REVIEW

Crazy Taxi: City Rush, Taksi Gila Milik SEGA Hadir di Genggaman Tanganmu

Andy Chan   30 Nov 2017
Crazy Taxi: City Rush, Taksi Gila Milik SEGA Hadir di Genggaman Tanganmu

Bagi penggemar game-game SEGA, tentunya tahu dengan game SEGA yang satu ini. Crazy Taxi! Ya, game Crazy Taxi merupakan sebuah game simulasi mengendarai taksi, dimana pemain mengambil penumpang, mengantarkannya melewati berbagai rintangan di kota, baik itu mobil lain, pepohonan, trem, dan sebagainya, untuk sampai ke titik tujuan mereka. Nah, game Crazy Taxi yang ada di berbagai macam platform ini juga dibawa oleh SEGA ke platform Android dan iOS dengan judul Crazy Taxi: City Rush.

Crazy Taxi: City Rush merupakan sebuah simplifikasi dari game Crazy Taxi, karena sistem pengendaliannya memang sudah dibuat dengan semudah mungkin agar bisa mengakomodasi layar sentuh ponsel pintar, baik Android mau pun iOS. Pemain tidak secara 100% mengendalikan taksinya, melainkan hanya menentukan taksi akan berjalan di lajur mana dengan melakukan swiping ke arah yang diinginkan atau cukup menyentuh bagian kiri dan kanan layar. Bahkan, untuk berbelok ke tikungan sekali pun, pemain bisa memilih apakah ingin belok secara otomatis, atau pun membelokkannya secara manual. Keuntungan mengendalikan taksi secara manual adalah kesempatan untuk mengambil jalan pintas.

Tujuan permainan masih tetap sama, pemain harus berpacu dengan waktu untuk mengantarkan penumpang taksi agar tiba di tujuan. Di sepanjang perjalanan, taksi akan terhambat dengan lalu lintas yang padat. Di situlah, pemain harus jeli untuk menghindari lalu lintas dengan mengganti lajur kendaraan. Terkadang juga, ada koin yang bisa diambil di tengah jalan untuk menambah uang saku. Begitu tiba di tujuan, pemain harus dengan cepat menyentuh layar secara berkali-kali untuk mengerem. Pemain pun di akhir pengantaran akan diberikan pembayaran, tergantung dari aksi pemain selama perjalanan, apakah banyak menabrak mobil lain, banyak melakukan stunt gila, dan sebagainya.

Di awal permainan, pemain akan bisa memilih avatar sebagai pengemudi taksi yang diinginkan. Selain itu, pemain juga bisa membeli beberapa macam taksi pribadi untuk dikemudikan. Ada kustomisasi taksi yang bisa dilakukan oleh pemain, apakah ingin melakukan upgrade performa taksi, atau hanya ingin mempercantik taksi saja seperti menambahkan hiasan, mengganti warna taksi, memasang knalpot model baru, dan sebagainya. Tidak semua kustomisasi bisa dibeli dengan menggunakan koin, karena ada beberapa yang hanya bisa dibeli dengan menggunakan mata uang premium berupa diamond.

Pemain juga tidak bisa dengan bebasnya menjelajah kota, karena sistem yang digunakan tidaklah sama dengan versi Arcade dari Crazy Taxi. Pada layar tunggu, pemain bisa melihat peta kota dengan beberapa icon yang menampilkan penumpang untuk diambil. Begitu pemain mengambil penumpang, maka pemain bisa memainkan game-nya untuk mengantarkan penumpang sampai tujuan, dan kemudian kembali lagi ke layar tunggu. Ada penumpang khusus yang bisa diangkut, dan apabila seluruh penumpang khusus ini sudah berhasil diantarkan sampai ke tujuan, maka baru terbukalah stage berikutnya.

Secara garis besar, tampilan Crazy Taxi: City Rush ini mirip sekali dengan Crazy Taxi di tahun 2000-an silam, sehingga sudah pasti tidak akan mengecewakan para fans. Jalan raya dan daerah perkotaan pun tampil ramai, menunjukkan hidupnya kota Crazy Taxi, sehingga permainan pun menjadi lebih seru. Tampilan karakternya memang sedikit blocky, namun cukup enak untuk dilihat. Game-nya juga dihiasi dengan lagu yang seru, lengkap dengan vokal, menambah asyiknya mengantar penumpang hingga tiba sampai tujuan. Uniknya, Crazy Taxi: City Rush ini bisa dimainkan secara portrait mau pun landscape sesuai dengan selera pemain.

Sayangnya, meskipun Crazy Taxi: City Rush merupakan sebuah game free-to-play, namun pemain akan dihantam dengan iklan dan video iklan yang cukup mengganggu. Selain itu, game-nya pun menggunakan sebuah sistem stamina, yang di sini disebut dengan bensin. Ya, masuk akal, sih. Apabila bensinnya habis, pemain tidak akan bisa mengangkut penumpang dan harus menunggu untuk sementara waktu. Tangki bensinnya hanya tersedia empat kotak saja, jadi pemain hanya bisa memainkan game-nya secara berturut-turut hingga empat kali sebelum akhirnya harus menunggu atau membeli bensin dengan cara membayar uang asli atau menonton iklan.

Internet secara mutlak tidaklah dibutuhkan, dan tanpa adanya Internet akan membuat iklan-iklan yang mengganggu di dalam game ini hilang. Namun, ada satu mode yang membutuhkan koneksi Internet di dalam Crazy Taxi: City Rush, yaitu mode Daily Rush. Mode ini merupakan sebuah mode tantangan dimana pemain harus mengebut dengan secepat mungkin sambil melewati checkpoint sebelum waktu sampai habis. Inilah mode untuk mendapatkan uang banyak.

Dan terakhir, game-nya menawarkan berbagai macam mikrotransaksi yang cukup mengganggu, seperti pembelian diamond, pembelian paket, dan lainnya. Namun, bagi kalian yang khawatir bahwa game-nya akan mengalami gangguan tanpa membeli apa pun, jangan khawatir, karena game-nya bisa ditamatkan tanpa membayar sedikit pun. Tentu saja, ada yang namanya grinding untuk memiliki cukup uang dalam meng-upgrade taksi, ya.

Crazy Taxi: City Rush, meski pun bukanlah 100% game Crazy Taxi yang dikenal banyak orang, namun tetaplah asyik untuk dimainkan. Apalagi pemain bisa mengkustomisasi taksi, memilih sopir taksi yang sesuai dengan selera, dan feeling "ngebut" demi mengantarkan penumpang sambil menghancurkan seisi kota pun tetap ada. Bagi Anda yang antusias dengan Crazy Taxi, maka versi mobile ini patut dicoba. Meski pun begitu, tetap disarankan agar mematikan Internet ketika memainkan game ini, dan hanyalah dinyalakan apabila ingin melakukan Daily Rush saja untuk kenikmatan bermain yang maksimal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top