REVIEW

5 Aplikasi Convert Video Terbaik di Android

by Bruno Mukti | 12 Nov 2017
5 Aplikasi Convert Video Terbaik di Android

Perkembangan teknologi yang terjadi dengan semakin pesat ini nyatanya juga bergerak seiring dengan langkah dari perusahaan-perusahaan raksasa yang menyediakan layanan komputasi awan secara gratis. Tak pelak, konten-konten video pun jadi marak untuk bermunculan. Selain didorong dengan keberadaan atas berbagai jenis ponsel pintar yang beredar di jaman sekarang ini, yang terbilang cukup mumpuni untuk memberikan kualitas video dengan baik, situs YouTube pun disebut-sebut sebagai salah satu penyebab dari maraknya konten-konten video untuk bermunculan di internet.

Nah, baik untuk profesional atau pun amatir, aplikasi convert video tampaknya telah menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak dibutuhkan untuk menunjang pembuatan konten video. Terlebih lagi, untuk membuat video yang manis, tentunya tidaklah cukup hanya dengan mengandalkan satu footage saja yang diambil dari ponselnya. Harus ada referensi tambahan yang mungkin bisa diambil dari situs-situs internet agar video yang dibuat pun menjadi semakin ciamik. Dalam menggabungkan video yang satu dengan yang lainnya, maka konversi video tentunya menjadi salah satu aplikasi yang berguna.

Terlebih agar video tersebut tetap dapat ditonton di ponsel pintar berbasiskan Android milik kebanyakan pengguna. Lalu, apa saja aplikasi konversi video tersebut? Berikut adalah 5 aplikasi convert video terbaik di Android:

Video Converter Android
Harga: Gratis
Link Download

Ini adalah salah satu aplikasi yang dibutuhkan oleh setiap pengguna ponsel untuk mengubah format dari videonya. Selain diperlukan untuk kebutuhan membuat konten video, aplikasi ini juga berguna untuk siapa saja yang mungkin ingin menonton film dari ponsel pintarnya, namun format film yang ingin ditonton ternyata tidak dapat dibuka. Dengan melakukan konversi melalui aplikasi ini, pengguna bisa mengubah format menjadi mp4 atau mp3 dengan kualitas yang tetap sama dengan video yang ada sebelumnya.

Bukan hanya itu saja, pengguna dengan aplikasi ini juga bisa melakukan pengecekan tentang informasi terkait video tersebut dengan lengkap. Jadi, data-data tentang video tersebut juga bisa dilihat dengan mudah di dalam aplikasi ini melalui fitur pemindai yang dimilikinya. Beberapa format yang bisa dihasilkan dari aplikasi ini adalah mpeg4, avi, divx, flv, m2v, m4v, mjpeg, mkv, mov, mpg, ogg, rm, rmvb, webm, mwv, dan masih banyak lagi lainnya.

VidTrim - Video Editor
Harga: Gratis
Link Download

Meski pun ini adalah aplikasi untuk melakukan editing video, akan tetapi bagi pengguna yang ingin menggunakan aplikasi ini untuk mengkonversi video mereka, maka proses tersebut akan tetap dapat dilakukan di aplikasi ini. Sebagai aplikasi editing video, tentu saja akan banyak manfaatnya bagi pengguna. Selain dapat melakukan pemotongan dan penyambungan video, aplikasi ini juga berguna untuk mengubah format video dalam berbagai format. Sama seperti aplikasi sebelumnya, VidTrim - Video Editor ini juga mampu untuk mengubah video menjadi format mp4 dan lain sebagainya.

Total Video Converter
Harga: Gratis
Link Download

Bagi para pengguna PC lawas, tentunya sudah pernah mengenal nama dari aplikasi ini sebelumnya. Total Video Converter adalah salah satu perangkat lunak yang paling banyak digunakan untuk mengubah format video dengan mudah pada jaman dulu. Sekarang ini, nama tersebut kembali datang di aplikasi Android dengan fungsi yang sama. Di dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengubah format apa pun sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Satu-satunya alasan untuk menggunakan aplikasi ini sebagai konversi video adalah kemudahan yang diberikan di dalam aplikasi ini. Pengguna tidak perlu belajar banyak karena tampilannya sendiri pun dibuat agar menjadi mudah untuk digunakan.

Media Converter
Harga: Gratis
Link Download

Aplikasi ini cukup populer di Indonesia. Banyak dari pengguna ponsel pintar yang merekomendasikan aplikasi ini untuk mengkonversi video. Media Converter sendiri memberikan jaminan bagi pengguna agar dapat mengubah semua format video menjadi mp3, mp4 (mpeg4/h264,aac), ogg (theora, flac), avi (mpeg4, mp3), mpeg (mpeg1, mp2), flv (flv, mp3), gif, dan juga wav. Selain itu, untuk format audio juga disediakan di sini. Beberapa di antaranya seperti m4a (aac-audio saja), dan juga 3ga (aac-audio saja), oga (flac-audio saja).

Video Compress
Harga: Gratis
Link Download

Sesuai dengan namanya, yakni Video Compress, aplikasi ini memang memiliki tujuan utama untuk melakukan kompres atau memperkecil size (ukuran) dari sebuah video. Hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk mengunggahnya di media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, dan lain sebagainya. Ini tentunya menjadi salah satu penunjang kebutuhan 'people zaman now' yang memang sangat butuh untuk terintegrasi dengan semua itu.

Namun, selain berguna untuk memperkecil size video, aplikasi ini nyatnaya juga berguna untuk mengubah format video. Yang lebih menarik di sini, pengguna bisa mengubah format sekaligus mengkompres video sesuai dengan yang diinginkan mereka. Jika pengguna ingin tetap mempertahankan kualitas video, maka mereka bisa memilih high. Namun, jika tidak, juga bisa memilih normal, atau bahkan low. Tapi, yang lebih penting, pengguna bisa mengubah format video menjadi mp3, sehingga bisa diputar di perangkat Android mereka dengan mudah.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top