REVIEW

LEGO Scooby-Doo: Escape from Haunted Isle, Platformer yang 100% Gratis tanpa Embel-embel

by Andy Chan | 14 Nov 2017
LEGO Scooby-Doo: Escape from Haunted Isle, Platformer yang 100% Gratis tanpa Embel-embel

"Scooby-Doo, kamu di mana?!?" Itulah kata-kata yang sudah pasti tidak asing lagi di telinga para penggemar salah satu kartun animasi produksi Hanna-Barbera yang berjudul Scooby-Doo. Siapa yang tidak kenal dengan tim Mystery Inc., yang terdiri dari Fred Jones, Daphne Blake, Velma Dinkley, dan Norville "Shaggy" Rogers beserta anjing mereka yang bisa "berbicara," Scooby-Doo? Kini, LEGO telah membawakan versi khusus atas Scooby-Doo dari mereka untuk platform mobile yang berjudul LEGO Scooby-Doo: Escape from Haunted Isle.

Inti ceritanya kurang lebih sama dengan serial animasinya, tim Mystery Inc. menemukan selembar peta misterius dan sebuah kunci LEGO yang disinyalir bisa digunakan untuk membuka pintu apa pun. Mereka pun menjelajahi peta tersebut, poin demi poin sampai pada akhirnya menemukan apa yang berada di ujung peta tersebut. Masing-masing poin pada peta merupakan sebuah tempat dengan misteri tersendiri.

Pengendalian LEGO Scooby-Doo ini menggunakan virtual gamepad, sebuah mode pengendalian yang sebenarnya agak menyebalkan untuk digunakan di ponsel pintar, karena cenderung canggung dan tidak akurat. Di setiap level, pemain akan memilih untuk mengendalikan siapa di antara keempat anggota Mystery Inc., apakah Shaggy, Fred, Velma, atau pun Daphne. Masing-masingnya memiliki kemampuan yang sama, namun senjata yang digunakan oleh mereka bakal berbeda-beda. Velma, misalnya, dia menggunakan kaca pembesar, sementara Fred menggunakan lampu senter. Namun, properti dari senjata mereka semuanya sama, yakni bersifat seperti bumerang. Setiap dilempar bakal kembali lagi ke tangan.

Apa? Kalian ingin bermain sebagai Scooby-Doo? Sayangnya, tidak bisa. Scoob akan menemani siapa pun karakter yang kalian pilih sebagai karakter pendukung. Namun, seperti biasa, pada saat ada masalah (misalnya, di saat melawan boss), maka Scoob pun akan melarikan diri, karena sifat pengecutnya masihlah tetap ada.

Di setiap stage, pemain harus melakukan berbagai macam platforming, misalnya melompat ke atas, melewati lobang besar, atau mengatur posisi agar dilempar oleh trampolin ke posisi tertentu. Selain itu, fitur LEGO yang biasanya terdapat pada game-game dari LEGO tetaplah masih ada. Baik Fred, Shaggy, Daphne, mau pun Velma bisa mengarahkan virtual gamepad ke atas untuk menyusun balok-balok LEGO menjadi sebuah benda yang berguna untuk platforming. Tujuan pemain biasanya adalah untuk mengoleksi seluruh kue kering berbentuk tulang (snack favoritnya Scooby-Doo) yang ada di dalam stage, dan mendapatkan kunci untuk membuka pintu ke stage berikutnya serta pintu untuk melawan boss.

Boss battle di dalam LEGO Scooby-Doo ini boleh dibilang agak menyebalkan, karena kelemahan dari virtual gamepad itu sendiri yang mungkin bisa menyebabkan kesulitan dalam pengendalian. Misalnya, saat melawan boss pertama, sang mummy. Dia sama sekali tidak bisa dilukai kecuali jika pemain berhasil menghindari serangannya sebanyak beberapa kali terlebih dahulu yang menyebabkannya jadi terkena stun, barulah bisa digebuk dengan menggunakan senjata. Keahlian pemain untuk menghindari serangan boss (serta keahlian dalam menggunakan virtual gamepad) benar-benar akan diuji di sini. Apabila pemain kehabisan HP, maka karakternya pun akan melarikan diri, dan bisa langsung mengulang dari checkpoint sebelumnya. Tidak ada layar loading atau pun harus mengulang dari awal.

Sesuai dengan tema-nya, LEGO Scooby-Doo: Escape from Haunted Isle tampil dengan grafis ala LEGO namun berbentuk kartun 2D. Semua tampilan LEGO tampak dari samping, namun setiap karakter terlihat hidup dengan ciri khasnya masing-masing. Uniknya, meski pun keempat tokoh utama tampil sebagai mainan LEGO, Scooby-Doo sendiri tampil secara kartun dan normal. Game-nya sendiri juga boleh dibilang mirip dengan Metroidvania versi mini, lengkap dengan tampilan peta yang menunjukkan lokasi serta barang-barang yang harus diambil.

LEGO Scooby-Doo: Escape from Haunted Isle merupakan sebuah impian dari para penggemar game free-to-play. Tidak ada iklan sama sekali yang mengganggu, tidak butuh koneksi Internet untuk bisa dimainkan, tidak ada sistem stamina, bahkan tidak ada mikrotransaksi! Benar-benar bisa dimainkan secara cuma-cuma, tanpa embel-embel.

LEGO telah berhasil menciptakan sebuah game gratis bertemakan Scooby-Doo yang menawan untuk platform mobile. Inilah surat cinta untuk para penggemar Scooby-Doo dari LEGO, sebuah game yang 100% gratis yang bisa ditamatkan dalam beberapa jam saja. Namun, ternyata itu jugalah yang menjadi salah satu titik lemah dari LEGO Scooby-Doo: Escape from Haunted House. Ya, game-nya termasuk singkat, dan selain melengkapi collectibles yang tersebar di setiap stage, tidak terlalu banyak alasan lagi untuk memainkan ulang game-nya. Yang pasti, game yang satu ini wajib untuk dimainkan oleh para penggemar Scooby-Doo, LEGO, dan platformer pada umumnya.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top