TIPS TRIK

Lupa Password Pattern di Smartphone Android? Begini Cara Membukanya!

Ayu Handayani   24 Nov 2017
Lupa Password Pattern di Smartphone Android? Begini Cara Membukanya!

Bagi Anda yang merupakan seorang pengguna smartphone berbasis Android, pastinya sudah merasa familiar dengan penggunaan lock screen untuk mengamankan smartphone Anda tersebut. Dengan mengaplikasikan fitur tersebut, maka Anda bisa menggunakan PIN, Password, mau pun Pattern untuk mengunci smartphone Anda dari tangan-tangan jahil yang tak bertanggung jawab.

Nah, seperti yang disebutkan tadi, salah satu cara untuk mengunci smartphone Anda adalah dengan menggunakan Pattern. Berbeda halnya dengan PIN atau pun password, penggunaan Pattern untuk mengunci smartphone memang dinilai lebih unik, mudah, dan aman. Tapi, di lain pihak, Pattern juga memang akan jadi menyulitkan jika Anda sampai tiba-tiba terlupa dengan Pattern yang telah Anda tetapkan.

Berikut adalah cara untuk membuka smartphone Anda jika Anda sampai terlupa dengan Password atau pun Pattern yang telah ditetapkan pada smartphone Anda.

Cara untuk Menembus Layar yang Dikunci dengan Password Pattern

1. Jika Anda salah untuk memasukkan Pattern sampai 5 kali, maka Anda dalam percobaan kelima akan mendapatkan pesan bahwa Anda perlu menunggu sampai 30 detik hingga Anda bisa mencobanya kembali. Tekanlah "Next" dan akan ada pilihan "Forgot pattern?" Lalu, lakukan tap pada pilihan tersebut.

2. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan pilihan apakah Anda ingin membuka password Anda dengan menjawab pertanyaan rahasia yang pernah Anda buat sebelumnya. Atau, Anda juga bisa membukanya dengan menggunakan Google Account milik Anda.

3. Jika Anda memilih untuk menggunakan pertanyaan rahasia, maka Anda cukup menjawab pertanyaan yang telah ditetapkan sebelumnya di smartphone Anda. Lalu, masuklah dengan menggunakan Google Account milik Anda dan lakukan klik pada "Next." Sekarang, Anda hanya perlu masuk ke Google Account milik Anda dan masuklah dengan menggunakan username dan password yang pernah Anda gunakan di smartphone Anda, lalu pilihlah "Sign in."

4. Setelah Anda masuk dengan menjawab pertanyaan rahasia, maka Google Account milik Anda akan diverifikasi dan Anda pun bisa memasukkan password Pattern yang baru atau PIN, mau pun Password. Pilihlah pertanyaan rahasia juga jika Anda sewaktu-waktu sampai terlupa.

5. Selesai! Sekarang, Anda bisa masuk ke smarpthone Anda tanpa perlu repot-repot untuk mengingat Pattern yang sudah terlupa lagi.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top