REVIEW

Destiny6, RPG Terbaru dari Netmarble dengan Artwork Sangat Indah

Anduril   06 Dec 2017
Destiny6, RPG Terbaru dari Netmarble dengan Artwork Sangat Indah

Destiny6 bercerita tentang enam hero yang ditakdirkan untuk bertualang demi menyelamatkan dunia. Kami memfokuskan pada desain aspek budaya dan alur cerita dari setiap fraksi, begitu pula halnya dengan grafik dan karakter spesial yang juga membedakan game ini dibandingkan game lainnya.

Karena bergenre RPG, maka kalian akan menemukan berbagai cerita yang menarik dan kompleks. Setiap karakter digambarkan memiliki desain yang menekankan pada keunikan dari tiap fraksi. Kalian juga bisa melihat karakter 3D yang unik dan berkualitas tinggi. Totalnya, ada sebanyak 300 karakter di dalam game dengan tampilan dan skill spesial.

Pertarungan di Destiny6 dimulai dengan sistem bernama “Sistem Break,” yang bisa dikontrol secara manual melalui sentuh & tarik, serta banyak memberikan aspek strategis pada game ini. Sistem Break berkutat pada tanda peringatan yang muncul pada saat sebelum atau sesudah mengeluarkan skill. Bila kalian menyerangnya dengan Skill Break, maka hero atau monster tersebut bakal terkena status Break yang akan membuat mereka jadi menerima damage yang lebih besar dan tidak bisa bergerak.

Biasanya, karakter di Destiny6 memiliki dua skill, tapi tidak semuanya memiliki skill break. Setiap karakter memiliki keistimewaan mereka sendiri. Ada yang kuat pada serangan jarak dekat dan lemah dalam memberikan damage, namun ada pula yang memiliki serangan AoE (Area of Effect), tapi juga memiliki dua Skill Break.

Terdapat tiga tipe hero di dalam pertarungan, yaitu tipe rock, paper, dan scissors dimana ketiga tipe ini memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing terhadap tipe lainnya. Karakter keempat di dalam tim hanya bisa menggunakan strike skill yang bisa digunakan secara strategis di mode Adventure. Adanya berbagai karakter dengan keistimewaan dan tipe berbeda, memungkinkan kalian untuk menciptakan beragam kombinasi formasi dalam tim.

Setiap tim terdiri dari total empat karakter, yaitu tiga karakter dan satu strike karakter. Gauge milik strike karakter akan terisi secara otomatis saat kalian menyerang atau bertahan selama battle berlangsung. Saat gauge tersebut mencapai 100 persen, kalian langsung bisa menggunakan skill-nya.

Saat menyelesaikan stage, kalian akan menerima sejumlah bintang yang tergantung dari kriteria penyelesaian. Saat menerima tiga bintang, kalian bisa mendapat Conquerer boost yang mampu meningkatkan attack dan defense sebesar 30 persen atau lebih. Hal ini sangat membantu untuk memperoleh EXP dan hadiah ketika memainkan stage yang sama secara berulang kali dengan menggunakan Auto Repeat.

Kalian bisa menerima map piece dengan bermain di Adventure dan juga mengisi gauge untuk membuka Secret Dungeon. Melalui dungeon tersebut, kalian akan menerima Hero Shard yang bisa digunakan untuk mendapatkan hero tertentu.

Kalian juga bisa berpartisipasi di Secret Dungeon yang ditemukan oleh teman, sehingga dapat bekerjasama dengan teman untuk membuka banyak Secret Dungeon dan berpartisipasi bersama. Jadi, carilah teman dengan sebanyak mungkin di Destiny6 agar kalian bisa memainkan berbagai Secret Dungeon.

Terdapat mode normal PvP dan Special PvP yang terbagi sesuai dengan fraksi dan grade, sehingga pertarungan berjalan secara adil. Hal ini memungkinkan kalian untuk membuat tim hanya dengan karakter grade rendah tanpa karakter grade tinggi di dalam tim, sehingga kalian dari berbagai level bisa turut berpartisipasi dalam pertarungan.

Crosic adalah tempat dimana semua Special Dungeon berada. Kalian dapat menerima material Awaken di Daily Dungeon, material Enhance di Enhance Dungeon, Crests yang dapat dipasangkan pada karakter untuk membuatnya lebih kuat, dan menerima karakter bintang lima melalui Descended Dungeon.

Destiny6 masih menggunakan formula yang sama dengan game RPG besutan developer Asia lainnya. Jadi, janganlah heran kalau kalian bakal menemukan adanya dominasi sistem upgrade hero, gacha, dan sistem Auto Play. Selain itu, kunci (energi) masih menjadi pembatasan aktivitas utama agar Destiny6 tidak kehabisan konten dengan cepat.

Dari sisi grafis Destiny6 menghadirkan grafis yang cukup apik tapi cenderung mengingatkan kami akan RPG Seven Knight. Yah, memang tidak ada salahnya untuk menggunakan winning formula yang sama. Terlebih lagi, gaya artwork tersebut memang digemari di Indonesia. Untuk bagian music dan BGM, kami bisa mengacungi dua jempol untuk Destniy6, sebab semua musik yang dibawakan oleh game ini memiliki kualitas yang di atas rata-rata dan terbilang memiliki nada yang cukup lengkap untuk sebuah musik yang harus diulang secara berkali-kali.

Kesimpulan akhir dari Destiny6 adalah game ini mungkin akan meledak di Indonesia, tapi tetap tidak bisa mengulangi kesuksesan dari Seven Knight. Kalau kalian menyukai RPG dan suka dengan artwork yang imut-imut dan detil, maka Destiny6 adalah game untuk kalian.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top