TRIK

Seram! Inilah yang Terjadi Jika Terus-menerus Screenshot & Upload Foto yang Sama di Instagram!

Dwi K   24 Oct 2017
Seram! Inilah yang Terjadi Jika Terus-menerus Screenshot & Upload Foto yang Sama di Instagram!

Berbicara mengenai platform media sosial, mungkin salah satunya yang saat ini berada di puncak adalah Instagram, dimana hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi ini. Berbagai fitur menarik seperti InstaStory dan InstaLive, hingga untuk sekedar mem-posting foto pun cukup digemari karena semakin banyak filter yang menarik.

Sayangnya, jika kita memang ingin meng-upload foto di Instagram, resolusinya ternyata akan sedikit dikurangi akibat ukurannya yang harus di-compressed.

Jika resolusinya akan sedikit dikurangi, apa yang akan terjadi apabila kita melakukan screenshot dan mem-posting foto yang sama secara berulangkali bahkan sampai puluhan kali?

Ternyata, hal ini pernah dilakukan oleh Pete Ashton, seorang seniman yang berasal dari Amerika Serikat.

Ashton ternyata juga merasa penasaran menyoal hal ini dan ia pun sudah menjalankan sebuah percobaan dengan melakukan screenshot dan di-upload hingga berkali-kali ke Instagram. Mengapa harus dengan melakukan screenshot? Karena, ia ternyata melihat kebiasaan para pengguna Instagram yang kerap melakukan screenshoot jika ingin melakukan share ulang atas sebuah foto di Instagram.

Begitulah, Instagram memang tidak memiliki fitur reshare yang official didatangkan oleh mereka sendiri.

Lantas, bagaimana hasil yang didapatkan oleh Ashton? Ternyata, hasilnya akan membuat foto yang di-posting secara berulang-ulang tersebut jadi cukup menyeramkan!

Seperti yang terlihat di atas, foto tersebut akan memiliki bintik-bintik kasar setelah awalnya memiliki gambar yang bagus dan bakal berakhir dengan bentuk yang cukup menyeramkan sehingga gambar aslinya pun hampir tak bisa terlihat lagi.

Mengapa demikian? Seperti yang telah disebutkan di awal artikel ini, gambar yang di-upload di Instagram akan di-compressed sehingga memiliki resolusi yang lebih rendah. Jika di-upload hingga berulang-ulang, maka resolusi yang terjadi pun akan semakin berkurang dan gambar pun akan semakin memburuk.

Jadi, dengan begini, kami merasa penasaran apakah Instagram ke depannya akan berniat untuk secara resmi mengeluarkan fitur save image atau reshare? Semoga saja begitu, ya.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top