REVIEW

15 Aplikasi Pembuat Instrumen Suara Terbaik di Android dan iOS (1)

Bruno Mukti   01 Dec 2017
15 Aplikasi Pembuat Instrumen Suara Terbaik di Android dan iOS (1)

Musik memiliki salah satu peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Bisa kita bayangkan, tanpa adanya musik di kehidupan sehari-hari maka hidup ini akan menjadi sangat kaku seperti robot.

Selain hadir sebagai penambah warna di dalam kehidupan, musik ternyata juga memiliki dampak positif lainnya. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa musik-musik tertentu bisa membantu orang untuk menjadi rileks, menghilangkan rasa gugup, dan lain sebagainya. Musik-musik yang dimaksud tersebut, tentu saja, adalah musik-musik positif, seperti contohnya instrumental musik. Beberapa contoh instrumental musik yang menurut para ilmuwan bisa memberikan dampak positif, seperti suara-suara burung, suara angin yang berhembus, dan berbagai suara alam lainnya.

Di era yang semuanya serba teknologi ini, instrumen-instrumen seperti ini ternyata sangat banyak masuk ke dalam perangkat mobile dengan sistem operasi Android dan iOS. Apa saja aplikasi itu? Berikut adalah 15 aplikasi pembuat instrumen suara terbaik di Android dan iOS (1):

1. Relax Melodies: Sleep Sounds
Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Meski pun nama aplikasi ini adalah Relax Melodies: Sleep Sounds, yang mungkin memiliki arti untuk membuat mengantuk, aplikasi ini ternyata juga bisa digunakan untuk menurunkan 'rasa panas' di dalam diri untuk menjadi lebih dingin. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi terbaik yang memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk membuat melodi milik mereka sendiri. Musik instrumental yang mereka ciptakan ini bisa digunakan untuk melakukan meditasi, atau juga sebagai pengantar tidur bagi mereka.

Pada awalnya, aplikasi ini memang diciptakan oleh pengembangnya untuk membuat orang menjadi mengantuk dan tertidur. Namun, pada pengembangan dari aplikasi ini, mereka menambahkan banyak suara dan melodi yang dapat digunakan tidak hanya untuk pengantar tidur saja, tapi juga bisa digunakan untuk berlari, meditasi, olahraga, yoga, dan lainnya. Mengapa ini adalah aplikasi terbaik untuk instrumental musik? Karena, suara yang diberikan memang memiliki kualitas very high-quality audio. Pengguna pun dihadapkan pada tampilan aplikasi yang begitu mudah untuk digunakan. Pengguna cukup menyentuh layar ponsel mereka pada musik yang mereka inginkan untuk digabungkan dengan musik yang lainnya.

2. White Noise Free
Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Dari nama aplikasi ini sendiri, yakni White Noise, suara yang dihasilkan tentu saja adalah suara-suara yang dianggap putih atau bersih yang bisa memberikan ketenangan kepada setiap orang yang mendengarkannya. Suara-suara yang diberikan di dalam aplikasi ini memiliki 10 pola yang bisa diatur sendiri oleh penggunanya menjadi suatu perpaduan suara yang pas untuk didengarkan dengan menggunakan headphone. Suara-suara tersebut, seperti suara gemuruh ombak di pantai, suara hujan, suara malam di hutan, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan efek perpaduan suara, seperti white noise itu sendiri, detik jam, atau suara gemerisik kipas angin.

Aplikasi ini sendiri juga bisa diatur menjadi jam digital demi kenyamanan penggunanya saat menggunakan aplikasi. Tapi, bagi pengguna yang tidak menginginkan hal ini juga bisa mematikan fitur tersebut. White Noise ini sangat berguna sekali bagi pengguna yang mungkin sulit untuk tidur di malam hari. Bisa juga digunakan pada saat pikiran keruh karena pekerjaan di siang hari, maka aplikasi ini bisa membuat penggunanya jadi rileks dan bekerja dengan lebih tenang.

3. White Noise Baby
Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi yang telah dijelaskan di atas. Hanya saja yang membedakannya di sini, aplikasi ini lebih cocok untuk seorang ibu yang sedang hamil, dan tentunya juga untuk bayi yang ada di dalam kandungannya. Aplikasi ini akan memberikan musik yang membuat ibu menjadi lebih rileks, sehingga peredaran darah yang ada di dalam plasenta dari ibu akan menjadi lebih baik dan lebih lancar. Dengan demikian, tentu saja, akan membawa sesuatu yang positif kepada bayi yang ada di dalam kandungannya.

Dari ulasan-ulasan yang diberikan oleh ibu-ibu yang telah menggunakan aplikasi ini, dikatakan bahwa bahkan tidak hanya ibu saja yang menjadi rileks setelah mendengarkan aliran instrumen tersebut. Tapi, juga bayi yang ada di dalam kandungan pun ikut menjadi lebih tenang. Sebenarnya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk anak bayi yang telah dilahirkan. Aplikasi ini dapat membantu buah hati dari pengguna untuk bisa tidur lebih cepat. Sebab, seorang anak kecil akan lebih sulit untuk tertidur jika mereka terlalu banyak melakukan aktivitas, seperti berteriak-teriak di siang hari.

4. Ambiance
Harga: IDR 35.156
Link Download: Android / iOS

Ambiance tidak datang secara gratis seperti aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan di sebelumnya. Karena, ini bukanlah sebuah aplikasi gratis, ada harga yang tentu saja dibayar oleh penggunanya. Karena itu, pengguna bisa mendapatkan berbagai macam suara yang jumlahnya tak main-main, yaitu sekitar 2500 suara. Suara instrumental yang ada di dalam aplikasi ini dapat membuat pengguna menjadi lebih rileks dan dapat berkonsentrasi dengan baik.

