TIPS TRIK

Inilah Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Terkena Hack

by Dikdok | 09 Nov 2017
Inilah Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Terkena Hack

Sebagai sebuah media sosial yang tengah dan masih diminati oleh banyak orang, Instagram nyatanya juga merupakan sebuah sasaran yang empuk bagi para hacker. Hingga saat ini, sudah tidak terhitung berapa banyaknya akun Instagram yang telah dibobol oleh para peretas yang jahil itu.

Kebanyakan dari mereka yang akunnya di-hack pastinya akan langsung bingung, atau bahkan putus asa ketika akun Instagramnya diretas. Padahal, terdapat cara untuk mengembalikan akun Instagram yang terkena peretasan, lho. Ingin tahu bagaimana caranya? Mari simak artikel di bawah ini:

Catatan: Langkah-langkah berikut ini harus dilakukan via website Instagram.

Buka https://help.instagram.com, lalu pilihlah "Privacy & Safety."

Jika peretasan ini menimpa akun Instagram milikmu, segeralah meminta bantuan melalui https://help.instagram.com dan pilih menu Privacy & Safety > Report Something > Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us.

Selanjutnya, Instagram akan memberikan beberapa pertanyaan yang harus kalian isi dengan benar dan sejelas-jelasnya.

Sama seperti langkah pertama, tapi kini pilihlah menu "Impersonation Account."

Lanjutkan dengan memilih opsi Impersonation Account untuk melaporkan bahwa akun milikmu telah diambil alih oleh orang lain. Nantinya, kalian akan diminta untuk mengisi form secara lengkap dengan e-mail yang digunakan ketika pertama kali mendaftarkan diri ke Instagram .

Pastikan juga, apakah akun Instagram milikmu telah berganti nama atau tidak. Kalau sampai berganti nama, maka kalian harus memasukkan nama yang sekarang digunakan oleh akunmu tersebut agar Instagram dapat melacaknya dengan mudah.

Jika sudah berhasil melaporkan, maka akun Instagram-mu akan hilang!

Tidak perlu panik terkait hal ini. Hal tersebut memang sengaja dilakukan oleh Instagram agar akun milikmu tersebut tidak dapat diakes terlebih dahulu oleh siapa pun, selama pihak Instagram melakukan investigasi terkait tindak peretasan tersebut.

Cek e-mail

Setelah melakukan laporan, tunggulah e-mail yang masuk dari Intagram sebagai bentuk tindak lanjut dari laporan yang telah kalian buat tadi. Ikuti langkah yang diminta oleh Instagram untuk bisa mengembalikan akun Instagram milikmu.

Biasanya, pihak Instagram akan meminta kalian untuk melakukan instruksi sebagai berikut: Tulis nama akun dan nama lengkap serta kode rahasia dari Instagram dengan tangan di atas kertas putih. Kemudian, fotolah wajahmu dan kertas putih tersebut untuk menjadi verifikasi bahwa kalian memang adalah pemilik asli dari akun yang dilaporkan.

Usahakan agar gambar wajah yang diambil mirip dengan fotomu.

Selanjutnya, Instagram akan kembali mengirimkan balasan terkait form yang harus kalian isi kembali, terutama pas foto dan fotokopi identitas. Balaslah e-mail ini dengan sejelas-jelasnya.

Menunggu

Biasanya, proses menunggu ini akan memakan waktu sekitar 4 sampai 7 hari. Tandanya bahwa akunmu sudah kembali adalah munculnya username milikmu di kolom Pencarian.

Ikutilah langkah pemulihan akunmu sesuai dengan e-mail balasan terakhir dari pihak Instagram dan kalian pun sudah siap untuk kembali menggunakan akun Instagram milikmu lagi.

Semoga membantu, ya!

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top