REVIEW

Honkai Impact 3, Generasi Baru Gun Girls School DayZ

Anduril   11 Nov 2017
Honkai Impact 3, Generasi Baru Gun Girls School DayZ

Setelah sukses dengan Gun Girls School DayZ, Mihoyo kini membuat game 3D dari Kiana, Mei, dan Bronya dengan judul Honkai Impact 3. Ada pun berbagai fitur menarik di dalam game ini, yang mana salah satunya bakal memampukan kita untuk bisa menyentuh karakter favorit kita di markas dengan menghasilkan reaksi yang lucu dan mendapatkan buff tertentu. Selain itu, dalam update terbarunya, kalian dimungkinkan untuk bermain bersama-sama dalam fitur Co-op untuk mendapatkan material yang dapat ditukarkan dengan senjata, stigmata, dan material lainnya.

Game ini mempunyai desain karakter ala anime. Tadinya, game ini masih menggunakan bahasa Jepang dan Tiongkok sebelum akhirnya ditranslasikan juga ke dalam bahasa Inggris.

Seperti tipikal game action lainnya, dasar dari game ini adalah misi yang dilengkapi dengan jalan cerita di dalamnya. Pada setiap misi, kalian bisa membawa hingga sebanyak tiga karakter. Karakter tersebut bisa dipakai secara bergantian tergantung pada musuh yang dihadapi. Setiap musuh memiliki kelemahannya masing-masing, dan hal itu ditandai dengan munculnya tulisan Up dan Down di layar atas, sejajar dengan bar HP milik musuh.

Up mengartikan bahwa karakter kita mempunyai status yang kuat untuk melawan musuh tersebut, sementara Down mengartikan bahwa karakter kita lemah melawan musuh tersebut. Ada tiga jenis musuh dalam game ini, dan mengganti karakter yang cocok untuk melawan musuh adalah salah satu strategi yang harus diterapkan di setiap misinya.

Sepertinya, mekanisme kontrol tidak akan terlalu penting untuk dibahas, karena mirip dengan game-game action lainnya. Satu-satunya tambahan yang mencolok di bagian kontrol ini yakni keberadaan tombol dodge yang bisa kalian gunakan untuk menghindar. Nah, jika kalian menekan tombol tersebut dengan timing yang tepat, maka waktu pun seolah akan melambat selama beberapa saat sehingga kita dapat menghajar musuh dengan bebasnya.

Jika kalian menekan tombol dodge tersebut dengan akurat, maka seluruh area akan menjadi lebih gelap dengan gerakan musuh yang semula hanya melambat jadi berhenti total. Pada musuh-musuh awal, urusan untuk menghindar ini bakal terasa gampang, tetapi akan lain halnya begitu kalian berhadapan dengan musuh-musuh yang lebih kuat, semuanya bakal berubah menjadi sangat menantang.

Setiap karakter ternyata mempunyai serangan yang berbeda-beda. Kiana Kaslana, si cantik berambut putih ini punya senjata dual Gun, yang sepertinya tidak terlalu berguna karena dia bakal sering menyerang dengan menggunakan tendangan. Karakter pertama milik kita ini mempunyai special attack berupa peningkatan damage dan jangkauan bagi seluruh serangan yang dikeluarkan. Pada saat special attack itu aktif, maka kalian akan mendapatkan visual seperti kaki kucing setiap kali Kiana memukul.

Kemudian, selanjutnya adalah Raiden Mei. Dikarenakan dia adalah seorang pembawa pedang katana berbilah pendek yang layaknya seorang Ninja, maka gerakan dash-nya pun sangat cepat. Mempunyai gerakan yang cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan Kiana, dan memiliki special attack sekali serang dengan efek yang keren serta banyak lagi lainnya. Setiap karakter ini memiliki percabangan profesi yang bisa dicapai dengan cara naik level dan memenuhi syarat yang dimiliki oleh profesi tersebut.

Untuk urusan multiplayer, seperti yang kami sebutkan di awal review ini, Honkai Impact 3 memiliki fitur open world dimana kalian dapat bermain di dalam satu map yang terbuka untuk mencari material, menjalankan misi, dan bertarung melawan musuh. Main Story dan Side Story dibawakan dengan CG yang menarik.

Lantas, apakah kalian harus memainkan Honkai Impact 3 ini? Jawabannya adalah iya bila kalian menyukai game-game action adventure dengan muatan gacha dan upgrade hero layaknya game-game Korea atau pun Jepang. Namun, bila kalian kurang menyukai hal-hal tersebut, Honkai Impact 3 setidaknya masih menawarkan gameplay yang cukup solid untuk ukuran sebuah action adventure bagi gawai pintar.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top