REVIEW

Inilah 10 Aplikasi Android Termahal yang Pernah Ada! Seberapa Mahal?

by Bruno Mukti | 10 Nov 2017
Inilah 10 Aplikasi Android Termahal yang Pernah Ada! Seberapa Mahal?

Aplikasi-aplikasi Android memang ada sangat banyak macam dan jumlahnya di Play Store. Setiap orang bisa menginginkan apa saja yang mereka butuhkan dalam satu balutan aplikasi yang bisa dibawa di genggaman tangan mereka. Aplikasi-aplikasi itu sendiri ada yang berbayar dan juga ada yang gratis. Memang, kebanyakan orang akan lebih memilih aplikasi yang gratis jika dibandingkan dengan yang berbayar. Padahal, aplikasi berbayar itu tak selamanya jelek. Justru aplikasi yang berbayar inilah yang benar-benar memberikan sangat banyak fitur yang sejatinya dibutuhkan oleh orang banyak.

Menurut pengguna sendiri, seberapa mahal aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat dengan sistem operasi Android? Kemudian, seperti apa aplikasi tersebut? Apakah sesuai dengan harga dan kegunaannya? Yuk, disimak artikel JurnalApps kali ini. Karena, inilah 10 aplikasi Android termahal yang ada:

Abu Moo (6 Aplikasi)
Harga: @ IDR 5.500.000 (Total 33 Juta Rupiah)
Link Download

Deretan aplikasi ini mungkin bisa menjadi aplikasi-aplikasi yang paling mahal yang pernah ada di sistem operasi Android. Sebagai pengembangnya, Abu Moo membuat aplikasi-aplikasi ini dengan tanpa berlandaskan alasan khusus di dalamnya. Apalagi, aplikasi-aplikasi ini memang menyentuh harga tertinggi dari batas harga paling mahal untuk aplikasi yang ada di Google Play.

Aplikasi berlian virtual ini hanyalah untuk menunjukkan kelas sosial seperti yang ada di dunia nyata. Bagi pengguna yang mungkin sudah kebingungan untuk menghabiskan uangnya yang sangat banyak itu ke mana lagi, maka mereka mungkin bisa membeli aplikasi-aplikasi ini untuk dipamerkan dengan teman-temannya. Setidaknya, itulah yang dituliskan oleh sang pengembang di dalam keterangan dari aplikasi-aplikasi yang ada di Play Store tersebut. Ini tidak masuk akal, memang. Tapi, ini benar-benar ada! Tak bisa dibayangkan jika ada seseorang yang memiliki semua koleksi tersebut. Ini sama saja dengan harga atas 2 unit sepeda motor di Indonesia.

Clash of Clans
Harga: Gratis/Hingga IDR 1.348.650 +++
Link Download

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa aplikasi game yang satu ini bisa masuk ke dalam aplikasi termahal yang ada di Play Store. Tidak seperti judul-judul game lainnya yang menawarkan harga di depan, aplikasi game yang satu ini memang bisa di-install secara gratis di ponsel setiap orang. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah pembelian di dalam aplikasi ini yang tidak memiliki batasan. Pengguna bisa menghabiskan uang hingga berjuta-juta banyaknya, bahkan lebih banyak daripada aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan di atas tadi. Hingga berapa rupiah, uang yang bakal dihabiskan oleh gamer untuk membeli gems atau gold mungkin tidak akan dapat dihitung lagi. Hal ini dikarenakan memang tak ada batasannya.

Super Color Runner
Harga: IDR 2.200.000
Link Download

Super Color Runner adalah sebuah aplikasi game "endless runner" yang sejatinya tidaklah jauh berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang sejenis. Di dalam permainan ini, ada 4 ruas jalan yang bisa dilalui untuk menjangkau jarak terjauh. Pemain dapat berpindah dari atas ke bawah untuk mengambil "tenaga dan baterai" dengan tujuan agar bisa tetap bertahan hidup.

