REVIEW

15 Aplikasi Pembuat Instrumen Suara Terbaik di Android dan iOS (2)

Bruno Mukti   02 Dec 2017
15 Aplikasi Pembuat Instrumen Suara Terbaik di Android dan iOS (2)

Musik memiliki salah satu peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Bisa kita bayangkan, tanpa adanya musik di kehidupan sehari-hari maka hidup ini akan menjadi sangat kaku seperti robot.

Selain hadir sebagai penambah warna di dalam kehidupan, musik ternyata juga memiliki dampak positif lainnya. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa musik-musik tertentu bisa membantu orang untuk menjadi rileks, menghilangkan rasa gugup, dan lain sebagainya. Musik-musik yang dimaksud tersebut, tentu saja, adalah musik-musik positif, seperti contohnya instrumental musik. Beberapa contoh instrumental musik yang menurut para ilmuwan bisa memberikan dampak positif, seperti suara-suara burung, suara angin yang berhembus, dan berbagai suara alam lainnya.

Di era yang semuanya serba teknologi ini, instrumen-instrumen seperti ini ternyata sangat banyak masuk ke dalam perangkat mobile dengan sistem operasi Android dan iOS. Apa saja aplikasi itu? Berikut adalah 15 aplikasi pembuat instrumen suara terbaik di Android dan iOS (2):

9. Coffitivity
Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Ini adalah aplikasi yang cukup luar biasa karena memang telah ada penelitian yang dilakukan di dalamnya sebelum aplikasi ini dibuat. Aplikasi ini dibuat untuk tidak sekedar hanya memberikan rasa nyaman bagi penggunanya, tapi juga tidak akan mengganggu siapa saja yang menggunakan aplikasi ini pada saat bekerja atau pun sedang belajar. Bahkan, yang lebih menariknya lagi, aplikasi ini mengklaim bisa meningkatkan produktivitas pada saat bekerja.

Coffitivity membuat setiap penggunanya dapat memilih audio yang ingin digunakan dalam menemani aktivitas mereka. Walau pun aplikasi ini datang dengan gratis, namun juga ada pilihan berbayar yang ditawarkan kepada setiap pengguna. Untuk pilihan berbayar ini, pengguna bisa mendapatkan pilihan yang lebih banyak. Seperti contohnya saja, suara dari berbagai Bistro di kota Paris atau tempat minum kopi dan teh lainnya. Jadi, pengguna bisa membuat suasana rumahnya layaknya seperti mereka sedang berada di suatu tempat umum dengan suasana dan musik yang nyaman.

10. Calm: Meditation to Relax, Focus & Sleep Better
Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Calm: Meditation to Relax, Focus & Sleep Better adalah sebuah aplikasi sederhana yang dibuat untuk siapa pun dengan tidak banyak syarat ini dan itu. Pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi ini untuk relaksasi, mencari ketenangan, atau pun mencari kenikmatan dari suara-suara indah dan suara-suara alam yang diberikan di dalam aplikasi ini.

Dasar dari aplikasi ini adalah danau virtual. Aplikasi ini memberikan suara rekaman yang bagus untuk suara burung-burung yang bernyanyi, suara gemericik air, dan lain sebagainya. Pengguna sendiri dapat memilih sangat banyak suara yang ada di dalam aplikasi ini dengan tambahan suara hujan jika mereka menginginkannya. Pengguna dapat dengan mudah tertidur saat mendengarkan instrumen-instrumen yang diberikan di dalam aplikasi ini. Sama seperti fitur yang diberikan pada aplikasi-aplikasi lainnya, pengguna bisa mengatur waktu agar aplikasi dapat berhenti dengan sendirinya saat mereka tertidur nanti.

Selain suara yang indah yang diberikan di dalam aplikasi ini, pengguna juga ditawarkan dengan fitur menarik lainnya seperti gambar pemandangan yang indah di aplikasi.

11. Naturespace: Sleep Relax Focus
Harga: Gratis/In-apps Purchases
Link Download: Android / iOS

Aplikasi Naturespace ini sepertinya sangat cocok bagi para pekerja di perkotaan yang bosan dengan rutinitas hariannya. Layaknya para pekerja perkotaan, mereka di saat liburan lebih memilih untuk berlibur ke pedesaan dan membaur dengan alam untuk kembali menyegarkan pikiran mereka yang begitu ruwet. Dalam aplikasi ini, pengembang secara bersusah-payah mengumpulkan suara-suara dari alam dan merekamnya untuk dihadirkan di dalam aplikasi ini.

Suara-suara yang didapatkan dari hasil kekayaan yang ada di Bumi ini hanyalah bisa dinikmati sebagian dari para pengguna yang menggunakannya secara gratis. Pengguna hanya bisa menikmati 6 dari keseluruhan jika mereka tidak membayar aplikasi secara penuh. Suara-suara yang dihasilkan tersebut datang dari gambar-gambar pemandangan nyata yang ada di dunia ini lengkap dengan suara-suara rekamannya. Jadi, pengguna yang ingin menikmati suasana alam yang ada di dalam gambar tersebut bisa mengklik gambar tersebut.