Fitur-fitur andalan yang diberikan di dalam aplikasi ini adalah kemampuan untuk merekam musik yang dibuat oleh penggunanya sendiri, kualitas suara yang sangat baik, mendapatkan update secara berkala, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Sleep Pillow: White Noise & Sleep Sounds
Harga: Gratis
Link Download: Android / iOS

Sesuai judul dari aplikasi ini, maka kebanyakan suara yang disediakan di dalam aplikasi ini adalah suara-suara yang dapat membuat orang jadi mengantuk. Walau pun demikian, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengisi suara untuk latihan meditasi, atau untuk relaksasi. Walau pun aplikasi ini datang secara gratis, tapi ada layanan berbayar di dalamnya yang bisa membuat pengguna jadi lebih nyaman lagi dalam menggunakan aplikasi.

Seperti aplikasi lainnya, pengguna pada Sleep Pillow ini bisa mengatur musik mereka sendiri. Pengguna pun bisa menggabung-gabungkan tiap suara untuk sebuah perpaduan yang pas. Pengguna aplikasi ini bisa dengan mudah untuk terlelap tidur di malam atau siang hari dengan iring-iringan suara alam yang begitu nyaman didengar.

6. Noisli - Focus, Concentration & Relaxation
Harga: IDR 29.000
Link Download: Android / iOS

Noisli adalah salah satu aplikasi yang begitu keren jika dibandingkan dengan yang lainnya yang telah disebutkan sebelumnya. Mengapa aplikasi ini begitu keren? Hal ini dikarenakan ada sangat banyak suara yang bisa dikaitkan antara satu dengan yang lainnya, seperti suara hujan, suara petir, suara api, suara kereta api, suara hutan, dan masih banyak lagi lainnya.

Awalnya, aplikasi ini adalah sebuah website yang memiliki fungsi yang sama dengan yang ada di aplikasi. Walau pun aplikasi ini datang secara gratis, namun ada beberapa tambahan yang harus dibayar oleh pengguna iOS, yaitu sebesar 1,99 dollar US. Berbeda dengan pengguna aplikasi yang menggunakan Android, karena memang sudah harus membayar di awal.

Walau pun aplikasi ini datang secara simpel, tapi ada salah satu fitur yang diberikan di dalam aplikasi ini yang bisa membuat penggunanya terkejut, dimana pengguna di dalam aplikasi ini bisa melihat latar warna yang bergonta-ganti secara perlahan demi mengikuti alunan suara yang ada di dalam aplikasi. Selain itu, aplikasi juga bisa mengijinkan penggunanya untuk mengatur waktu agar aplikasi bisa mati dengan sendirinya tanpa terus berjalan saat pengguna tertidur.

Aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline tanpa harus menggunakan internet. Jadi, ada banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Ini merupakan salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan. Pengguna sepertinya tidak akan menyesal untuk membeli aplikasi ini.

7. myNoise
Harga: Gratis/In-apps Purchases
Link Download: Android / iOS

Aplikasi ini juga termasuk ke dalam aplikasi yang keren untuk membuat suara-suara instrumental dan berbagai macam lainnya. Yang membuat aplikasi ini menjadi baik adalah semua musiknya bisa digabungkan menjadi satu jika memang pengguna menginginkannya. Tidak akan menjadi masalah jika pengguna ingin menggabungkan semua musik yang ada di sana, aplikasi akan tetap dapat berjalan dengan baik. Beberapa suara yang ada di dalamnya adalah suara paus putih, suara roda kereta api, suara hujan, dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu keuntungan dari aplikasi myNoise adalah dapat digunakan untuk menguji atau mencari referensi dari headphones atau audio system. Dari sini, pengguna bisa melihat secara jelas, yang mana headphone yang bagus atau tidak dengan mendengarkan suara-suara yang ada di dalam aplikasi ini sebagai pembanding. Kelebihan lainnya yang ditawarkan di dalam aplikasi ini adalah pengguna juga bisa mengatur frekuensi suara yang sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Memang terlihat sedikit sulit di awalnya, tapi dengan seringkali berlatih dan melakukan pembanding setiap hari, maka aplikasi ini akan berjalan dengan sangat hebat.

8. TaoMix - Focus, sleep, relax
Harga: Gratis/In-apps Purchases
Link Download: Android / iOS

TaoMix adalah sebuah aplikasi yang memiliki sangat banyak database dari berbagai macam sounds yang dapat digunakan oleh penggunanya agar menjadi salah satu musik instrumental yang sangat nyaman dan enak untuk didengarkan. Volume dari suara tersebut juga dapat diatur secara satu per satu. Pengguna yang sudah mengatur suara mereka secara satu per satu dapat menyimpannya di music library mereka sendiri, sehingga ketika mereka ingin mendengarkannya lagi di waktu mendatang maka akan lebih mudah untuk mencarinya.

Di dalam aplikasi ini, untuk mengatur dan menggabungkan suara-suaranya dapat dikendalikan dari lingkaran yang ada di layar ponsel pengguna. Pengguna dapat menggerakkan lingkaran tersebut di antara lingkaran yang lainnya. Semakin dekat dengan objek, maka suara yang dihasilkan akan semakin besar. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur kecepatan dan menghentikannya, ditambah lagi dengan pengaturan waktu jika pengguna ingin mematikannya secara otomatis.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top