TIPS

Selain Transfer Data, Inilah 5 Fungsi USB OTG di Smartphone

Ayu Handayani   10 Oct 2017
Selain Transfer Data, Inilah 5 Fungsi USB OTG di Smartphone

Tren USB OTG (On The Go) mungkin memang sudah lewat masanya. Bagi kalian yang sebelumnya tidak sempat tahu, USB OTG ini berfungsi untuk langsung bisa membaca data dan mentransfer data secara langsung dengan disambungkan ke smartphone Anda, tanpa perlu dilakukan lewat PC. Namun, USB OTG ini ternyata tidak hanya memiliki fungsi untuk melakukan transfer data saja, lho.

Berikut adalah fungsi-fungsi lainnya yang bisa Anda manfaatkan.

1. Menghubungkan Portable CD Player

Jika Anda ingin membaca file yang berasal dari CD namun tidak memiliki akses dengan PC di sekitar Anda, jangan khawatir. USB OTG ini bisa Anda andalkan. Anda hanya perlu menyambungakannya dengan smartphone Anda yang memiliki fitur USB OTG dan isi dari CD tersebut pun bisa langsung terbaca oleh smartphone Anda.

2. Menambah Memori Smartphone Anda

Jika Anda merasa memori smartphone Anda tidak memiliki memori yang cukup, maka USB OTG dapat menjadi alternatif penambah memori smartphone dengan mudah. Gunakanlah Adoptable Storage pada smartphone Android yang memiliki versi Marshmallow agar USB OTG tadi bisa digunakan sebagai memori tambahan.

3. Menjadikan Ponsel sebagai Powerbank

Siapa yang pernah menyangka bahwa USB OTG ini bisa mejadi powerbank dalam keadaan darurat bagi gadget milik Anda yang lainnya. Anda hanyalah perlu menyambungkan perangkat Anda tadi ke smartphone untuk mengisi daya. Anda juga bisa membaca file-file pada perangkat milik Anda yang lainnya melalui smartphone tadi.

4. Menyalakan Kipas Angin Portable

Anda pasti mengetahui ada jenis-jenis kipas angin portable yang bisa Anda sambungkan dengan smartphone menggunakan USB OTG ini. Cara tersebut bakal memampukan Anda untuk menggunakan smartphone sebagai pengganti listrik. Praktis, bukan? Jadi, ketika Anda sedang kegerahan di transportasi umum atau pun ketika sedang mati lampu, tetap bisa memakai kipas angin tanpa membutuhkan colokan listrik atau pun port USB.

5. Webcam Eksternal

Jika kamera smartphone Anda tidak terlalu bagus, maka Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan webcam yang dihubungkan ke ponsel menggunakan USB OTG ini. Cara tersebut memang bakal membutuhkan bantuan aplikasi ketiga, yaitu Camerafi, untuk mengakali konektivitas yang bakal terjadi. Tapi, dengan begitu, Anda jadi memiliki amunisi yang lebih banyak untuk fotografi praktis.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top