REVIEW

AnimojiStudio, Cara Asyik Bikin Rekaman Animoji tanpa Batas Waktu

Dikdok   01 Dec 2017
AnimojiStudio, Cara Asyik Bikin Rekaman Animoji tanpa Batas Waktu

Animoji telah menjadi sebuah fitur ekslusif yang baru dari iPhone X, yang banyak diidam-idamkan oleh banyak orang. Fitur yang bekerja dengan cara mendeteksi lebih dari 50 otot wajah ini akan mampu untuk membuat sebuah emoji yang dapat bergerak sesuai dengan gerakan wajah dari pengguna.

Walau pun sangat menarik untuk digunakan ke dalam berbagai hal, Apple sayangnya baru menyematkan fitur ini ke dalam iMessage dengan durasi yang cukup terbatas, yaitu hanya 10 detik. Dengan didasari hal itulah, maka seorang pengguna GitHub, yang bernama Guilherme Rambo, mencoba untuk membuat AnimojiStudio.

Lalu, apakah AnimojiStudio? Secara sederhana, aplikasi ini tidaklah banyak berbeda dengan fitur Animoji yang terdapat pada iMessage di iPhone X. Namun, AnimojiStudio yang dikembangkan oleh Rambo ini dapat digunakan tanpa batasan durasi rekaman, serta mendukung koneksi ke akun Spotify, kustomisasi warna latar belakang, live streaming serta beberapa hal tambahan lainnya.

“This app uses a private framework, therefore it will not be published on the App Store and can only be installed by compiling and running from Xcode or sideloading the IPA. Please do not file issues about installation problems, that's out of the scope of this project.”

AnimojiStudio sendiri menggunakan private framework, sehingga membuatnya tidak akan bisa masuk ke dalam App Store. Oleh karena itu, aplikasi ini barulah akan bisa terpasang dengan cara melakukan compiling dan running dengan menggunakan Xcode yang telah terpasang terlebih dahulu. Untuk berbagai data yang dibutuhkan serta panduan pemasangan aplikasi dapat dilihat pada laman GitHub milik Rambo.

Cara Menggunakan AnimojiStudio

Gambar ini merupakan tampilan pertama yang akan terlihat ketika membuka aplikasi AnimojiStudio. Pada bagian ini, kalian akan diminta untuk memilih sebuah emoji yang kalian inginkan. Lanjutkan prosesnya dengan mengaktifkan microphone dan mengubah background hingga sesuai dengan keinginan.

Jika telah siap untuk merekam, maka lanjutkanlah proses dengan cara menekan bagian mana saja dari layar iPhone X. Tekanlah kembali untuk memberhentikan proses rekaman yang tengah dibuat.

Sesaat setelah selesai melakukan proses perekaman, maka AnimojiStudio akan segera memberikan pilihan untuk membagikan rekaman tersebut ke media sosial, atau hanya ingin disimpan ke dalam galeri yang kalian miliki saja.

Lipsync dengan Menggunakan AnimojiStudio

Yang menarik dari AnimojiStudio, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan lipsync dari berbagai macam lagu. Prosesnya adalah dengan menghubungkan akun Spotify Premium ke AnimojiStudio. Selanjutnya, matikanlah microphone. Mematikan microphone ini dibutuhkan karena AnimojiStudio akan mengambil musik dari Spotify untuk dijadikan sebagai suara utama di dalam rekaman yang dibuat.

Setelah itu, lanjutkanlah proses dengan membuat rekaman video Animoji dan ikuti suara musik latar belakangnya. Cukup dengan menggerakkan bibir dan membuat ekspresi yang semenarik mungkin selama melakukan proses perekaman.

Sayangnya, fitur lipsync yang dimiliki oleh AnimojiStudio ini tidaklah memungkinkan untuk mempercepat lagu pada bagian tertentu yang diinginkan, sehingga jika kita ingin membuat lipsync pada bagian reff, maka kita tetap harus memulai proses dari awal lagu. Namun, hal tersebut akan bisa diatasi dengan melakukan editing video hasil rekaman dan membuang bagian-bagian yang tidak kalian inginkan.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan AnimojiStudio? Silakan mencobanya, ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top