REVIEW

Grand Theft Auto: San Andreas, CJ Dalam Genggaman

Anduril   30 Oct 2017
Grand Theft Auto: San Andreas, CJ Dalam Genggaman

Bagi kalian yang para fans Grand Theft Auto: San Andreas (GTA: SA) dipastikan sudah mengenal tokoh legendaris dengan nama Carl Johnson (CJ). Walau pun cukup generik, CJ adalah salah satu karakter yang menjadi favorit semua orang di seri GTA. Kali ini, CJ akan bertualang di San Andreas untuk kesekian kalinya melalui gadget iOS dan Android milik kalian.

Game ini meneruskan kesuksesan GTA III dan GTA Vice City, yang sama-sama di-port dari konsol PS2. Kami yakin, bahwa sebagian besar yang membaca artikel ini pastinya pernah bermain GTA: SA di konsol atau PC. Game ini memiliki mekanisme yang sama persis seperti pada versi konsol atau pun PC-nya.

Dalam game yang ber-setting di tahun 1992 ini, kalian akan berperan sebagai CJ yang pulang kampung ke San Andreas karena ibunya wafat gara-gara ditembak oleh kawanan geng yang bernama Ballas. Di kampung halaman tersebut, petualangan kalian akan benar-benar dimulai. Semua itu karena kalian ingin membalas dendam kematian ibu kalian dengan bantuan geng The Groove, sekaligus berhadapan dengan para polisi korup yang selalu ingin memerasmu.

Dalam mencapai tujuan, kalian akan bermain dengan gameplay sandbox yang disertai dengan misi-misi yang berkaitan dengan storyline. Kalian bisa melakukan banyak hal dalam mode sandbox, dari hal yang tidak penting sampai ke hal yang penting sekali pun. Contohnya mencuri mobil untuk sekedar berjalan-jalan di tengah kota, memukuli para pejalan kaki hingga pingsan, menjadi supir taxi, berpacaran, melakukan fitness supaya badan kalian makin kekar, melakukan aktivitas gangs wars untuk memperluas wilayah kekuasaan kalian dan seterusnya.

Kalau pada versi konsolnya, ketika kalian gagal dalam sebuah misi maka kalian harus mengulang misi dari awal. Pada versi gawai pintar ini, kalian bakal memperoleh fasilitas checkpoint yang bisa menghemat waktu kalian apabila kalian sampai menemui kegagalan.

Selain itu, kalian juga dapat menembak secara otomatis, dimana kalian tidak perlu repot-repot untuk melakukan aiming yang sangat menjengkelkan. Cukup dengan menekan dan menahan tombol tembak, maka CJ pun akan secara otomatis menembak musuh yang terdekat dari dirinya dengan sangat akurat.

Sistem auto saving yang disematkan di game ini juga sangat membantu, kalian tidak perlu repot-repot lagi harus berjalan jauh ke safehouse hanya untuk melakukan save game. Setiap saat kalian melakukan close application, game ini akan selalu melakukan save game terlebih dahulu tanpa sepengetahuanmu. Jadi, ketika kalian memainkan game ini lagi, maka kalian akan langsung bermain dengan posisi terakhir di mana kalian berdiri.

Kemudian, pengaturan tombol-tombol untuk mencuri mobil, mengganti radio, berlari, mengganti kamera, hingga tombol pause pun sudah diletakkan secara matang sehingga terasa nyaman untuk dipakai di layar sentuh.

Grafis GTA: SA pada versi gawai pintar ini telah ditingkatkan sehingga mampu untuk menampilkan warna-warna yang lebih tajam, karakter-karakter model yang lebih renyah, dan kualitas bayangan yang lebih detil. Dalam urusan audio, hampir tidak ada perbedaan jika dibandingkan dengan versi konsolnya. Yang lebih membahagiakan lagi, seluruh stasiun radio di versi konsol, semuanya itu juga dibawa ke versi gawai pintar. Seperti yang kita ketahui, lagu-lagu di radio GTA:SA bisa kalian nikmati saat berada di dalam kendaraan dan jumlahnya pun sangat bervariasi. Mulai dari lagu rock, klasik, metal, dan seterusnya.

Begitulah, Rockstar membangkitkan GTA: San Andreas kembali di dunia gawai pintar dan mereka telah melakukannya dengan luar biasa. Mereka tidak hanya sekedar main tempel tanpa ditambahi bumbu-bumbu yang pas dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh gawai pintar. Mereka juga menambahkan fitur-fitur yang sederhana, namun tepat sasaran.

Setelah kurang lebih sekitar 13 tahun berlalu, CJ pun kembali dengan sensasi yang melebih ekspektasi. Game ini memiliki ukuran download yang lumayan besar yaitu, 1.5GB. Jadi, kalian harus ekstra sabar dalam menunggu proses download-nya sampai selesai. Namun, ketika proses download kalian telah selesai, maka rasa bosan menunggu yang kalian alami itu bakal terbayarkan dengan kualitas dari game ini.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top