TIPS

Musim Hujan Tiba, 5 Aplikasi Ini Wajib Ada di Smartphone-mu

by Bruno Mukti | 09 Oct 2017
Musim Hujan Tiba, 5 Aplikasi Ini Wajib Ada di Smartphone-mu

Musim hujan telah tiba. Ini merupakan berkah dari alam untuk penduduk Bumi, khususnya yang berada di bagian Indonesia. Bagaimana pun juga, ini harus disyukuri, walau memang terkadang merepotkan untuk beberapa orang yang butuh untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

Begitulah, hujan sendiri memang tak bisa dihindari, namun setidaknya bisa dihadapi dengan beberapa aplikasi ini. Nah, berikut adalah 5 aplikasi yang wajib ada di smartphone kalian saat musim hujan tiba.

1. Aplikasi Google Now

Jika kalian adalah pengguna smartphone Android, maka aplikasi ini sebenarnya sudah ada dan tertanam di smartphone kalian dari awal kalian memilikinya. Aplikasi ini sangat berguna bagi penggunanya dalam memberikan informasi terkait yang ada di sekitar kalian.

Beberapa informasi tersebut, seperti prakiraan cuaca, kondisi jalan raya, bahkan ada beberapa saran untuk kalian yang ingin menanyakan sesuatu. Aplikasi ini tidak ekslusif untuk para pengguna ponsel dengan sistem operasi Android saja. Sebab, para pengguna iOS juga bisa mengaksesnya. Hanya saja, mereka baru akan bisa melakukan melalui browser milik Google, yaitu Chrome.

2. Aplikasi Prakiraan Cuaca

Aplikasi ini juga hampir sama dengan aplikasi Google Now. Biasanya, pada ponsel-ponsel pintar sekarang ini, telah disematkan aplikasi tersebut pada ponselnya. Hanya saja, memang perlu untuk diatur terlebih dahulu demi bisa menggunakannya. Namun, jika ada yang belum memilikinya di dalam ponselnya, sebenarnya ada banyak sekali aplikasi seperti ini di toko aplikasi di setiap OS.

Mengapa aplikasi ini begitu penting? Sebab, dengan mengetahui prakiraan cuaca yang akan terjadi di sekitar, kalian setidaknya bisa memprediksikan kapan saat yang tepat bagi kalian harus keluar rumah atau beraktivitas di luar rumah. Dengan begitu, kalian bisa menyiapkan payung sebelum hujan. Beberapa aplikasi prakiraan cuaca yang cukup bagus adalah AccuWeather, Info BMKG, dan Siaga Banjir.

3. Aplikasi Transportasi Online

Jika kalian bertinggal di kota-kota besar, aplikasi seperti ini sepertinya sudah tertanam dalam ponsel pintar kalian. Terlebih lagi, memang ini tak hanya digunakan sewaktu hujan saja. Banyak pengguna juga yang menggunakannya secara harian.

Mengapa aplikasi ini begitu penting, sebab ini bisa menolong kalian pada saat hujan tiba-tiba datang di waktu yang kurang tepat. Beberapa aplikasi transportasi online yang disarankan, seperti Go-Jek, Grab, dan Uber.

4. Aplikasi Peta dan Navigasi

Aplikasi ini begitu penting, terlebih lagi jika hujan sudah melanda. Karena, di beberapa titik akan menyebabkan kemacetan. Belum lagi jika ditambahkan dengan banjir, maka akan semakin memperburuk keadaan.

Dengan menggunakan aplikasi seperti Google Maps, atau Waze, ini akan sangat membantu sekali agar kalian bisa tiba di tujuan dengan lebih cepat, dan bisa menghindari kemacetan.

5. Aplikasi Jejaring Sosial

Selain 4 aplikasi di atas, jejaring sosial juga merupakan aplikasi yang penting untuk mendapatkan informasi di sekitar. Apalagi di Indonesia, setiap orang begitu cepat untuk memberikan update situasi sekitar.

Aplikasi yang bisa dijadikan patokan untuk mendapatkan update secara cepat adalah Twitter. Kalian bisa mengikuti akun-akun khusus yang ada di daerah kalian, yang akan selalu memberikan informasi terbaru dari keadaan sekitar.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top