REVIEW

Dream House Days, Simulasi Membangun Rumah dan Keluarga Idaman

by Anduril | 12 Nov 2017
Dream House Days, Simulasi Membangun Rumah dan Keluarga Idaman

Kairosoft memang terkenal sebagai raja game bergenre simulasi di Jepang. Sudah puluhan judul yang mereka buat, dan hampir seluruhnya meledak di pasaran Jepang. Sayangnya, masih banyak dari judul-judul game besutan Kairosoft ini yang belum ditranslasikan ke bahasa-bahasa lain di luar Jepang. Seiring dengan berkembangnya pasar game gawai pintar, Kairosoft pun akhirnya memutuskan untuk menerjemahkan game-game andalannya ke dalam bahasa Inggris agar lebih dikenal luas.

Kini menjadi giliran bagi game simulasi dari Kairosoft yang satu ini, Dream House Days, untuk di-review oleh kami. Pada game ini, kalian ditugaskan untuk menciptakan sebuah apartemen yang besar dan nyaman sehingga membuat betah bagi siapa pun yang menempatinya. Tidak berhenti sampai di situ, Dream House Days juga menuntut kalian untuk turut menjalankan karir dan masalah percintaan dari orang-orang yang menjadi penghuni dan menempati apartemen milik kalian.

Saat pertama kali memulai Dream House Days, kalian akan diberikan sebanyak empat kamar apartemen dalam kondisi kosong. Yang harus kalian lakukan untuk permulaan adalah mengisi kamar tersebut dengan berbagai furnitur. Mulai dari furnitur yang terbilang wajib, seperti tempat tidur, dapur, dan kamar mandi, sampai dengan memasang lampu, kipas angin, meja belajar, atau pun perapian.

Setelah selesai mendesain isi kamar, maka kalian harus mengiklankan kamar tersebut. Setiap akhir pekan, akan ada beberapa orang yang melihat-lihat kamar apartemen kalian. Jika orang tersebut merasa nyaman, maka ia tanpa ragu-ragu akan membayar uang muka dan mulai menempatinya.

Setiap furnitur yang kalian taruh pada suatu kamar akan berpengaruh pada berbagai atribut dari kamar tersebut. Semakin tinggi tingkat comfort dari suatu kamar, maka akan semakin tinggi pula minat bagi orang-orang untuk menempati kamar tersebut. Kenyamanan kamar juga sangat menentukan harga sewa yang harus dibayar. Karena itu, kalian harus memberikan kenyamanan yang tinggi untuk mendapatkan uang dalam jumlah yang banyak.

Selain menciptakan kamar yang nyaman, kalian juga dituntut untuk meningkatkan karir orang yang menempati apartemen tersebut menjadi lebih sukses. Setiap orang memiliki atribut yang harus kalian perhatikan, yaitu Intelligence, Hobby, Fitness, dan Charisma. Intelligence adalah tingkat kecerdasan dari seseorang. Semakin tinggi tingkat intelligence, maka akan semakin sukses karir orang tersebut. Ia akan lebih mudah untuk mendapatkan promosi dari jabatannya dan bersedia untuk membayar uang sewa yang lebih tinggi lagi. Atribut Hobby yang tinggi akan memudahkan orang tersebut dalam membuka pekerjaan baru yang menjanjikan dengan gaji yang lebih tinggi. Sementara itu, Charisma bakal sangat berperan dalam kesuksesan seseorang untuk menarik minat dari lawan jenis.

Bukan tidak mungkin bagi dua orang yang berada di apartemen kalian untuk saling jatuh cinta dan akhirnya memutuskan untuk menikah. Jika sudah menikah, maka kalian harus memindahkan mereka ke kamar apartemen yang lebih besar dan menawarkan harga sewa yang lebih tinggi.

Grafik game ini masih mengusung style pixel 16 bit seperti permainan-permainan yang ada di konsol Nintendo lawas. Dari segi musik, terdengar biasa-biasa saja pada saat pertama kali bermain. Namun, ketika apartemen kalian sudah berkembang lebih besar, maka musik temanya akan berubah dan semakin enak untuk dinikmati.

Keunggulan Dream House Days terletak pada gameplay yang sangat detil. Untuk ukuran game yang tersedia secara gratis, game ini menawarkan pengalaman bermain yang lumayan mendalam. Banyak kombinasi tersembunyi dan berbagai karakter yang harus kalian unlock sehingga game ini bisa dimainkan untuk waktu yang sangat lama.

Akhir kata, Dream House Days adalah sebuah game adiktif yang bisa membuat Anda terlupa akan waktu. Game ini memang sudah lama muncul di Android dan iOS, tetapi tidak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba memainkannya. Tokh, ukurannya tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan game-game modern yang ada pada saat ini.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top