REVIEW

Memangnya Gampang Tabrak Tiang Listrik? Coba Sendiri di Game ini!

Andy Chan   19 Nov 2017
Memangnya Gampang Tabrak Tiang Listrik? Coba Sendiri di Game ini!

Beberapa hari terakhir ini, sedang terjadi trending topik #SaveTiangListrik, sebuah topik yang boleh dibilang cukup lucu. Hal ini diakibatkan terjadinya sebuah peristiwa dimana ada seseorang penting, yang sedang dalam perjalanan ke tempat yang penting juga, malah mendadak menabrak sebuah tiang listrik dan menjadikan dirinya sampai koma. Banyak netizen lokal yang membuat meme mengenai hal ini, dan rata-rata dari mereka justru mengkhawatirkan nasib dari tiang listrik yang ditabrak tersebut. Nah, salah satu developer game lokal bernama Noobzilla merasa bahwa topik ini sangatlah unik dan lucu, sampai-sampai dalam waktu dua hari saja, mereka telah menyelesaikan sebuah game yang mereka berikan judul "Tiang Listrik."

Dikisahkan bahwa ada sebuah tiang listrik yang bisa bergerak di tengah jalan, dia dengan asyiknya melenggang-kangkung di sebuah jalan yang sepi, tanpa khawatir adanya kendaraan yang lewat. Jadi, apa tugas dari pemain? Tidak lain dan tidak bukan, adalah untuk mengemudikan sebuah mobil untuk menabrak tiang listrik yang malang tersebut.

Pengendalian permainannya sangatlah sederhana, pemain hanya perlu menyentuh layar saja untuk menentukan posisi di mana mobil akan meluncur ke depan. Kalau boleh dibilang, ini ibarat bermain bowling saja. Mobil adalah bola bowling, sementara tiang listrik tersebut adalah pin bowling yang bergerak-gerak.

Kedengarannya sangat mudah, ya? Tidak juga. Tiang listrik tersebut akan melenggang-kangkung dengan rute yang tidak bisa diprediksi. Dia sering berjalan ke kiri dengan kecepatan tertentu, dan mendadak berbalik arah ke kanan. Hal ini menyebabkan sulitnya untuk menabrak sang tiang listrik tersebut dengan akurat. Malah, kadang-kadang, ketika kita sudah yakin bisa menabrak tiang listriknya, ternyata dia bisa lolos dengan selamat karena memang hitbox dari tiang listrik tersebut benar-benarlah kecil, mungkin hanya satu garis saja dari tiangnya.

Pemain akan mengalami game over ketika sampai gagal untuk menabrak tiang listrik tersebut hingga tiga kali, karena life akan berkurang secara satu demi satu setiap kali gagal menabrak. Sementara, jika pemain berhasil menabrak tiang listrik, maka life akan kembali penuh, sehingga penting untuk bisa menabrak sang tiang listrik secara konstan.

Sebagai sebuah game yang dibuat dalam waktu singkat, Tiang Listrik ini memang memiliki grafis berbentuk kartun yang sederhana. Animasinya pun benar-benar simpel, hanya tiang listrik yang bergerak secara kartun ke kiri atau ke kanan, serta mobil yang berjalan ke atas. Tidak ada lokasi apa-apa selain jalan raya yang kosong. Dan, sang developer sepertinya tidak memiliki waktu untuk menciptakan efek suara sama sekali, karena game-nya benar-benar sunyi senyap, alias tidak ada suara apa pun.

Tiang Listrik merupakan sebuah game free-to-play yang 100% gratis. Tidak ada gangguan iklan, tidak ada sistem stamina apa pun, juga tidak membutuhkan koneksi Internet serta tidak ada istilah mikrotransaksi sama sekali. Inilah game gratisan yang terideal sepanjang masa.

Well, tentu saja, kalau kalian tinggal di Indonesia, pastinya sudah mengetahui kalau game "Tiang Listrik" ini merupakan sebuah ledekan atas kejadian luar biasa yang terjadi pada beberapa waktu lalu. Game-nya sendiri boleh dibilang semacam satir, jadi tidak bisa dianggap serius sebagai sebuah game sesungguhnya. Tapi, dalam hal mencari sensasi di dalam kesempitan, Noobzilla sendiri sudah bisa disebut sukses. GGWP (Good Game, Well Played), Noobzilla.

Sebenarnya, tidak ada alasan sama sekali untuk memainkan game "Tiang Listrik" ini. Game-nya terlalu mudah, sederhana, dan grafisnya hanya ala kadarnya saja. Tapi, jangan salah, menabrak tiang listrik yang sedang melenggang-kangkung ini merupakan sebuah tantangan yang luar biasa. Karena, seperti yang tersirat di judul game-nya, "Emangnya gampang nabrak tiang listrik?" Nah, bagi yang ingin lucu-lucuan, boleh juga untuk mencoba game berjudul Tiang Listrik ini, mumpung topiknya masih hangat. Berapa kali bagi kalian untuk bisa menabrak sang tiang listrik?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top