Dikarenakan ini merupakan suara dengan kualitas yang cukup bagus, pengguna sebaiknya juga mendengarkan suara-suara alam tersebut dengan menggunakan headset dengan kualitas yang cukup baik juga.

12. Nature Sound
Harga: Gratis
Link Download: Android

Aplikasi Nature Sound hampir sama dengan aplikasi Noisli yang ada di artikel bagian pertama dari judul artikel ini. Pengguna bisa mendapatkan suara dengan kualitas yang baik dari suara-suara seperti angin, hutan, hujan, dan lain sebagainya. Pengguna yang ingin mendapatkan kedamaian bisa menggunakan headphone mereka agar suara bisa terdengar dengan jernih.

Beberapa ilmuwan percaya bawa rasa stres yang ada di dalam diri orang sekarang ini dikarenakan aktivitas sehari-hari yang dibuatnya, dimana kebanyakan orang hanya duduk diam di depan komputer, atau terdiam di depan ponsel mereka demi melihat sebuah layar tanpa banyak bergerak atau pun keluar rumah. Dari sinilah, depresi dan stres bisa ditimbulkan. Maka dari itu, untuk mengurangi stres yang dihadapi ini, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi Nature Sound. Ini adalah jalan pintas yang bisa diraih oleh setiap orang untuk bersatu dengan alam.

Untuk sementara ini, pengguna baru bisa mendapatkan 9 suara yang bisa digabungkan secara satu per satu, yakni suara hujan, angin, api, kereta api, hutan, dan lainnya. Tak berbeda dengan aplikasi lainnya, pengguna juga bisa menggabungkan suara-suara untuk menjadi kombinasi yang menarik dan sesuai dengan keinginan pengguna sendiri.

13. Relaxing Sounds of Nature & SPA Music
Harga: Gratis
Link Download: iOS

Aplikasi ini sebenarnya hampir sama dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Yang membedakannya adalah pengguna bisa mendapatkan suara-suara alam Tibet yang dihadirkan dari dalam aplikasi ini. Relaxing Sounds of Nature akan memberikan suasana yang rileks dan mood yang bagus kepada penggunanya setelah mendengarkan suara dan bersatu dengan alam melalui aplikasi ini. Beberapa suara yang dihasilkan dari aplikasi ini adalah suara atmosfer di pagi hari, burung-burung yang bersahut-sahutan, suara hutan dan gunung, suara hujan dan petir, suara pantai dan ombak, suara dunia bawah laut, musik untuk meditasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Di dalam aplikasi Relaxing Sounds of Nature ini pengguna juga bisa mendapatkan beberapa fitur menarik lainnya, seperti;

  • White Noise (gabungan antara suara dengan frekuensi tinggi dan rendah, yang bagus digunakan untuk belajar, membaca buku, dan aktivitas lainnya yang berkaitan dengan konsentrasi.)
  • Pink Noise (gabungan dari frekuensi suara yang tinggi dan rendah, yang dapat memberikan rasa hipnotis seperti air terjun, yang berguna untuk mengurangi stres, depresi, dan lain sebagainya.)
  • Brown Noise (konsisten dalam memberikan suara dengan frekuensi rendah, yang berguna untuk menghantarkan tidur, menenangkan anak, menenangkan binatang, mengurangi sakit kepala, migren, dan terapi-terapi lainnya.)
  • Blue Noise (suara dengan frekuensi tinggi, masih bagian dari keturunan dari Pink Noise, hanya datang dengan suara yang lebih tajam.)

14. White Noise Ambience
Harga: Gratis
Link Download: iOS

White Noise Ambience juga merupakan salah satu aplikasi instrumen pembuat suara yang diambil dari dunia nyata pada perekamannya. Pengembang dari aplikasi ini mengakui bahwa aplikasi dibuat dari pengalamannya bersama anaknya saat pergi rekreasi. Suara-suara yang direkam di sini, beberapa di antaranya seperti suara gelombang, suara hujan yang jatuh ke atap mobil, dan lain-lain.

Fitur yang diberikan di dalam aplikasi ini juga dapat diatur waktunya agar aplikasi dapat tertutup dengan sendirinya sesuai dengan keinginan penggunanya. Menurut seorang ahli tidur bernama Dr. Neil Stanley, mendengarkan suara alam dapat membantu anak-anak untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

15. Sleep Machine
Harga: Gratis
Link Download: iOS

Sleep Machine adalah salah satu aplikasi yang menyediakan suara-suara dari lingkungan sekitar dengan sangat profesional dari segi kualitas. Secara spesial, aplikasi ini didesain untuk membuat penggunanya menjadi rileks dan menjadi tenang, atau juga untuk mengantar penggunanya tidur. Suara-suara seperti ombak, suara kereta di malam hari, dan sebagainya akan mengantar penggunanya untuk tertidur dengan lelap.

Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini adalah 103 nada dan melodi, suara background, mengijinkan pengguna untuk membuat melodi mereka sendiri secara spesial, terintegrasi dengan musik yang ada di iTunes, dapat mengatur volume secara pribadi, dan masih banyak lagi lainnya.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top