TIPS

WhatsApp: Panduan Penggunaan untuk Pemula

by Escravania | 14 Nov 2017
WhatsApp: Panduan Penggunaan untuk Pemula

WhatsApp sebenarnya tidak perlu diperkenalkan lagi. Aplikasi yang satu ini telah menjadi sebuah sarana untuk berkirim pesan yang paling populer di muka dunia. Untuk mengapresiasinya, berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat segera diaplikasikan oleh pengguna lama mau pun baru dari WhatsApp.

Cara mendengarkan pesan suara WhatsApp secara diam-diam

Pesan suara WhatsApp diputar melalui speaker utama ponsel milik para penggunanya. Biasanya, pesan suara tersebut dapat terdengar oleh orang-orang yang berada di sekitar kita. Solusinya mudah, tempelkanlah ponsel ke telinga, maka sensor jarak akan menganggapnya sebagai panggilan telepon standar dan secara otomatis akan mengalihkan speaker.

Cara membatalkan pesan suara WhatsApp

Saat hendak mengirimkan pesan suara melalui WhatsApp, kita harus menekan dan menahan tombol rekam. Begitu kita berhenti menekan tombol tersebut, pesan akan langsung terkirim. Walau demikian, kita ternyata masih dapat membatalkan pesan ini, lho. Geserkan saja jarimu ke sebelah kiri kolom input, dan icon berbentuk tempat sampah kecil pun akan muncul. Ini menunjukkan bahwa pesanmu telah dihapus.

Cara menandai pesan WhatsApp favorit

Jika kalian sangat sering menggunakan WhatsApp, pastinya akan sangat banyak menulis dan menerima pesan. Untuk beberapa alasan tertentu, kalian pastinya menginginkan sebagian pesan akan lebih cepat tersedia dari pesan-pesan lainnya. Untuk itu, pergilah ke percakapan dan tekan pesan yang ingin kalian tandai. Setelah itu, tekan icon bintang di menu baru di bagian atas.

Untuk mengakses pesan favoritmu, masuklah ke jendela utama dan lakukan klik pada tiga titik vertikal. Kemudian, masukkan tab "Pesan Berbintang" dan kalian akan menemukan pesan-pesan favoritmu di sana.

Cara menonaktifkan unduhan otomatis file multimedia di WhatsApp

Saat menerima banyak gambar atau foto lewat WhatsApp, kalian seringkali tidak menginginkan gambar-gambar tersebut untuk terunduh secara default atau langsung. Bukan saja karena kalian mungkin kurang menyukai gambar tersebut, namun mengunduhnya berarti bakal menghabiskan banyak data. Jangan khawatir, kalian bisa menonaktifkan unduhan otomatis yang mengganggu. Sebagai gantinya, kalian hanya perlu melakukan validasi proses pengunduhan secara manual.

Bukalah menu pengaturan, lalu buka “Penggunaan Data.” Kemudian, pilih item yang dapat diunduh secara otomatis dengan koneksi data mobile, WiFi, atau roaming. Cukup dengan mengklik pada konfigurasi yang kalian inginkan, misalnya “menggunakan koneksi data mobile,” lalu pilihlah item yang kalian inginkan. Abaikan saja item yang tidak kalian inginkan. Jika tidak ada yang perlu diunduh secara otomatis, maka matikanlah semua opsi yang tersedia.

Cara mengunci WhatsApp

Beberapa percakapan bukanlah untuk disebarluaskan kepada banyak orang. WhatsApp membantumu dengan mengijinkan dirimu untuk menggunakan PIN guna mengakses aplikasi ini. Jadi, kalian hanyalah perlu mengingat nomor PIN saja. Sebagian produsen ponsel menawarkan fitur ini secara default, salah satu contoh bagusnya adalah App Locker untuk perangkat keluaran OnePlus.

Cara mengaktifkan sistem verifikasi dua langkah pada WhatsApp

Ini adalah sebuah fitur yang hebat karena memberikan lapisan keamanan tambahan pada WhatsApp. Bukalah pengaturan, Akun Saya > Verifikasi dalam dua tahap. Kemudian, pilihlah untuk menerima e-mail verifikasi saat dirimu harus masuk ke WhatsApp, misalnya seperti di saat menggunakan perangkat lain.

Cara menghapus akun WhatsApp

Bagi siapa saja yang ingin meninggalkan WhatsApp, maka bisa menghapus akunnya kapan saja. Jika dirimu memutuskan untuk menggunakan opsi ini, sebelumnya kalian harus mengetahui bahwa seluruh kontak, riwayat pesan, dan pengaturan lainnya akan dihapus sepenuhnya. Sebagai tambahan lagi, haruslah diingat juga bahwa kalian tidak dapat mengembalikan data ini jika pada akhirnya berubah pikiran.

Setelah merasa yakin 100% ingin menghapus WhatsApp, masuklah ke “Pengaturan,” buka tab “Akun Saya,” kemudian pilihlah opsi “Hapus akun saya.” Konfirmasikan pilihanmu dengan menekan tab “Hapus akun saya.”

Nah, semoga panduan untuk pemula ini dapat membantu kita semua dalam berkomunikasi dengan menggunakan WhatsApp. Selamat mencobanya, ya.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top