TIPS

Install Aplikasi iPhone Only di iPad? Inilah Caranya!

Dikdok   04 Dec 2017
Install Aplikasi iPhone Only di iPad? Inilah Caranya!

Sebagai platform distribusi aplikasi resmi milik Apple, App Store memang telah menyediakan sangat banyak aplikasi yang bisa digunakan, baik untuk perangkat iPhone mau pun iPad. Namun, bagi kalian yang menyadarinya, tidak semua aplikasi iOS yang bisa di-install di iPhone ternyata juga bisa di-install di iPad, begitu pula dengan sebaliknya.

Sebagai contoh, Instagram adalah aplikasi yang hanya dibuat dan dioptimalkan untuk perangkat iPhone saja (iPhone only). Namun, juga ada aplikasi yang hanya bisa dibuat untuk iPad saja tanpa bisa di-install di iPhone (iPad only), contohnya adalah Swift Playground.

Meski pun kita lahtidak akan bisa men-download dan meng-install aplikasi iPad only pada perangkat iPhone, kita ternyata masih bisa meng-install aplikasi iOS untuk iPhone only ke iPad. Namun, tampilan dan kinerja yang diberikan nantinya tidaklah akan semaksimal dan sebaik ketika kita men-download dan meng-install di iPhone.

Nah, bagi kalian yang penasaran menyoal bagaimana caranya untuk men-download dan meng-install aplikasi iOS iPhone only ke iPad, Jurnal Apps kali ini akan memberitahukan caranya:

  1. Bukalah App Store secara langsung dari iPad.
  2. Carilah aplikasi iOS yang telah kalian ketahui hanya bisa dipasang di perangkat iPhone saja. Pada artikel kali ini, Jurnal Apps akan mengambil aplikasi Instagram sebagai contoh.

  1. Lanjutkan proses dengan melakukan tap pada opsi di bagian kiri atas untuk mengubah keterangan iPad only menjadi iPhone only.

  1. Selanjutnya, kalian akan menemukan aplikasi iOS yang hanya bisa dipasang di iPhone saja (iPhone only).

  1. Pilihlah opsi download dan install aplikasi iOS iPhone only tersebut ke iPad.

Dikarenakan aplikasi tersebut sebenarnya diperuntukkan untuk perangkat iPhone, maka tampilan dan kinerjanya tidaklah akan sama ketika kita meng-install aplikasi tersebut di iPhone. Perbedaan yang sangat jelas, tampilan aplikasi akan terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran layar pada iPad.

Mengenai keputusan untuk menghadirkan aplikasi yang hanya diperuntukkan bagi salah satu perangkat, baik iPhone atau pun iPad, adalah murni dari para developer atau pengembang aplikasi sendiri. Apple hanya menyediakan opsi bagi pengembang untuk bisa membuat aplikasi iPhone only, iPad Only, atau Universal yang bisa kalian install di iPhone dan iPad.

Meski pun demikian, sebaiknya kita tetaplah harus bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk bisa menikmati berbagai aplikasi iPhone only pada perangkat iPad. Nah, apakah kalian sudah pernah mencoba cara ini?

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top