REVIEW

Yuk, Bikin Ponselmu Lebih Pintar dengan Aplikasi ini!

by Dikdok | 09 Nov 2017
Yuk, Bikin Ponselmu Lebih Pintar dengan Aplikasi ini!

Jika ditanya mengenai kecanggihan smartphone pada saat ini, mungkin sudah tidak perlu diragukan lagi. Begitulah, hampir setiap aktivitas pada saat ini dapat kita lakukan dengan menggunakan bantuan smartphone.

Namun, bagi beberapa orang, kecanggihan smartphone yang begitu hebat ini masih saja dianggap kurang mumpuni. Alasannya karena belum banyak smartphone yang bisa melakukan berbagai fungsi otomatisasi pada setiap fitur yang dimilikinya secara menyeluruh.

Keluhan tersebut menjadi perhatian dari para pengembang untuk membuat berbagai jenis aplikasi yang dapat menjalankan sistem di smartphone secara otomatis dan lebih mandiri.

Lalu, apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Boost Cache Cleaner

Seperti namanya, Boost Cache Cleaner merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu kalian untuk menangani tumpukan file sampah (cache) yang memenuhi memori internal di smartphone kalian dengan cara yang cepat. Aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi file cache yang ada di setiap sudut folder di memori internal pada smartphone milik kalian.

Dengan begitu, memori internal yang kalian miliki akan selalu berada dalam kondisi bersih dari cache.

Automated Device

Tekadang, ada beberapa hal yang biasa kita lakukan dengan smartphone secara berulang-ulang pada setiap harinya. Dan, ada kalanya, kita ingin mengotomatisasi beberapa hal yang biasa dilakukan dengan smartphone kita. Aplikasi Automated Devices mungkin bisa menjadi solusinya. Sebagai contoh, kita akan menjemput seorang teman dan ingin memberi tahu mereka menyoal kapan harus bersiap untuk kedatangan kita. Kita dapat menggunakan Automated Device untuk mengotomatisasi smartphone untuk mengirim pesan teks kepada teman kita pada saat telah mencapai lokasi tertentu. Pengaturan aplikasi ini mungkin akan terkesan cukup rumit, namun jika sistem otomatisasi sudah bisa dijalankan, maka aplikasi ini dapat menolong kita untuk melakukan banyak hal, lho!

SkipLock

Menggunakan sistem keamanan pada perangkat smartphone mungkin memang sesuatu yang penting untuk dilakukan. Namun, dalam beberapa kondisi, fitur lockscreen juga bisa menjadi sesuatu yang menyebalkan. Terlebih, jika kalian adalah orang yang sering membuka dan menutup smartphone, maka membuka lockscreen secara berulang kali tentunya akan menjadi hal yang menyebalkan, bukan?

Nah, aplikasi bernama SkipLock ini berusaha untuk menjawab permasalahan tersebut. Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian dimungkinkan untuk melewati fitur lockscreen ketika sedang terhubung ke sebuah jaringan WiFi tertentu. Misalnya saja, ketika berada di rumah, kalian bisa menghubungkan jaringan WiFi di rumah dengan aplikasi ini ini agar smartphone tidak terkunci oleh sistem keamanan yang dimilikinya. Untuk memasangnya, cukup dengan menambahkan jaringan wifi yang akan kalian hubungkan secara manual.

Velis Auto Brigthness

Merasa repot jika harus mengatur kecerahan layar smartphone secara berulang-ulang karena lingkungan di sekitar kita terlalu terang atau malah terlalu gelap? Dengan menggunakan aplikasi Velis Auto Brighness ini, kalian bisa membuat smartphone untuk mengatur tingkat kecerahan secara otomatis berdasarkan kecerahan dari tempat yang berada di sekitar kalian.

RepetetiTouch

RepetiTouch memungkinkan kalian untuk merekam setiap sentuhan yang kalian lakukan pada layar smartphone dan kemudian memutar ulang sentuhan tersebut secara otomatis dan berulang-ulang. Hal ini tentunya dapat memudahkan kalian ketika harus menekan layar dengan pola yang sama secara terus-menerus.

IFTTT

Aplikasi IFFT mungkin merupakan salah satu aplikasi otomatisasi terbaik yang pernah diciptakan oleh pengembang. Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian dimungkinkan untuk “mengajari” smartphone guna bisa melakukan tugas-tugas tertentu secara otomatis. Contohnya, setiap kali kalian akan mengambil sebuah screenshot, maka kalian bisa memerintahkan smartphone untuk langsung mengirimkannya ke e-mail.

Aplikasi ini juga bisa diintegrasikan dengan banyak layanan populer. Mulai dari Dropbox sampai dengan Evernote dan Google Drive.

Atooma

Jika ditanya, siapa yang bisa menyaingi kehebatan IFFT, mungkin Atooma adalah jawabannya. Aplikasi ini menggunakan beberapa fungsi, seperti IF dan DO agar bisa menjalankan berbagai fungsi di smartphone secara otomatis.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa membuat smartphone kalian menjadi lebih mandiri. Semoga membantu, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top