REVIEW

BlazBlue RR, Saat Game Fighting Disusupi IAP

Anduril   11 Oct 2017
BlazBlue RR, Saat Game Fighting Disusupi IAP

Kami sangat senang, game fighting masih hidup dan sehat. Mereka adalah genre klasik yang telah bertahan dalam ujian waktu. Buktinya, ada banyak waralaba yang dimulai sejak lama di arcade masih dan masih bersama dengan kita hingga saat ini.

Meski pun tidak setua Street Fighter, BlazBlue dari Arc System Works merupakan salah satu judul game fighting yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Seri yang merupakan penyederhanaan dari Guilty Gear ini akhirnya diterjemahkan ke gawai pintar. Sayang, game ini diplot gratis sehingga untuk mengambil untung, 91Act memasangi skema IAP (in-app purchases) yang paling buruk yang pernah kami lihat.

Seperti yang mungkin bisa kalian bayangkan, melakukan combo di udara yang rumit tidak akan berjalan dengan baik di layar sentuh, itulah sebabnya mengapa game ini disesuaikan dengan perangkat mobile.

Pemain awalnya akan mengendalikan Ragna, yang lebih dari cukup keren untuk memamerkan aspek terbaik dari BlazBlue. Gerakan dilakukan dengan cara menggerakkan kiri atau kanan pada tombol virtual, dan melakukan tap untuk melancarkan serangan. Kalian dapat melakukan swipe ke arah bawah untuk meluncurkan serangan ke arah bawah dan swipe ke arah atas untuk melakukan tebasan ke arah atas, dan gesek ke arah lurus untuk melakukan serangan dash. Dari dasar gerakan tersebut, pemain memiliki pilihan untuk melakukan swipe ke arah lain untuk menghubungkan serangan, atau langsung mengganti arah.

Kontrol di atas itu jelaslah cepat, menyenangkan, dan intuitif, serta semua combo yang muncul di layar akan membuat kalian merasa layaknya menjadi pemain pro. Sebenarnya, game ini tetap memiliki movelist sehingga kalian tidak bisa melakukan tap atau swipe secara random untuk menghasilkan combo. Sehingga, ada elemen game fighting yang masih berperan di sini.

Kalau boleh jujur, combo-combo di game ini cenderung gampang. Kemudian, jalan cerita yang disuguhkan juga sangat lemah sehingga kalian mungkin akan melewati semua cerita yang disuguhkan untuk kemudian langsung melawan NPC biasa yang terbilang lemah dan sederhana. Hanya para bos yang menawarkan pertarungan yang cukup menarik, tetapi tetap sederhana kalau dibandingkan dengan BlazBlue aslinya.

Karena, ini game gratis maka kalian akan menemukan upgrade kemampuan dan kekuatan yang ujung-ujungnya menggunakan IAP. Pemain akan berhadapan dengan energi, diamond, coin, dan berbagai mata uang lainnya. Diamond dihargai US$1 per 50 diamond. Untuk mengembalikan energi, kalian membutuhkan 50 diamond. Selain masalah energi, kalian juga diharuskan melakukan grinding untuk mendapatkan upgrade terbaik untuk karaktermu. Mau tidak mau energimu akan sering habis.

Setelah melihat segala IAP di atas, kalian nyatanya juga akan kembali dihadapkan dengan sistem VIP layaknya aplikasi-aplikasi buatan negara Tiongkok. VIP ini akan membuka level, energi, berbagai aktivitas, dan quest. Selain itu, VIP tersebut dibutuhkan untuk membuka karakter tertentu yang tidak bisa kalian beli dengan begitu saja.

Untuk memperburuk keadaan, ada bonus login harian yang sangat condong ke arah untuk mendaftar dan menghubungkan Facebook kalian ke dalam game (ada kemungkinan resiko untuk kehilangan data), dan papan rank yang kebanyakan diisi oleh para pemain dengan kantung tebal yang menghabiskan uang mereka untuk sebuah adaptasi tidak sempurna di gawai pintar mereka.

Jika kalian bermain sendiri dan dapat menahan keinginan untuk memompa uang riil ke dalam sistem energi, maka kalian akan baik-baik saja. Selain itu, kalian perlu menghela nafas panjang lagi begitu melihat daftar karakter yang tidak sampai setengahnya. Kalau kalian tidak bermasalah dengan semua itu, BlazBlue RR mungkin adalah game untuk kalian.

Terlepas dari semua hal buruk yang terlihat di permukaan, game ini sebenarnya bisa menjadi pintu gerbang bagi pemain untuk memainkan seri aslinya. Dalam hal ini, artwork yang keren, soundtrack yang yahud, dan banyaknya karakter yang tersedia, bisa menjadi salah satu pemicunya. Bila pada akhirnya game ini berhasil membawa satu orang untuk bermain BlazBlue asli, jelaslah bahwa itu menjadi sebuah kemenangan di tengah kekalahan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top