REVIEW

Saatnya Membangun Kota Makanan Impian dalam Foodpia Tycoon

by Andy Chan | 10 Oct 2017
Saatnya Membangun Kota Makanan Impian dalam Foodpia Tycoon

Foodpia adalah sebuah kota cantik yang penuh dengan berbagai toko makanan lezat, seperti restoran ayam goreng Tasty Chicken, tempat burger yang bernama King's Burger, juga ada Pizza Masters, restorannya ahli pizza, Cafe Sunshine untuk bersantai, tempat es krim Sweet Mountain, sampai ke rumah makan ramen bernama Amazing Ramen. Semuanya terdapat dalam kota impian Foodpia.... Apa!? Kotanya masih kosong? Tidak ada restoran sama sekali? Wah, memang benar, karena semua itu adalah tugas Anda sebagai pemilik restoran-restoran tersebut untuk membangun Foodpia menjadi sebuah kota makanan impian dalam game Foodpia Tycoon buatan StormX ini.

Pada dasarnya, Foodpia Tycoon merupakan sebuah game incremental yang mirip dengan game clicker. Namun, pemain di sini akan lebih pasif, hanya perlu menunggu sampai uang dimunculkan, lalu mengklaimnya dengan cara menyentuh lambang koin di atas restoran.

Permainan dimulai dengan pemain membuka sebuah restoran ayam goreng bernama Tasty Chicken. Seperti yang sudah disebutkan, pemain hanyalah perlu menunggu sampai penghasilan dari restoran tersebut dimunculkan dalam bentuk koin, lalu menyentuh koin tersebut untuk mendapatkan uang. Setelah terkumpul uang dalam jumlah yang lebih banyak, pemain pun bisa membuka restoran-restoran lainnya, dan bisa melakukan upgrade pada restoran yang sudah dimiliki.

Apabila pemain berhasil melakukan upgrade pada sebuah restoran hingga mencapai level tertentu, maka restoran tersebut akan menghasilkan uang dengan dua kali lebih cepat, dan nantinya juga akan bisa mengaktifkan fitur yang bernama auto-collect, alias tidak lagi perlu menyentuh koin di atas restoran untuk mendapatkan uang karena akan terkoleksi secara otomatis.

Seperti yang sudah sempat disebutkan, tersedia sebanyak sepuluh macam restoran untuk dibangun dan di-upgrade oleh pemain, yaitu Tasty Chicken, King's Burger, Pizza Masteres, Cube Bakery, Mama's Kitchen, Real Mexico, Cafe Sunshine, Sweet Mountain, Giant Hot, dan Amazing Ramen. Masing-masing restoran memiliki penghasilan berbeda-beda. Semakin tinggi penghasilan restoran tersebut, maka semakin lama juga proses untuk uang tersebut dimunculkan.

Di samping melakukan upgrade restoran, tersedia juga upgrade bisnis yang bisa menghasilkan uang dalam jumlah lebih banyak per restoran. Selain itu, juga bisa menyewa seorang koki untuk meningkatkan produksi restoran, dan juga membeli resep makanan. Sayangnya, untuk menyewa koki bakal dibutuhkan uang yang luar biasa banyak jumlahnya, sementara resep makanan hanyalah bisa didapatkan lewat sebuah sistem gacha yang menggunakan mata uang premium Ruby.

Foodpia Tycoon memiliki tampilan yang cukup sederhana. Kota direpresentasikan dengan bangunan-bangunan restoran milik pemain yang memiliki kepala yang besar di atasnya. Terlihat pula, jalanan yang dilalui oleh mobil-mobil, dan terkadang ada pesawat capung yang lewat dengan membawa spanduk terbang. Semuanya itu dianimasikan dengan imut. Semakin tinggi level restoran milik pemain, maka akan semakin mewah pula tampilan restoran tersebut.

Sesekali, pemain akan bisa mendapatkan yang namanya Party Time, dimana gameplay-nya mendadak berubah menjadi sebuah game clicker, pemain harus mengklik dengan sebanyak mungkin dalam waktu terbatas untuk menghasilkan uang. Sayangnya, meski pun tampilan Party Time ini menunjukkan gelegar heboh, lagu dan efek suaranya tetaplah terdengar kalem sehingga mengurangi rasa gregetnya.

Seperti game sejenisnya, Foodpia Tycoon juga merupakan sebuah game free-to-play yang bisa dimainkan di mana pun, karena game-nya tidak membutuhkan koneksi Internet sama sekali. Iklan hanya akan muncul apabila pemain memintanya, biasanya ketika ingin melipatgandakan bonus. Sedikit mikrotransaksi disediakan untuk membeli mata uang premium berupa Ruby. Namun, Ruby ini sebenarnya cukup mudah untuk didapatkan. Setiap hari, ada Ruby gratis. Ditambah dengan iklan yang dibawa pesawat capung yang kalau disentuh terkadang bakal memberikan Ruby. Selain itu, juga ada Quest dan Achievement yang menghasilkan Ruby apabila dilakukan. Mudah sekali.

Mirip dengan game clicker lainnya, ada yang namanya "Membuka Cabang Baru" di Foodpia Tycoon yang sebenarnya adalah melakukan reset untuk mendapatkan bonus lebih tinggi, tergantung dari Fame yang sudah didapatkan ketika memainkan game sebelumnya. Reset ini akan menghilangkan bisnis yang sudah dimiliki, berikut upgrade-upgrade dan uang yang telah dimiliki pemain. Syarat untuk bisa membuka cabang baru adalah mencapai 100 Fame, yang boleh dibilang bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan.

Secara garis besar, Foodpia Tycoon bukanlah game Tycoon yang sesungguhnya, melainkan sebuah game incremental yang sederhana, dikemas dalam menu makanan dengan grafis yang imut. Jika kalian mengharapkan sebuah game tycoon sesungguhnya, maka kalian pastilah akan kecewa. Namun, bagi kalian yang menginginkan variasi lain dari game clicker yang membanjiri Play Store, maka Foodpia Tycoon akan terasa lumayan menarik untuk dicoba.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top