TIPS TRIK

Inilah Cara Menonton Video YouTube tanpa Koneksi Internet

Dikdok   31 Oct 2017
Inilah Cara Menonton Video YouTube tanpa Koneksi Internet

Sedang asyik-asyiknya menonton video di YouTube, koneksi internet ternyata terputus dengan tiba-tiba. Menyebalkan, bukan? Tenang saja, YouTube ternyata telah menyediakan fitur untuk mengunduh video yang tentunya legal dan tidak bertentangan dengan hak cipta dari para kreator video di YouTube. Artinya, Anda tidak bakal melakukan cara atau pun aktivitas ilegal seperti pembajakan.

Lalu, bagaimana caranya?

Mengunduh Video dari YouTube

Kebanyakan dari kalian pasti sering menonton berbagai konten video di YouTube melalui aplikasi resmi yang tersedia untuk smartphone, bukan? Namun, sadarkah kalian jika YouTube telah menyediakan sebuah fitur khusus yang bisa digunakan untuk men-download video dari platformnya.

Cara yang diberikan YouTube ini cukup mudah. Yang dibutuhkan dalam proses download video ini hanyalah aplikasi YouTube terbaru dan juga koneksi internet yang memadai.

Buka aplikasi YouTube

Setelah memastikan bahwa kalian telah menggunakan aplikasi YouTube mobile dengan versi terbaru, yang selanjutnya harus dilakukan hanyalah membuka aplikasi tersebut. Langkah berikutnya, pilihlah video yang ingin kalian download.

Pilih icon 'donwload'

Setelah video yang ingin di-download tersebut sudah berhasil dibuka, maka kalian selanjutnya akan melihat 5 icon yang terletak di bawah judul video. Pilihlah icon yang berbentuk tanda panah ke bawah untuk men-download video tersebut.

Selanjutnya, kalian akan diberikan pilihan kualitas video yang akan diunduh beserta informasi terkait kapasitas file atau kuota internet yang dibutuhkan untuk men-download video tersebut. Jika file yang akan di-download nyatanya terlampau besar, maka bakal disarankan untuk menggunakan koneksi WiFi terlebih dahulu untuk mengunduhnya.

Nantinya, setelah memilih opsi download, di bagian bawah layar akan muncul keterangan 'downloading' dan juga icon 'download' di bagian notifikasi yang ada di atas layar perangkat Anda. Notifikasi ini menandakan bahwa proses men-download video tengah berjalan. Jika selesai, maka Anda akan menerima pemberitahuan selanjutnya.

Perlu kalian ketahui, bahwa tidak semua video yang ada di platform YouTube bisa di-download dengan menggunakan cara ini. Biasanya, akan muncul tanda silang pada icon ‘download’ jika video tersebut tidak bisa di-download. Hal tersebut didasarkan pada kebijakan yang dibuat oleh sang kreator atau pengunggah video.

Buka halaman 'library'

Jika video telah selesai di-download, maka video tersebut akan tersimpan secara otomatis pada tab ‘library.’ Pilihlah tab tersebut untuk mengakses daftar video yang telah di-download.

Perlu diketahui, bahwa video tersebut hanyalah bisa diputar melalui aplikasi YouTube saja dan tidak akan bisa ditemukan pada setiap folder video yang ada di memori perangkat kalian. Hal ini sengaja untuk dilakukan agar video tersebut tidak bisa dikopi atau digandakan tanpa izin.

Nah, itulah cara men-download video secara langsung dengan menggunakan aplikasi YouTube. Selamat mencoba, ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top