dirinya, serta mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di hutan tersebut. Itulah segelintir kisah yang dibawakan oleh Frogmind dalam game bernuansa kelam yang berjudul Badland ini.

Sang makhluk mungil berbulu yang memiliki mata berwarna putih tersebut dikendalikan secara sepenuhnya dengan sentuhan saja, dan bisa dibilang, kendalinya sangat sederhana. Pemain hanya perlu menyentuh layar untuk membuat makhluk tersebut mengepakkan sayapnya dan terbang ke atas. Sementara, jika menginginkan agar makhluk tersebut turun ke bawah, maka berhentilah untuk menyentuh layar.

Makhluk tersebut akan bergerak secara otomatis ke kanan, demikian pula dengan medan permainannya. Medan permainannya memiliki berbagai macam halangan, sehingga pemain harus menentukan apakah ingin mengarahkan sang makhluk ke atas atau ke bawah. Berhubung layarnya berjalan secara terus-menerus ke arah kanan, akan ada kejadian dimana pemain tidak sempat menghindari rintangan sehingga makhluknya akan terjepit antara tembok dan layar sehingga menyebabkan kematian, mati tertimpa batu, satu-satunya pintu keluar jadi tertutup oleh batu yang menggelinding, atau hal yang paling dibenci para pemain: Laser.

Kecepatan dari sang makhluk untuk berjalan ke depan pun bisa berubah, yang tergantung dari power up yang didapatkan. Tapi, jangan khawatir, sang makhluk akan kembali hadir di checkpoint sebelumnya, sehingga tidak perlu mengulang lagi dari awal. Tidak ada hitungan nyawa, alias pemain memiliki infinite life. Jadi, tidak perlu khawatir untuk mengalami game over.

Berhubung hutan dalam Badland merupakan hutan yang mematikan, maka pemain di sepanjang perjalanannya haruslah berpikir dengan cepat ketika melihat rintangan. Ada beberapa benda di layar yang bisa membantu untuk melewati rintangan, seperti memakan power up agar menjadi lebih kecil atau lebih besar, juga ada yang mendapatkan makhluk lain yang serupa sehingga mereka bisa beramai-ramai menjalankan stage-nya. Sangat seru melihat sederetan makhluk berbulu tersebut mencoba untuk menjelajah medan yang berbahaya dan mematikan ini.

Uniknya, pemain juga bisa bermain secara multiplayer dalam satu buah perangkat Android atau iOS. Dan, tidak hanya berdua saja, game Badland bisa mendukung empat pemain secara sekaligus, dimana masing-masing pemain bakal mengendalikan sang makhluk dengan menggunakan sisi layar yang dibagi empat: kiri atas, kiri bawah, kanan atas, dan kanan bawah. Bermain secara berempat sangatlah seru, karena dipastikan bakal ada yang tertinggal di belakang dan akhirnya mati, atau ada yang ceroboh di depan hingga terkena jebakan mematikan. Tapi, yang pasti, mode ini sebaiknya dimainkan dengan menggunakan tablet, karena akan sangat sulit untuk bermain dengan empat orang yang menggunakan ponsel pintar yang berukuran kecil.

Badland menggunakan grafis yang berbentuk siluet, sehingga semua karakter dan medan permainan tampil berwarna hitam di atas background berwarna yang benar-benar gorgeous. Ya, hutan misterius dalam Badland tampil sangat indah, mendetil sekaligus menakutkan dengan berbagai siluet yang terkadang mengerikan, sesuai dengan waktu pada saat itu, mulai dari pagi, siang, sore, hingga malam. Hal ini didukung dengan lagu dan suara ambiens yang mengumbar suasana hutan yang mencekam, sehingga game-nya terasa seperti suatu tempat yang memang buruk.

Meski pun Badland ini merupakan game free-to-play gratis, namun game-nya benar-benar akan menyiksa pemain dengan tampilan video iklan yang bertubi-tubi. Video iklan akan tampil setiap kali pemain mengalami kematian, serta ketika pemain menyelesaikan sebuah stage. Untungnya, iklan ini bisa dimatikan dengan menonaktifkan Internet. Sayangnya, versi gratis ini mengunci berbagai macam hal, termasuk stage baru dan mode-mode ekstra, yang bisa di-unlock dengan melakukan grinding. Ada cara lain, yaitu dengan membayar 40 ribu rupiah saja untuk mendapatkan versi premium yang tidak diganggu oleh iklan dan semua stage terbuka. Asyiknya, tidak ada mikrotransaksi atau pun sistem stamina yang menghalangi Anda dalam memainkan Badland.

Secara garis besar, Badland boleh dibilang merupakan sebuah game yang termasuk "hardcore," karena game ini merupakan salah satu game tersulit untuk platform mobile. Ini dikarenakan semua hal yang ada di layar itu siap untuk membunuh makhluk mungilmu, termasuk benda yang jatuh dari langit-langit, ada gergaji berputar yang mendadak muncul, dan lain sebagainya. Meski pun harcore, namun Badland ini sangat direkomendasikan untuk dicoba. Karena, yang pasti, setelah memainkan game ini hingga beberapa lama, Anda dijamin akan merasa sayang dengan makhluk hitam imut berbulu tersebut dan senang sekali untuk melihat mereka berhasil untuk selamat demi tiba di tujuan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top