TIPS

Lakukan Hal-hal ini Sebelum Menjual Android Lama

Escravania   30 Nov 2017
Lakukan Hal-hal ini Sebelum Menjual Android Lama

Apakah Anda akan menjual perangkat Android lama Anda dan menggantinya dengan ponsel baru yang lebih canggih? Jika jawabannya adalah "Ya," maka penting bagi Anda untuk melakukan beberapa tindakan demi berhati-hati sebelum menyerahkan ponsel lama Anda ke pemilik barunya.

Ingatlah bahwa Anda harus memastikan bahwa Anda tidak memiliki data-data penting yang tersisa pada perangkat lama milik Anda itu sehingga sang pembeli tidak akan dapat menyalahgunakannya, dan Anda memiliki salinan atas semua data penting Anda yang ada di perangkat tersebut.

Jadi, jika Anda memang sudah berniat untuk menjual ponsel atau tablet Android lama, maka di bawah ini adalah beberapa langkah sederhana yang harus dilakukan sebelumnya untuk memastikan agar tidak ada hal buruk yang sampai terjadi.

Backup semua data ponsel Anda

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menjual ponsel pintar Anda adalah dengan mem-backup data-data yang ada di dalamnya. Tentunya, Anda tidak ingin kehilangan data-data penting yang Anda miliki di perangkat lama. Anda dapat menyalin semua data ke PC dengan menghubungkannya melalui kabel USB atau mengunggah semua file ke layanan awan, seperti Dropbox, Google+, dan OneDrive.

Cara termudah untuk mem-backup data ponsel Android adalah dengan menggunakan akun Google Drive. Anda dapat mem-backup semuanya, seperti foto, data aplikasi, bookmark, kalender, kontak, dan bahkan pengaturan jaringan Wi-Fi Anda. Untuk melakukannya, kunjungilah Akun Pengaturan > Akun > Google dan pilih semua data yang ingin Anda sinkronkan untuk backup.

Factory reset

Setelah mem-backup semua data penting, Anda perlu menghapusnya dari ponsel. Ini untuk mencegah pemilik baru ponsel tersebut dari mendapatkan data-data penting yang Anda miliki. Me-reset perangkat Anda akan menghapus semua data di ponsel lama tersebut, termasuk foto, musik, dokumen, aplikasi yang terinstal, kontak, kalender, dan pesan. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Backup & reset > Factory data reset.

Keluarkan kartu memori

Jangan terlupa untuk mengeluarkan kartu memori Anda. Anda mungkin ingin terus menggunakannya di perangkat baru yang akan Anda miliki. Jika Anda berencana untuk memberikan kartu memori lama tersebut pada pemilik baru ponsel, pastikanlah untuk mem-backup semua isinya dan kemudian menghapusnya dari kartu memori tersebut secara menyeluruh. Anda dapat menghapus konten kartu memori Anda dengan menavigasi ke Pengaturan > Penyimpanan, lalu ketuk ‘Format kartu memori/kartu SD.’

Enkripsikan data Anda

Setelah Anda melakukan langkah-langkah sebelumnya, maka inilah saatnya untuk mengenkripsi perangkat lama Anda. Untuk memastikan semua data Anda hilang, maka yang terlebih dahulu harus dilakukan adalah lebih dari melakukan factory reset.

Pertama, Anda perlu mengenkripsi data Anda. Itu berarti bahwa jika seseorang ingin melihat data apa pun di ponsel lama milik Anda, mereka memerlukan kata sandi milik Anda untuk mendeskripsinya. Untuk mengenkripsi data dari ponsel lama tersebut, Anda juga memiliki pilihan untuk mengenkripsi kartu memori. Untuk mengenkripsi data-data Anda, pergilah ke Pengaturan > Keamanan > Enkripsi ponsel.

Bersihkan perangkat Anda

Ini mungkin adalah hal yang remeh, tetapi sangat penting. Membersihkan perangkat lama Anda akan dapat membantu Anda untuk menjual perangkat tersebut dengan harga yang lebih baik. Mengelap layar, menghilangkan debu, dan membersihkan bagian dalam port adalah cara yang bagus untuk menjaga agar perangkat bisa tetap bersih dan terlihat baru.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, dijamin ponsel lama Anda akan terlihat "kinclong" dan siap untuk dijual. Selain, tentu saja, seluruh data-data Anda yang terdapat dalam ponsel lama tersebut akan jadi tetap aman terjaga.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top