REVIEW

Para Job Seeker, Inilah Aplikasi Pencari Pekerjaan Terbaik di Android & iOS

Dikdok   05 Dec 2017
Para Job Seeker, Inilah Aplikasi Pencari Pekerjaan Terbaik di Android & iOS

Seperti yang selalu disebutkan oleh banyak orang, perkembangan teknologi yang ada saat ini telah membuat banyak pekerjaan jadi semakin mudah. Salah satu aktivitas yang juga dimudahkan karena adanya perkembangan teknologi ini adalah ketika orang-orang tengah mencari sebuah pekerjaan. Jika saat dahulu ingin mencari sebuah pekerjaan merupakan suatu hal yang merepotkan, karena kita harus mencarinya lewat koran serta menyebarkan berkas lamaran secara langsung ke perusahaan yang kita inginkan, maka hal tersebut kini sudah tidak perlu dilakukan lagi.

Pasalnya, kini sudah sangat banyak layanan yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan yang dapat diakses secara gratis. Bahkan, beberapa di antaranya telah mengembangkan layanan mereka ke dalam versi aplikasi agar bisa diakses melalui smartphone kapan pun dan di mana pun.

Lalu, apa saja layanan tersebut? Berikut ini akan Jurnal Apps paparkan secara rinci pada artikel di bawah ini:

LinkedIn Job Search

Siapa yang tidak kenal dengan layanan yang satu ini, sih? Penyedia layanan media sosial profesional bagi kalangan pekerja ini ternyata juga membangun sebuah aplikasi yang bisa digunakan di smartphone. Bukan hanya meluncurkan aplikasi yang menghadirkan layanan serupa seperti pada situs utamanya saja, LinkedIn juga menyediakan aplikasi lain yang dikhususkan bagi para pengguna yang ingin mencari pekerjaan.

Di dalam aplikasi yang diberi nama LinkedIn Job Search ini, telah dihadirkan berbagai fitur umum yang dimiliki oleh aplikasi-aplikasi sejenis lainnya, seperti fitur pencarian (yang berdasarkan lokasi, tanggal posting lowongan, dan perusahaan), mendapatkan saran lowongan kerja yang sesuai secara otomatis, melamar pekerjaan dengan profil LinkedIn dengan mudah, dan sebagainya.

JobStreet

Layanan satu ini juga pastinya sudah tidaklah asing lagi bagi para pencari kerja. Menghadirkan aplikasi dengan nama yang sama seperti pada situs utamanya, JobStreet menyediakan ratusan ribu lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan yang berada di Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, dan Vietnam.

Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur yang menarik lainnya. Selain dapat melakukan pencarian pekerjaan yang disesuaikan dengan lokasi dan juga gaji yang diinginkan, kita juga bisa melamar secara langsung pada lowongan pekerjaan yang diinginkan dengan sangat cepat. Bahkan, ketika perusahaan tersebut menghubungi untuk melakukan proses seleksi dengan lebih lanjut, kita pun bisa memberikan tanggapan dengan sangat mudah.

JobsDB Job Search

Menampung lebih dari 120 ribu lowongan kerja pada setiap bulannya, JobsDB merupakan salah satu layanan pencari kerja yang cukup baik untuk digunakan ketika mencari sebuah pekerjaan. Bukan hanya dapat membuat profil dan resume untuk memperkenalkan beberapa keahlian yang kita miliki kepada perusahaan, JobsDB juga menyediakan fitur lainnya seperti fitur job alert yang berfungsi untuk mendapatkan notifikasi info lowongan kerja yang sesuai dengan kriteria di dalam profil dan CV.

Indeed Job Search

Tidak kalah dengan LinkedIn, Jobstreet mau pun JobsDB, Indeed juga merupakan salah satu layanan pencarian kerja terpercaya yang ada di Indonesia. Indeed memiliki puluhan juta lowongan kerja yang tersebar di beberapa negara, termasuk salah satunya di Indonesia.

Yang menarik dari Indeed, kita bisa mencari lowongan pekerjaan terdekat yang ada di daerah sekitar kita, mencari lowongan berdasarkan kriteria (jabatan, lokasi, perusahaan, tanggal terbaru, dan lain-lain), mencari lowongan berdasarkan durasi pekerjaan (full time, magang, part time, dan sebagainya), dan masih banyak lagi.

Jora Job Search

Jika kalian ingin mencari puluhan ribu informasi lowongan pekerjaan resmi, perusahaan dan agen rekrutmen yang ada di Indonesia, mungkin inilah saatnya bagi kalian untuk meng-install Jora.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian tidak perlu mengunjungi berbagai situs lowongan pekerjan secara satu per satu lagi, karena seluruh lowongan pekerjaan tersebut akan muncul pada aplikasi Jora.

Untuk memudahkan pengguna dalam mengakses layanannya, Jora juga menyediakan beberapa fitur navigasi, seperti kolom pencarian untuk mencari lowongan kerja yang berdasarkan nama pekerjaan atau perusahaan, lokasi. Selain itu, juga bisa dilakukan pencarian dengan berdasarkan durasi pekerjaan.

Find job offers - Trovit Jobs

Mirip dengan aplikasi Jora, Trovit Jobs juga menampung berbagai informasi lowongan pekerjaan dari berbagai situs lowongan pekerjaan. Jadi, hanya dengan satu aplikasi ini, kita bisa menemukan berbagai lowongan pekerjaan tanpa harus repot-repot untuk mencarinya di berbagai situs lain.

Trovit Jobs juga menyajikan fitur pencarian lowongan pekerjaan yang berdasarkan kota, tanggal postingan lowongan, jam kerja, pengalaman kerja, gaji, dan lain sebagainya.

Glassdoor Job Search, Salaries & Reviews

Jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sejenis lainnya, aplikasi ini terbilang unik. Pasalnya, tidak hanya menyediakan informasi lowongan pekerjaan, Glassdoor juga menyediakan ulasan dari karyawan di perusahaan yang menyediakan lowongan kerja tersebut.

Bukan hanya ulasan dari karyawannya saja, bahkan kita juga bisa melihat ulasan dari para pelamar yang pernah mengikuti wawancara kerja di perusahaan itu.

Itulah beberapa pilihan aplikasi pencari lowongan kerja yang bisa digunakan ketika tengah mencari sebuah pekerjaan. Segera install aplikasinya dan dapatkan pekerjaan impianmu, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top