REVIEW

Parking Jam, Uji Kebolehanmu dalam Berkendara dan Memarkir!

Andy Chan   06 Dec 2017
Parking Jam, Uji Kebolehanmu dalam Berkendara dan Memarkir!

Siapa yang bilang memarkir mobil itu adalah sesuatu yang gampang? Tanyakan ke semua orang yang pernah mencoba untuk memarkir mobil secara paralel, sudah dipastikan bakal banyak yang menyebutkan bahwa hal itu adalah mimpi buruk bagi para pengendara mobil. Kini, Anda bisa mencoba sendiri untuk memarkirkan mobil virtual dalam game buatan TerranDroid yang berjudul Parking Jam.

Sesuai judulnya, pemain dalam Parking Jam akan mengendalikan sebuah mobil dan mengarahkannya ke tempat parkir untuk memarkirkan mobil tersebut. Tapi, tidak hanya memarkirkan mobil saja. Ada banyak skenario yang diberikan oleh Parking Jam di samping parkir mobil, misalnya menjemput bos dan membawanya ke klien, atau pun menjemput teman dan pergi ke luar kota.

Pengendalian permainan menggunakan sebuah slider virtual untuk gas, serta slider kemudi untuk belok. Pemain hanya perlu menggeser slider gas ke atas untuk maju, dan ke bawah untuk mundur. Demikian pula halnya dengan slider kemudi, geser ke kiri untuk berbelok kiri, dan geser ke kanan untuk berbelok kanan. Semakin jauh pemain menggeser slider-nya, maka belokan akan semakin tajam dan gas pun akan semakin kencang. Bagi yang tidak suka dengan metode ini, juga tersedia mode steering wheel dimana pemain harus memutar setir virtual ke kiri dan ke kanan untuk berbelok. Atau, juga bisa dengan menggunakan gyro. Jadi, pemain hanya perlu memutarkan ponsel pintarnya secara fisik untuk berbelok.

Kedengarannya, "memarkirkan mobil" itu mudah, ya. Namun, kenyataannya adalah tidak. Pengendalian kendaraan dengan menggunakan slider tersebut sangatlah tidak akurat, sementara pemain benar-benar membutuhkan sesuatu yang bisa diandalkan dalam mengendarai mobil, menghindari kendaraan lain, mau pun memarkirkan mobil. Oleh karena itu, jalan terbaik untuk memainkan game ini adalah dengan penuh kesabaran dan berhati-hati. Atau, dengan kata lain, mesti mengendalikannya secara pelan-pelan agar tidak sampai terjadi kecelakaan.

Tingkat kesulitan Parking Jam sangatlah tinggi. Pemain hanyalah memiliki tiga buah "kecelakaan" (anggap saja sebagai Life) menabrak tembok, dan akan langsung menemui game over apabila menyentuh kendaraan lain. Hal ini bisa diatasi apabila pemain pelan-pelan dalam mengendalikan mobil, namun ada sedikit komplikasi pada beberapa stage tertentu yang memiliki batasan waktu. Dan, yang lebih menantangnya lagi, ada beberapa peti kemas yang merupakan bonus untuk diambil sebelum pemain menyelesaikan sebuah stage. Siap untuk menerima tantangan tersebut?

Parking Jam disuguhkan dengan menggunakan tampilan mata burung, semua kendaraan dan medan permainan terlihat dari atas. Lingkungan permainan tampil dengan baik, lampu lalu lintas yang bisa menyala-nyala, berbagai kendaraan lain yang lalu lalang, serta mobil pemain sendiri yang akan menyalakan lampu belakang putih apabila pemain sedang mundur. Lagu yang mengiringi permainan bernuansa tekno dan membuat suasana permainan jadi terasa menyenangkan.

Sebagai sebuah game free-to-play, Parking Jam tidaklah mengecewakan. Tidak ada batasan stamina dalam memainkannya, tidak ada kebutuhan Internet. Meski pun sesekali akan keluar iklan, namun tidak terlalu mengganggu dan akan lenyap apabila Internetnya mati. Juga, tersedia mikrotransaksi untuk pembelian uang, dimana uang bisa digunakan untuk membeli Life, membeli fitur baru seperti mengganti siang dan malam, membeli armor, dan sebagainya. Uang sendiri bisa didapatkan dengan menyelesaikan Achievement di dalam game atau pun dengan daily login (yang tidak membutuhkan Internet).

Tersedia lebih dari 70 level yang menantang untuk dimainkan, masing-masing level unik dengan kendaraannya sendiri. Ditambah dengan adanya Achievement, Parking Jam adalah salah satu game yang adiktif, yang meski pun metode kendalinya kurang akurat, namun tetaplah menyenangkan untuk dimainkan. Apalagi ukurannya benar-benar imut, hanya 15MB saja, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mencoba Parking Jam di Android mau pun iPhone Anda.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top