TIPS

Tak Bisa Download dari Play Store? Ini Penyebabnya!

by Dwi K | 11 Nov 2017
Tak Bisa Download dari Play Store? Ini Penyebabnya!

Pernahkah mengalami kejadian dimana kita mendadak tidak bisa untuk men-download sebuah aplikasi, padahal ada satu aplikasi yang sedang sangat kita perlukan atau pun game yang ingin sekali kita mainkan?

Lantas, pada saat kita cek untuk mengunduhnya dengan menggunakan handphone lain, ternyata malah bisa-bisa saja dan tetap lancar jaya.

Nah, Jurnal Apps di sini akan membahas tentang mengapa kita mendadak tidak bisa untuk men-download sebuah aplikasi dari Google Play Store ke handphone kita.

Limit pada Perangkat

Terkadang, pada saat kita meng-install sebuah aplikasi pada handphone kita, kita nyatanya bakal menemukan beberapa aplikasi yang jadi tidak bisa untuk digunakan. Seringkali, hal ini bukan mengartikan bahwa aplikasinya tidak akan bisa dijalankan di smartphone kita, namun ada bug yang memang masih bermasalah dan belum bisa diatasi oleh sang developer dari aplikasi tersebut. Biasanya, kita akan bisa mengatasinya dengan men-download dalam bentuk APK walau pun hal ini tidak dapat direkomendasikan karena kita tidak akan bisa benar-benar memastikan keamanan dari file APK tersebut.

Atau, dalam kasus lainnya, aplikasinya hanyalah bisa digunakan pada perangkat tertentu, seperti tablet only atau pun phone only. Hal ini tentunya jadi lebih memudahkan kita untuk mengidentifikasi aplikasi-aplikasi mana saja yang kita bisa gunakan pada gadget kita.

Proksimitas Wilayah

Proksimitas atau pembatasan wilayah memang bisa menjengkelkan, apalagi bagi yang bermukim di wilayah yang bukan di Eropa atau pun Amerika, karena banyak dari aplikasi-aplikasi yang ada memang membatasi cakupan wilayahnya hanya pada kedua wilayah tersebut.

Kita bisa saja meng-install aplikasi yang kita mau tersebut dalam bentuk APK melalui berbagai channel. Namun, aplikasi itu seringkali tetap tidak akan bisa digunakan karena sang developer hanyalah memberikan support untuk wilayah-wilayah yang masuk cakupan wilayah mereka saja.

Cara untuk mengatasinya, yaitu dengan menghubungi sang developer dari aplikasi tersebut agar berkenan untuk memperluas cakupan wilayahnya dan memberitahukan bahwa aplikasi mereka juga memiliki peminat di luar cakupan wilayah yang sudah ditentukan sebelumnya

Gadget Kita Tidak Memiliki Fitur Tertentu

Pernahkanh di saat kita mengganti handphone lama kita ke handphone baru, ada beberapa aplikasi yang nyatanya tidak akan bisa berjalan seperti sebelumnya akibat tidak adanya fitur-fitur seperti gyroscopes, accelerometers, dan sebagainya?

Biasanya, hal ini hanyalah akan terjadi apabila gadget baru kita memiliki kualitas yang berada di bawah gadget sebelumnya, sehingga ada beberapa fitur yang tidak tersedia dan menjadi aplikasi-aplikasi yang kita pindahkan tersebut menjadi bermasalah pada akhirnya.

Cara untuk mengatasinya, yaitu dengan membeli gadget baru yang memiliki kelengkapan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut, dan tentunya, dengan spesifikasi yang lebih lengkap, seperti gyroscopes, accelerometers, ambient sensors, temperature sensors, humidity sensors, dan lain sebagainya

Versi Android yang Kita Miliki

Dikeluarkannya versi terbaru dari Android adalah suatu hal yang bisa kita prediksikan bakal terjadi setelah melewati periode waktu tertentu. Namun, walau pun kita bisa menebak kedatangannya, hal ini nyatanya tetap saja bakal menyebalkan apabila nyatanya sampai menjadikan adanya masalah tersendiri kepada kita.

Beberapa developer memang membuat aplikasi atau game mereka harus dijalankan dengan mengunakan OS terbaru agar dapat berjalan dengan lebih baik. Hal ini ditandai dengan pemberian keterangan Not Compatible apabila kita masih menggunakan Android versi lama pada gadget kita.

Kita memang bisa meng-install melalui APK seperti biasanya, namun akan ada beberapa fitur yang biasanya tidak akan berfungsi dan tidak bisa digunakan dengan sempurna.

Bug di Google Play

Bila kita menemukan bahwa aplikasi yang sebenarnya tetap akan bisa berjalan di handphone kita, namun kita nyatanya tetap tidak bisa untuk men-download aplikasi tersebut maka ada kemungkinan bahwa Google Play Store yang terpasang pada gadget kita memiliki semacam bug.

Untuk kasus ini, ada beberapa solusi yang bisa dipilih.

  • Lakukan logout dari Google Play Store dan pergilah ke menu Settings dan masuk ke bagian Application. Pilihlah Google Play Store, dan lakukan tap pada Clear Data dan Clear Cache. Lalu, setelah itu, cobalah untuk melakukan login kembali ke Google Play Store.
  • Lakukan uninstall terhadap Google Play Store dan cobalah untuk meng-install ulang lagi.
  • Lakukan restart pada handphone, yang mungkin merupakan solusi terakhir jika semua solusi di atas sudah kita coba, namun pada kenyataannya belumlah membuahkan hasil yang berarti.

Namun, jika nyatanya masih belum berhasil juga, mungkin ada beberapa masalah lainnya yang harus dikaji lagi dengan lebih mendalam.

Memori Handphone Penuh

Ini mungkin adalah masalah klasik yang dihadapi oleh hampir semua pengguna smartphone. Penuhnya memori pada handphone kita, sehingga tidak memungkinkan untuk meng-install aplikasi baru.

Solusi untuk menghadapinya adalah dengan menghapus aplikasi-aplkasi dan data yang sudah tidak diperlukan lagi. Lakukan backup atas foto dan video yang ada menuju ke cloud atau laptop mungkin juga akan lebih membantu agar kapasitas memori pada handphone kita bisa menjadi sedikit lebih lega.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top