Game ini sebenarnya memiliki kualitas grafis yang biasa saja. Hanya saja, bayangkanlah jika kita menggunakan sebuah ponsel yang harganya malah lebih murah jika dibandingkan dengan harga dari game itu sendiri. Tentunya, akan terlihat konyol sekali. Permainan ini sendiri tidak diketahui alasannya mengapa bisa begitu mahal. Tapi, game ini sepertinya memang sudah ditinggalkan oleh pengembangnya. Sehingga, para pengembang sepertinya secara sengaja membuat judul permainan ini jadi mahal agar tidak ada orang yang benar-benar membelinya. Tapi, jika sang pemain nyatanya adalah seorang sultan, kenapa tidak?

5-Minute Sports Medicine
Harga: IDR 1.164.883
Link Download

5-Minute Sports Medicine adalah sebuah aplikasi pendidikan yang berisikan berbagai macam informasi mengenai obat-obatan yang ada untuk dunia olahraga. Di dalam aplikasi ini, ada sebanyak 280 topik yang diberikan, kode-kode ICD-9, kode-kode SNOMED, dan kemampuan untuk bisa mengatur sendiri sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Sekarang ini, aplikasi tersebut telah datang dengan kode-kode ICD-10.

Lalu, mengapa aplikasi ini bisa menjadi sangat mahal? Sebenarnya, ini tidak begitu mahal jika dibandingkan dengan pengguna yang harus mengambil kuliah di kedokteran dan menghabiskan banyak waktu secara khusus untuk mempelajari materi tersebut. Dengan dana yang 'hanya sedikit' seperti harga yang dibandrol itu, pengguna bahkan mungkin bisa menjadi seorang dokter untuk dirinya sendiri dalam keadaan darurat.

Bonney's Gyn. Surgery, 11th Ed
Harga: IDR 1.775.712
Link Download

Bonney's Gyn. Surgery, 11th Edition adalah salah satu aplikasi edukasi yang ada di Android, yang datang seperti layaknya sebuah buku bedah. Mengapa aplikasi ini bisa menjadi sangat mahal? Sebab, di dalam aplikasi ini terdapat buku tentang metode operasi gynaecological original yang ditulis oleh Victor Bonney. Ini mungkin hampir sama faktanya dengan aplikasi Sports Medicine yang disebutkan di atas.

Semua informasi mengenai kedokteran yang ada di dalam aplikasi ini benar-benar ditulis dengan jujur oleh seorang dokter. Sebagai tambahannya, di dalam aplikasi ini juga ada prosedur untuk melakukan operasi dalam berbagai cara, juga tersedia gambar-gambar, dan informasi lainnya yang mendukung. Jadi, bandrol harga atas aplikasi ini sebenarnya seimbang dengan ilmu pengetahuan yang diberikan di dalamnya.

Dr.Web Security Space Life
Harga: IDR 890.000
Link Download

Dr.Web Security Space Life adalah salah satu aplikasi antivirus untuk ponsel pintar. Tidak seperti aplikasi antivirus pada umumnya, pengembang membebaskan para penggunanya di dalam aplikasi ini untuk memilih cara pembayaran mereka sendiri sesuai dengan yang diinginkan. Jadi, pengguna bisa memilih untuk mengecer pembelian atas aplikasi ini atau bisa membelinya secara penuh berupa lisensi seumur hidup dengan harga 890 ribu Rupiah.

Tentu saja, ini akan terlihat sedikit konyol jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi antivirus lainnya yang ada di Play Store. Aplikasi seperti ini biasanya memiliki kurun waktu hingga bulanan untuk berlangganan, atau 1 tahun masa aktif. Ini tentu saja menguntungkan bagi pengguna, karena hanya sekali untuk berbayar saja namun pengguna bisa menggunakannya seumur hidup.

Mobile Accessibility US
Harga: IDR 999.000
Link Download

Mobile Accessibility US adalah aplikasi yang dibuat dan ditujukan untuk orang-orang yang tidak dapat melihat, alias tuna netra. Aplikasi ini dibuat untuk para penggunanya agar bisa menggunakan smartphone dengan lebih mudah. Fitur-fitur yang diberikan di dalam aplikasi ini dapat membantu penggunanya untuk melakukan panggilan telepon, mengakses kontak, kalender, e-mail, browsing website, pengaturan, dan yang lainnya.

