REVIEW

DomiNations, Perang Antar Peradaban Bergaya CoC

Anduril   30 Oct 2017
DomiNations, Perang Antar Peradaban Bergaya CoC

Kalau kalian adalah gamer PC, kalian dipastikan pernah mendengar yang namanya Rise of Nations. DomiNations ini adalah sebuah game yang merupakan karya dari developer yang juga mengembangkan serial game tersebut. Di Rise of Nations, kalian bisa bermain sebagai salah satu bangsa dari tujuh yang tersedia dari zaman batu hingga masa penjelajahan luar angkasa. Nah, begitu pula halnya dengan DomiNations, kalian akan mendapat pilihan bangsa Inggris, Romawi, Tiongkok, Jerman, Perancis, Jepang, dan Yunani. Semua bangsa tersebut akan memiliki kelebihannya masing-masing.

Permainan diawali dengan tutorial yang akan mengajarkan tentang bagaimana caranya untuk membangun dan mengelola kota. Bagi yang sudah sering memainkan game strategi, kalian dipastikan sudah terbiasa dengan sistem tersebut. Terdapat beberapa kategori bangunan, seperti Economy, Army, Defense, dan Wonder. Selain itu, kalian juga dapat meningkatkan status peradaban bangsamu seperti di Age of Empires dan Rise of Nations, mulai dari Stone Age hingga Space Age. Setiap naik ke zaman berikutnya, akan terbuka bermacam bangunan dan fitur-fitur baru.

Pada kategori bangunan Economy, kalian akan menemukan berbagai bangunan untuk meningkatkan sumber daya bagi bangsamu. Terdapat tiga sumber daya utama, yaitu gold, food, dan citizen. Gold dan food akan digunakan sebagai bahan untuk membuat bangunan, upgrade, dan membuat pasukan. Sedangkan citizen bakal digunakan sebagai pekerja. Hampir semua kegiatan di game ini akan menggunakan mereka.

Selain sumber daya di atas, juga terdapat sebuah sumber daya tambahan, yaitu crown. Crown ini sangat langka dan hanya bisa didapatkan melalui penyelesaian misi atau IAP. Crown dapat digunakan untuk menyelesaikan segala sesuatu secara instan.

Sebagaimana game strategi di mobile, setiap kalian membangun atau mengerjakan sesuatu maka bakal membutuhkan waktu tertentu yang kadang cukup lama. Citizen ini sendiri jumlahnya sangat terbatas, sehingga kalian terkadang tidak menemukan apa pun yang bisa dikerjakan karena semuanya tengah disibukkan dengan berbagai hal.

Untuk mengisi kekosongan, kalian bisa menyerang (plunder) pemain lain atau AI. Dengan waktu pembuatan pasukan yang relatif singkat, kalian sudah bisa menyerang kota lain. Kalau menang, maka kalian akan mendapatkan rampasan sumber daya yang lumayan. Tapi, kalian tetap harus berhati-hati. Sebab, bila kalian sampai kalah, maka kalian akan kehilangan semua pasukan yang kalian kirimkan.

Berbicara tentang perang, kalian di sini akan sangat sering melakukannya. Kekuatan militer menjadi salah satu faktor yang penting di game ini. Ada dua hal yang harus kalian perhatikan, yaitu penyerangan dan pertahanan. Penyerangan atau plunder sudah kami jelaskan di atas, sedangkan pertahanan akan terjadi ketika pemain lain mencoba untuk menyerang kota yang kalian miliki. Desain kota menjadi sangat menentukan dalam pertahanan.

Bangunan yang telah kalian bangun dapat dipindahkan sesuka hati, dengan persyaratan berupa masih adanya ruang yang tersedia. Inti dari fitur ini adalah untuk mendesain pertahanan kota dan jaringan jalan. Ada tembok, garnisun, menara, ketapel raksasa, hingga jebakan yang bisa digunakan. Seluruh bangunan tersebut terbatas. Jadi, kalian harus berpintar-pintar dalam hal menyusunnya agar kotamu jadi sulit untuk dihancurkan oleh musuh.

Jika kalian sudah menemukan strategi yang pas dalam menyerang dan bertahan, maka kalian pun akan larut dan bakal menikmati DomiNations. Maka dari itu, janganlah takut untuk bereksperimen dalam strategi menyerang dan bertahan.

Pada saat menyerang, kalian dapat menurunkan pasukan di tempat-tempat tertentu di perbatasan daerah lawan. Dari sana, pasukanmu akan bergerak dan menyerang. Kalian dapat menuntun pasukan untuk menyerang suatu bangunan atau unit lawan, tetapi hanya dalam batas waktu tertentu. Jika sebuah unit yang kalian kendalikan sudah memilih target, maka dia akan terfokus dan tidak bisa untuk diubah lagi.

Dalam melakukan pertahanan, pertimbangkanlah bagaimana pasukan-pasukan tersebut saat menyerang dan bermanuver, karena pasukan pemain lain pun akan memiliki sifat yang sama. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, kalian bisa membuat pertahanan yang sulit untuk dikalahkan. Sebaiknya, kalian juga membuat aliansi dengan pemain lain agar bisa menjadi lebih kuat lagi.

Grafis DomiNations mengingatkan kami pada Rise of Nations, indah walau pun kurang detil. Dari segi gameplay, game ini menyuguhkan berbagai fitur dan strategi yang terus-menerus akan bertambah seiring dengan meningkatnya level milik kalian dan juga berbagai bangsa yang bisa dipilih.

Sebagai game gratis yang kanberisi IAP, DomiNations akan cukup sering untuk memberikan crown secara gratis bagi kalian. Jadi, kalian pun bisa menggunakan crown dalam batasan tertentu untuk keuntunganmu. Kalian juga akan mendapatkan konten-konten yang erat hubungannya dengan sejarah, sebuah nilai tambah jika kalian adalah penyuka game sejarah.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top