REVIEW

Kumpulan Aplikasi Kesehatan Android & iOS di Indonesia (1)

Dikdok   24 Oct 2017
Kumpulan Aplikasi Kesehatan Android & iOS di Indonesia (1)

Kesehatan merupakan sebuah hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang di berbagai belahan dunia. Tidak heran, sektor kesehatan pun berkembang menjadi salah satu sektor yang berkembang dengan sangat pesat.

Salah satu perkembangan yang sangat terasa adalah kemudahan dalam mendapatkan informasi atau pun pelayanan kesehatan dengan menggunakan aplikasi smartphone. Dengan dukungan dari perkembangan teknologi tersebut, menjadikan setiap hal yang berhubungan dengan kesehatan menjadi mudah untuk diakses.

Lalu, apa saja aplikasi kesehatan yang ada di Indonesia, sih? Berikut adalah deretan aplikasi tersebut:

HaloDoc

HaloDoc merupakan salah satu aplikasi kesehatan di Indonesia yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan konsultasi dengan para dokter yang tergabung di layanannya. Untuk bisa melakukan konsultasi, HaloDoc memberikan tarif yang beragam, mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 120.000, tergantung dari keputusan para dokter yang telah tergabung di HaloDoc.

Alodokter

Alodokter merupakan sebuah layanan penyedia informasi yang terkait kesehatan. Mulai dari bermacam-macam penyakit, obat yang bisa digunakan untuk meredakan sakit tersebut, hingga tips untuk menjalankan hidup yang sehat. Selain memberikan informasi seputar kesehatan, Alodokter juga menyediakan layanan yang memungkinkan para penggunanya untuk bertanya langsung kepada para dokter melalui menu “Tanya.”

Dokter.id

Sama seperti Alodokter, Dokter.id merupakan sebuah situs yang menyediakan berbagai informasi seputar kesehatan dan juga layanan untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter. Namun, yang membedakan, Dokter.id menyediakan sebuah platform untuk melakukan pemeriksaan bagian tubuh yang sakit. Dengan menggunakan layanan tersebut, para pengguna akan dipandu untuk mengidentifikasi gejala penyakit yang muncul. Selanjutnya, Dokter.id akan memberikan identifikasi atas jenis penyakit yang dialami, beserta penjelasan singkat mengenai penyakit tersebut.

Klikdokter

Jika layanan konsultasi dan portal informasi kesehatan telah menjadi suatu hal yang umum untuk dimiliki oleh setiap layanan kesehatan yang berbasis smartphone, maka Klikdokter hadir dengan layanan yang serupa, namun juga menyediakan tambahan fitur direktori yang bisa dinikmati oleh semua pengguna. Fitur direktori ini menyediakan beragam informasi mengenai dokter, obat, rumah sakit hingga apotek yang berada di berbagai propinsi di Indonesia.

Selain itu, Klikdokter juga menyediakan sebuah kolom khusus yang dinamakan Klikmed, yang berisikan bermacam-macam artikel kesehatan dari dokter-dokter yang bekerjasama dengan Klikdokter.

Medika App

Medika App merupakan sebuah layanan pencarian dokter yang didasarkan pada lokasi dan keahlian yang dimilikinya. Melalui aplikasi ini, kalian bisa mengatur jadwal untuk melakukan pertemuan dengan dokter-dokter yang diinginkan guna keperluan konsultasi. Hingga saat ini, Medika App mengaku telah bekerja sama dengan empat puluh mitra, baik klinik mau pun rumah sakit yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Go Dok

Go Dok ialah sebuah platform yang memberikan layanan konsultasi kesehatan online dari para dokter, baik dokter umum mau pun dokter spesialis yang telah tergabung di dalamnya. Yang membuatnya berbeda dengan aplikasi lainnya, Go Dok memanfaatkan konten video untuk mengedukasi para pengguna yang memanfaatkan aplikasinya.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top