REVIEW

Inilah Daftar Aplikasi Gratis untuk Memperluas Ruang Penyimpanan (1)

Dikdok   24 Oct 2017
Inilah Daftar Aplikasi Gratis untuk Memperluas Ruang Penyimpanan (1)

Memunyai smartphone yang canggih, namun tidak mempunyai memori yang lega untuk menampung kecanggihan smartphone itu sendiri? Tenang saja! Kini, telah banyak layanan penyimpanan awan (cloud storage) yang dapat dapat kalian manfaatkan untuk menambah kapasitas penyimpanan kalian, lho.

Apa saja layanan tersebut? Marilah simak daftar aplikasinya di bawah ini:

Google Photos

Kapasitas penyimpanan gratis: Tak terbatas (khusus foto dan video)
Layanan premium: Tidak ada

Layanan penyimpanan khusus foto dan video milik Google ini merupakan layanan pertama yang Jurnal Apps masukkan ke dalam daftar aplikasi penyimpanan data. Tidak tanggung-tanggung lagi, Google bahkan menyediakan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas untuk para penggunanya, lho! Dengan menggunakan layanan ini, kalian bisa mengunggah foto mau pun video, bahkan dalam format berkualitas tinggi sekali pun.

Menariknya, bukan hanya bisa digunakan untuk menyimpan foto dan video saja, layanan ini juga bisa digunakan untuk melakukan edit foto, membagikannya ke pengguna lain hingga membuat album secara otomatis.

Flickr

Kapasitas penyimpanan gratis: 1 TB (khusus foto dan video)
Layanan premium: Tidak ada

Flickr menjadi aplikasi berikutnya yang masuk pada daftar kali ini. Sama halnya seperti Google Photos, aplikasi besutan Yahoo ini juga menghadirkan layanan penyimpanan yang dikhususkan untuk menyimpan koleksi foto dan video. Kapasitas yang diberikannya pun terbilang sangat besar, yaitu mencapai 1 TB

Layanan ini juga mendukung kemampuan sinkronisasi, sehingga setiap foto dan video yang diambil dengan menggunakan kamera smartphone akan tersimpan secara otomatis di layanan Flickr.

MEGA

Kapasitas penyimpanan gratis: 50 GB
Layanan premium: Mulai dari Rp 70.000 per bulan untuk 200 GB

Menyusul di daftar berikutnya adalah layanan penyimpanan milik MEGA. Layanan penyimpanan yang sebelumnya bernama Megaupload ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan foto, musik, video, serta dokumen-dokumen lainnya ke dalam ruang penyimpanan 50 GB yang diberikannya.

Layanan MEGA juga menyediakan opsi untuk berlangganan layanan premium, yaitu dengan membayar mulai Rp 70.000 per bulan untuk 200 GB ruang penyimpanan.

Microsoft OneDrive

Kapasitas penyimpanan gratis: 15 GB
Layanan premium: Mulai dari Rp 31.000 per bulan untuk 50 GB

Seperti para kompetitornya, Microsoft pun tidak ingin ketinggalan untuk menghadirkan layanan penyimpanan serupa. Dihadirkan dengan nama OneDrive (sebelumnya bernama SkyDrive), layanan ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB hanya dengan mendaftarkan diri sebagai pengguna.

Google Drive

Kapasitas penyimpanan gratis: 15 GB
Layanan premium: Mulai dari Rp 26.900 per bulan untuk 100 GB

Jika Jurnal Apps sebelumnya telah menjelaskan Google Photos sebagai layanan penyimpanan khusus foto dan video milik Google, maka Google ternyata masih memiliki layanan penyimpanan lainnya, lho! Diberi nama Google Drive, layanan penyimpanan ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan, tidak hanya foto dan video saja, namun juga berbagai dokumen lainnya.

Pada penyimpanan ini, Google memberikan ruang penyimpanan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Google Photos, yaitu hanya sebesar 15 GB. Namun, pengguna dapat memperbesar kapasitas ruang penyimpanan hingga mencapai 100 GB jika pengguna memutuskan untuk berlangganan layanan premium.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top