Walau pun aplikasi ini tidak bisa berjalan dengan baik bagi para tuna netra dan akhirnya hanya mendapatkan rating yang tidak begitu tinggi, yaitu 3,5 bintang. Tapi, bisa dibayangkan, untuk membuat aplikasi yang secara khusus diperuntukkan bagi mereka yang tidak dapat melihat itu memang bukanlah sesuatu yang mudah. Nilai seperti itu tentunya sudah cukup bagus untuk sebuah aplikasi yang berguna bagi sesama ini.

The Most Expensive App
Harga: IDR 5.500.000
Link Download

Sebenarnya, di dalam Play Store, ada sangat banyak aplikasi yang mengklaim bahwa mereka merupakan aplikasi termahal yang pernah ada di Android. Biasanya, para pengembang tersebut menggunakan nada dan premis yang sama dalam mendiskripsikan aplikasi-aplikasi tersebut. Terlebih kata-kata iklannya sendiri seperti; "belilah aplikasi ini sekarang, dan tunjukkan kepada setiap orang bahwa Anda adalah orang yang kaya raya." Ini konyol, tapi lucu. Pengguna bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi yang serupa dengan ini di Play Store dengan kata kunci "the most expensive Android apps." Aplikasi ini tidaklah ada gunanya, kecuali jika pengguna adalah sebenar-benarnya orang kaya dan tidak membutuhkan uang lagi, maka mereka mungkin bisa membeli aplikasi ini.

Nelson Textbook of Pediatrics
Harga: IDR 1.658.460
Link Download

Ini adalah salah satu aplikasi yang hampir sama dengan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya. Ya, ini merupakan aplikasi yang masih berkaitan dengan ilmu-ilmu yang ada di bidang kedokteran. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, jika melihat ke beberapa aplikasi termahal yang ada di Android itu sebagian besar merupakan aplikasi-aplikasi di bidang tersebut, hal ini menandakan bahwa sehat itu adalah hal yang mahal.

Ini adalah salah satu aplikasi seperti buku yang ditujukan untuk pedriatrik. Di dalam aplikasi ini, ada sangat banyak informasi yang diberikan, yang juga ditulis oleh seorang dokter. Jadi, tidaklah mengherankan jika aplikasi ini bisa begitu mahal untuk dibeli. Pengguna dapat mencari apa pun yang mereka butuhkan di dalam aplikasi ini. Selain itu, juga ada fitur bookmark yang dapat membantu mereka untuk mempermudah dalam mencari kembali. Aplikasi ini sendiri sepertinya akan lebih tepat jika digunakan oleh dokter-dokter dibandingkan dengan orang-orang biasa pada umumnya.

The Color Atlas of Internal Medicine
Harga: IDR 1.723.472
Link Download

The Color Atlas of Internal Medicine adalah aplikasi yang masih sama dengan sebelumnya, dan masih berhubungan dengan ilmu kedokteran. Untuk aplikasi yang satu ini, adalah seorang dokter bernama McGraw-Hill yang menulis dan mempublikasikannya. Di dalam aplikasi ini, ada sangat banyak topik-topik yang ditawarkan di dalamnya. Khususnya, informasi-informasi yang terkait dengan obat-obatan yang jarang sekali untuk dipublish bagi orang-orang biasa pada umumnya.

Aplikasi ini sangat bagus karena telah mendukung untuk digunakan di ponsel pintar dan juga tablet. Walau pun terlihat sangat mahal, bandrol harga atas aplikasi ini sesuai dengan berbagai macam informasi yang diberikan di sana. Untuk siapa saja yang membutuhkan aplikasi seperti ini, maka ini akan menjadi sesuatu yang sangat berguna sekali bagi mereka. Sebagai contoh saja, bagi mereka yang mahasiswa kedokteran, dengan membeli aplikasi ini seharga 1,7 juta maka akan menjadi semacam investasi yang berharga untuk masa depan mereka.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top