TIPS

Tips dan Trik Menggunakan OS Android Nougat

Escravania   05 Dec 2017
Tips dan Trik Menggunakan OS Android Nougat

Android 7.0 Nougat memiliki banyak fitur baru yang akan tersedia di sebagian besar ponsel. Dari peningkatan keamanan sistem hingga kenyamanan dalam menggunakan sistem operasi ini, di bawah ini adalah beberapa tips dan trik untuk menggunakannya.

Melihat layanan yang aktif, menghemat RAM dan baterai

Kebanyakan, layanan yang bekerja di latar belakang bakal mengkonsumsi sumber daya yang tidak perlu. Masuklah ke pengaturan pengembang, dan dari sana, Anda bisa menghentikan kerja layanan ini. Untuk memulai ulang layanan tersebut, nyalakan ulang aplikasi atau ponsel Anda.

Mengakses pengaturan lebih cepat

Nougat meningkatkan menu pengaturannya secara terus-menerus. Menu utama tersembunyi di margin kiri, dan Anda dapat mengaksesnya kapan pun dibutuhkan. Menu pengaturan ini juga dapat dinavigasi secara horizontal dengan cepat di bagian atas.

Beritahu Google bahwa Anda dapat berbicara dengan bahasa lain

Anda kini dapat memanfaatkan keahlian dalam menggunakan bahasa kedua selain bahasa Inggris. Di bawah “Bicara,” tambahkan bahasa kedua Anda. Hasil pencarian Google akan ditampilkan dalam dua bahasa. Jika Anda membuka situs web dalam bahasa tersebut, Chrome tidak akan menawarkan untuk menerjemahkannya. Tombol untuk menghapus bahasa agak tersembunyi namun bisa ditemukan di kanan atas layar.

Menangani pengoptimalan daya baterai

Aplikasi terputus dari Internet bila dalam mode standby dan hanya dapat menggunakan prosesor dalam interval yang besar. Ini meningkatkan masa pakai baterai, namun dapat memiliki efek samping. Beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti aplikasi Messenger atau Navigation tidak dapat lagi mengirimkan notifikasi kepada Anda. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mematikan pengoptimalan baterai di pengaturan baterai.

Tekan dan tahan simbol baterai dan tombol menu untuk pengoptimalan baterai akan muncul di kanan atas layar. Menu ini menampilkan semua aplikasi sehingga Anda dapat memilih aplikasi yang tidak bekerja dengan benar. Pilih “Jangan optimalkan,” lalu coba lagi aplikasi tersebut.

Mengatur ubin Quick-Start untuk produktivitas lebih baik

Opsi untuk mengatur simbol Quick-Start ini sebelumnya sudah diadaptasi oleh ponsel Samsung, dan pengguna ponsel Android merek lain kini dapat menikmatinya.

Cara melakukannya cukup jelas. Namun, yang kurang jelas adalah ikon yang Anda lihat di pengaturan cepat terdapat di lima posisi pertama dari tampilan penuh. Lakukan dengan cara menarik pengaturan cepat dari atas ke bawah dengan menggunakan dua jari.

Menampilkan peringatan tanpa suara

Sistem notifikasi Android diperkenalkan mulai pada Android 5.0 Lollipop di tahun 2014. Dengan pembaruan yang terus-menerus, Anda kini dapat menonaktifkan notifikasi dari berbagai aplikasi.

Pengaturannya sangat sederhana. Tekan dan tahan notifikasi, dan pilih opsi untuk notifikasi tanpa suara. Di pengaturannya, Anda dapat memfilter aplikasi dengan berdasarkan konfigurasi masing-masing di bawah ‘Notifikasi’ dan mengubahnya secara sesuka hati.

Menggunakan fitur layar terpisah

Untuk Anda yang ingin mengerjakan hal lain sambil menonton YouTube, misalnya, maka hal tersebut kini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur layar terpisah. Bukalah YouTube, jalankan video, lalu di kanan bawah layar, tahan tombol ‘Recent dan pilih aplikasi lain. Tidak ada aplikasi yang diinginkan? Tekan tombol Home, dan kemudian pilihlah aplikasi dengan cara biasa. Aplikasi itu akan muncul di bagian bawah layar. Apakah areanya terlalu kecil? Pindahkan bar sedikit lebih tinggi. Sudah bosan dengan banyak jendela? Tariklah bar agar aplikasi yang ingin tetap dijalankan terbuka dengan ukuran penuh.

Penggunaan yang lebih aman

Apakah Anda mengizinkan seorang teman bermain game di ponsel Anda, tapi tidak ingin dirinya sampai melihat-lihat home screen Anda? Jalankan aplikasi, tekan tombol ‘Recent di kanan bawah, seret ubin ke atas, lalu ketuk ikon pin di kanan bawah. Tidak ada pin yang tersedia? Maka Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan fungsi pinning pada pengaturan keamanan Anda.

Penggunaan data yang lebih sedikit

Ingin tetap bisa menghemat penggunaan data pada saat berada di luar jangkauan WiFi? Fitur Penghemat Data ini akan melakukannya untuk Anda.

Kunjungi Pengaturan > Sambungan > Penggunaan Data, dan aktifkan opsi Penghemat Data. Setelah melakukannya, Anda dapat membuat daftar aplikasi yang bisa menggunakan data latar belakang, dan yang lainnya akan dinonaktifkan dari sinkronisasi latar belakang. Ini tidak mencegah aplikasi yang memerlukan akses ke layanan data agar tidak menggunakan layanan tersebut sepenuhnya, namun hanya menonaktifkan sebagian besar aktivitas latar belakang.

Sangat diharapkan dengan tips dan trik sederhana ini dapat mengoptimalkan penggunaan OS Android Nougat Anda. Selamat mencobanya, ya.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top