TIPS

Bermain Game Berdampak Buruk bagi Tubuh?

by Dwi K | 13 Nov 2017
Bermain Game Berdampak Buruk bagi Tubuh?

Bermain game memang mengasyikkan. Jenuh dai pekerjaan, sekolah, atau pun kuliah bisa dihilangkan dengan cara bermain game. Apalagi, bermain game itu tidak lagi harus berada di depan televisi atau pun komputer seperti zaman dulu. Cukup dengan menggunakan handphone dalam genggaman saja, kita pun bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa terasa.

Ternyata, bermain game terlalu lama itu dapat membahayakan badan kita, lho. Apa saja bahayanya, sih?

Mata Menjadi Lelah

Pernahkah kita merasakan mata menjadi lelah pada saat terlalu lama dalam menatap layar?

Jika dibiarkan maka akan menyebabkan mata jadi sakit, kram dan bahkan mungkin bisa sampai mengganggu daya penglihatan kita.

Batasilah diri kita dalam bermain game. Misalnya, 2 sampai 3 jam saja dalam sehari. Lalu, saat bermain game, istirahatkanlah mata selama beberapa saat sebelum akhirnya kembali memulai permainan.

Jika memang sudah merasa sangat lelah, lakukan pause dahulu terhadap game lalu pergilah ke udara terbuka agar mata bisa menjadi rileks kembali.

Obesitas

Apa hubungannya bermain game dengan kegemukan atau obesitas?

Karena, pada saat bermain game, kita menjadi malas untuk bergerak karena terfokus pada permainan. Dan, karena kita bermain game hingga seharian, tentunya kita jadi merasa lapar dan memilih makanan yang cenderung cepat untuk disajikan, seperti fast food.

Perpaduan antara malas untuk bergerak dan memakan fast food atau pun cemilan pada akhirnya akan mengakibatkan kegemukan jika dilakukan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

Kegemukan atau obesitas ini juga akan berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Kram

Ini mungkin merupakan salah satu sakit yang umum untuk dialami gamer, yaitu kram.

Kram ini biasanya terasa di bagian-bagian tubuh tertentu, seperti lengan, pergelangan atau siku tangan yang sering untuk kita gunakan dalam bermain game.

Pemanasan dan stretching sebelum dan pada saat bermain game mungkin akan bisa membantu untuk mengurangi kram yang kita rasakan.

Penggumpalan Darah

Pada saat kita terlalu lama dalam posisi duduk untuk bermain game, maka ada sebuah penyakit yang mengintai kita yang bernama Deep venous Thrombosis atau penggumpalan darah yang terbentuk di pembuluh darah vena dalam tubuh.

Penggumpalan ini banyak terjadi pada area kaki dan paha akibat bermain game yang terlalu lama.

Gagal Jantung

Seorang pria asal Hong Kong yang berusia 32 tahun didapati telah mengalami gagal jantung dan akhirnya meninggal karena bermain game tanpa henti. Ternyata, ia belakangan diketahui telah bermain game selama dua hari dua malam secara non-stop di sebuah warnet. Dan, ia ditemukan tewas di warnet tersebut dengan kondisi gagal jantung.

Jadilah gamer yang bijaksana dan tetap ingat untuk selalu menjaga kondisi badan, ya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top