TIPS

Hal-hal ini Tak Boleh Dilakukan di Media Sosial! Nomor 6 Paling Dilarang!

by Dikdok | 09 Nov 2017
Hal-hal ini Tak Boleh Dilakukan di Media Sosial! Nomor 6 Paling Dilarang!

Kemunculan media sosial sepertinya telah membawa kita semua ke dalam sebuah kebiasaan baru, yani berbagi beragam konten. Bukanlah hal yang salah, memang. Karena, salah satu fungsi dari media sosial adalah sebagai tempat untuk mengekspresikan diri. Namun, kalian harus mengetahui batasan-batasan apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan di media sosial.

Apa saja batasan-batasan tersebut? Marilah menyimak artikel di bawah ini:

1. Mempublikasikan Identitas Pribadi Terlalu Detil

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, identitas pribadi merupakan sebuah informasi yang cukup berbahaya jika dipublikasikan terlalu detil di media sosial. Penyebaran informasi-informasi yang bersifat pribadi pada sebuah media sosial bisa berdampak kepada penyalahgunaan informasi tersebut oleh berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab. Dikhawatirkan, dengan menampilkan identitas pribadi secara detil, maka informasi tersebut bisa digunakan oleh pelaku tindak kejahatan dalam menjalankan aksinya.

2. Mem-posting Berbagai Foto yang Rentan

Apa sajakah yang dikategorikan foto-foto yang rentan tersebut? Terdapat beberapa foto, di antaranya adalah foto dengan pose dua jari (peace), foto tiket perjalanan pesawat, foto balita, hingga foto pekerjaan yang bersifat rahasia.

Dengan kecanggihan teknologi yang ada pada saat ini, sudah ada pelaku kejahatan yang bisa mendapatkan sidik jari kita hanya dengan memanfaatkan foto dengan pose dua jari tersebut. Sedangkan, postingan foto tiket perjalanan pesawat juga cukup berbahaya, karena di balik barcode tiket pesawat terdapat informasi pribadi dari kita yang bisa saja disalahgunakan oleh orang lain.

Mengenai foto balita, foto tersebut seringkali akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan penipuan hingga perdagangan anak. Dan, foto pekerjaan yang bersifat rahasia, hal ini bakal cukup rentan untuk dibagikan karena informasi tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh kompetitor dalam upaya menjatuhkan perusahaan tempat kalian bekerja.

3. Menulis Kata-kata Kasar dan Spamming

Kebebasan untuk mengekspresikan diri yang dihadirkan di media sosial seringkali disalahartikan oleh banyak orang, sehingga banyak dari mereka yang merasa bebas untuk mengemukakan kata-kata kasar mau pun spamming di media sosial. Hal tersebut tentunya tidak boleh dilakukan, karena selain akan memberikan hal yang negatif bagi para pembacanya, hal tersebut juga bukanlah merupakan hal yang sepatutnya untuk dilakukan oleh stiap orang.

4. Mengunggah Konten Pribadi Orang Lain Tanpa Ijin

Mengunggah konten pribadi milik orang lain tanpa ijin dapat berakibat fatal bagi kita, karena jika si pemilik foto tersebut tidak bersedia dan menerima fotonya untuk ada di Internet, maka mereka dapat mengajukan tuntutan secara hukum sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.

5. Foto Karya Buatan Pribadi

Jika mengunggah konten milik orang lain sudah dilarang, maka mengunggah karya buatan pribadi juga bukanlah suatu hal yang baik untuk dilakukan di media sosial, lho. Sebenarnya, bukan tidak boleh, namun pastikanlah agar karya yang kita unggah tersebut telah memiliki hak cipta atau keterangan nama pembuat (watermark). Kalian tidak ingin jika karya yang sudah susah-susah dibuat secara pribadi itu malah diakui orang lain sebagai milik mereka, bukan?

Bonus

6. Foto Mantan

Hal inilah yang paling tidak boleh untuk kalian lakukan di media sosial. Meng-upload foto mantan sangatlah tidak disarankan untuk dilakukan di dalam peraturan kisah kasih mantan, karena hal itu akan membuka luka lama, dan ini juga menandakan kalau kalian tidak bisa move on dari dirinya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top