REVIEW

Deemo, Game Rhythm yang Bercerita

by EstuPW | 09 Oct 2017
Deemo, Game Rhythm yang Bercerita

Game dengan genre musik cukup jarang untuk ditemui di App Store. Jadi, begitu ada sebuah game musik dari developer yang cukup ternama, maka game tersebut biasanya akan mendapatkan perhatian yang besar, seperti Deemo dari developer Rayark, yang sebelumnya merilis Cytus dan Voez.

Deemo merupakan sebuah game musik dengan cara bermain yang sederhana. Not-not musik akan berjatuhan dari atas, dan tugas kalian adalah melakukan tap pada not-not musiktersebut ketika mencapai garis yang berada di bawah layar. Jika kalian terlalu cepat atau terlalu lambat untuk melakukan tap, maka kalian akan memutuskan kombo yang telah kalian bangun. Namun, Deemo untungnya memiliki toleransi yang terbilang tinggi, karena jika kalian terlalu cepat namun not musik masih berada dekat dengan garis maka tetap akan dihitung sebagai kombo.

Fokus dari Deemo sendiri adalah permainan piano yang indah, sehingga kalian akan memainkan piano sepanjang game. Hal ini yang membuat tipe tap-nya tidak banyak. Ya, hanya ada dua tipe tap, yaitu tap biasa dan slide.

Jika kalian berhasil melakukan tap pada not di saat yang tepat (charming hits), maka kalian dapat melihat statistiknya di akhir sebuah game. Namun, game ini tidak dibuat supaya kalian harus mengumpulkan score dan juga melakukan tap pada saat yang tepat. Karena, Deemo mampu membuat kami jadi terfokus pada keindahan dentingan piano dan musiknya tanpa harus memikirkan mengenai score dan detil-detil lainnya.

Hal ini didukung dengan sinkronisasi not yang baik. Jadi, antara lagu dengan not yang turun dari atas layar mempunyai timing dan juga pola yang sama, sehingga terasa seperti memainkan lagunya secara langsung di atas piano. Kalian nantinya pun akan jauh menikmati game ini setelah memainkan sebuah lagu sebanyak beberapa kali dan menghafalkan ritme lagunya.

Bagi yang sudah lebih mahir, juga akan tetap dapat terlayani, karena game ini menggunakan tiga tingkat kesulitan yang berbeda di jumlah not yang harus di-tap. Selain itu, juga masih ada tingkat kecepatan dari satu sampai sembilan, sehingga kalian akan terus dapat berlatih. Mulai dari yang mudah sampai akhirnya cukup mahir untuk memainkan lagu-lagu yang sulit dengan kecepatan penuh.

Deemo memiliki presentasi yang terbilang luar biasa, karena game ini menggunakan jalan cerita dan animasi pendek di sepanjang gamenya. Memang tidak mempengaruhi apa-apa, namun cukup menyegarkan untuk melihat ada selipan yang tidak biasa di game dengan genre seperti ini.

Game ini memiliki koleksi lagu yang beragam, mulai dari sebuah piano solo yang mellow sampai dengan lagu-lagu pop dengan vokal yang cukup berirama. Tapi, semuanya itu tetap memiliki sebuah kesamaan, yaitu memiliki bagian piano yang dominan.

Deemo merupakan game yang sederhana namun kami sangat menyukainya, karena lagu-lagu dan pilihan tempo serta genrenya cukup beragam. Bagi kalian yang pengguna Android dan menyukai genre musik atau rhythm, Deemo adalah game yang tidak boleh dilewatkan terutama karena game ini tersedia secara gratis. Nah, kami sekarang mohon pamit karena harus kembali melatih jari-jemari kami di atas piano virtual Deemo demi bisa mendengarkan lagu favorit kami, yakni Rondo for 97 Keys.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top