TRIK

Inilah Cara Dapatkan Penyimpanan Unlimited di Google Photos

Dikdok   23 Oct 2017
Inilah Cara Dapatkan Penyimpanan Unlimited di Google Photos

Salah satu fitur ekslusif yang menjadi daya tarik tersendiri dari perangkat Google Pixel adalah penyimpanan foto dengan kualitas orisinil yang sifatnya unlimited di Google Photos.

Sebagaimana telah diketahui bersama, Google Photos membagi kualitas foto mereka menjadi Original Quality dan High Quality. Maksud dari High Quality itu sendiri, foto-foto yang akan tersimpan di dalam Google Photos akan dikompres ukurannya tanpa mengurangi kualitas foto tersebut. Sedangkan untuk Original Quality, foto-foto akan disimpan dengan format yang sama persis dengan aslinya.

Bagi pengguna biasa, fitur penyimpanan yang tidak terbatas ini hanyalah akan bisa dirasakan ketika sedang menyimpan High Quality Photos. Sedangkan untuk foto-foto yang sifatnya Original Quality, pengguna hanya bisa menyimpannya dengan ruang penyimpanan yang terbatas saja.

Untungnya, belum lama ini, ada seorang pengguna dari XDA Developer yang menamai dirinya emime12 telah menemukan sebuah cara agar dapat melakukan penyimpanan unlimited pada Google Photos tanpa harus memiliki perangkat Google Pixel 2. Cara yang ditemukannya ini pun juga berlaku untuk mendapatkan beragam wallpaper yang eksklusif dan hanya bisa didapatkan oleh para pengguna Google Pixel saja.

Penasaran menyoal bagaimana caranya? Marilah simak cara-caranya di bawah ini!

Menghasilkan Ruang Penyimpanan Unlimited untuk Google Photos

Sebelum melakukan hal ini, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah memastikan agar smartphone Android yang kalian gunakan itu mutlak dan diharuskan sudah memiliki akses root. Perlu diingat, untuk melakukan hal ini, "Do with your own risk," ya!

Nah, langkah pertama yang harus dilakukan selanjutnya adalah men-download file nexus.xml di smartphone kalian. File nexus.xml sendiri bisa kalian dapatkan pada laman ini.

Setelah itu, bukalah file root dengan menggunakan beberapa aplikasi yang mendukung, misalnya saja, Solid Explorer atau pun MiXplorer.

Lanjutkan dengan menyalin file nexus.xml tadi ke direktori /system/etc/sysconfig.

Atur file permissions ke 644 (rw-r-r-).

Teruskan dengan melakukan reboot terhadap smartphone kalain.

Setelah smartphone sudah kembali menyala, bukalah App Info untuk Google Photos dan hapuslah data dari aplikasi tersebut.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka Google Photos pun kini akan “menganggap” bahwa kalian sudah menggunakan perangkat Google Pixel. Itu mengartikan bahwa kalian sudah bisa mendapatkan akses menuju penyimpanan unlimited di layanan tersebut. Ayo! Silakan mencobanya, ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top