REVIEW

Jahatnya Stair Dismount Ini, Bikin Kita Ingin Mendorong Orang Jatuh dari Tangga

by Andy Chan | 09 Oct 2017
Jahatnya Stair Dismount Ini, Bikin Kita Ingin Mendorong Orang Jatuh dari Tangga

Apakah kalian memiliki seseorang yang benar-benar kalian benci? Ingin ada sesuatu yang buruk yang sesekali terjadi padanya tanpa ada karma atau apa pun yang balik menghantuimu? Kini, telah hadir Stair Dismount, sebuah game simulasi ragdoll 3D dimana pemain bisa dengan tenangnya mendorong seseorang untuk jatuh dari tempat yang tinggi, dan melihatnya mengalami berbagai macam kerusakan tubuh.

Memang, game Stair Dismount buatan Secret Exit ini memiliki konsep yang termasuk sadis. Sampai-sampai, mereka pun memberikan disclaimer di awal game bahwa Tangga (stair) dan Turun (Dismount) bukanlah sebuah kombinasi yang sebaiknya dilakukan di dunia nyata. Tapi, harus diakui, ada kesan tersendiri untuk melihat seseorang yang jatuh dari ketinggian, terutama jika orang tersebut merupakan orang yang dibenci.

Tapi, jangan khawatir, karena pemain di dalam game ini dilarang untuk mendorong manusia asli untuk jatuh dari suatu tempat, karena yang didorong sebenarnya adalah sebuah ragdoll berbentuk mannequin saja. Mannequin ini memiliki berbagai anggota tubuh yang bisa bergerak secara bebas sesuai dengan ragdoll manusia.

Pengendalian permainan di sini sangatlah sederhana. Pemain akan diberikan tampilan sebuah mannequin yang sedang berdiri, kemudian harus menentukan pemain akan menghantam mannequin tersebut dari sisi sebelah mana. Setelah itu, pemain diberikan sebuah meteran untuk menentukan hantaman tersebut akan dilakukan dengan seberapa keras.

Selepas menghantam mannequin tersebut, pemain pun akan tidak memiliki kendali lagi terhadap permainan. Yang bisa dilakukan, hanyalah memanipulasi kamera saja untuk melihat bagaimana nasib dari ragdoll mannequin tersebut saat jatuh dari tangga dan memperhatikan apa saja yang terjadi padanya. Apakah itu patah tangan, patah kaki, tengkorak retak, dan sebagainya, yang ditampilkan sebagai icon di samping layar.

Semakin banyak kerusakan yang dialami oleh ragdoll mannequin tersebut, maka semakin tinggilah skor yang bisa didapatkan oleh pemain. Ada batasan waktu selama 60 detik dalam mendapatkan skor ini, dan apabila mannequin-nya sudah jatuh terkapar tidak bergerak lagi, maka hitungan skor pun akan selesai dengan sendirinya. Di sinilah, sisi kreatif pemain ditantang untuk menghancurkan ragdoll mannequin tersebut agar bisa mendapatkan skor tertinggi.

Mannequin itu sendiri bentuknya, yah... Seperti ragdoll mannequin biasa saja yang digunakan untuk tes kecelakaan. Namun, pemain bisa sedikit mengkustomisasi penampilannya dengan menambahkan foto yang ada di ponsel untuk dijadikan wajah dari mannequin tersebut. Jadi, kembali ke pembahasan di awal artikel ini lagi, ada seseorang yang Anda benci? Pasanglah foto dari mukanya ke mannequin tersebut, dan lakukanlah kerusakan sebanyak mungkin kepada "diri"-nya.

Secara grafis, Stair Dismount ini memiliki tampilan yang sangat blocky. Berbagai macam stage yang disediakan bakal direpresentasikan secara sederhana, namun cukup mewakili apa saja yang ingin diperlihatkan. Misalnya, ada stage yang meniru game Donkey Kong, juga ada stage yang merepresentasikan roda tikus yang asyik untuk dimainkan. Tampilan lingkungan di dalam stage tidaklah statis, beberapa stage bisa bergerak, seperti misalnya pada stage Donkey Kong tersebut, ada drum yang menggelinding, dan sebagainya. Ini masih ditambah dengan suara "krak" dari tulang retak yang membuat kita jadi ikut merasa ngilu.

Stair Dismount merupakan sebuah game free-to-play yang bebas iklan. Namun, sebagai gantinya, hampir semua fitur di dalam game ini dikunci di balik pembayaran uang asli. Ingin menggunakan mannequin lain di samping yang default? Belilah mereka dengan menggunakan uang asli. Ingin memainkan beberapa stage premium? Tentu saja, harus membelinya terlebih dahulu dengan uang asli.

Tapi, jangan khawatir, karena kalian tanpa membayar apa pun masihlah tetap bisa menikmati game-nya, karena sudah disediakan cukup banyak stage-stage gratisan di sini. Sayangnya, untuk karakter, hanyalah tersedia dua saja, yakni satu ragdoll mannequin pria bernama Mr. Dismount, dan satu lagi adalah sosok gendut maskot Android yang bernama Dr. Oid.

Well, Stair Dismount sebenarnya sangat asyik untuk dimainkan. Apalagi, game-nya memiliki loading time yang sangat cepat, dan tidak membutuhkan Internet untuk dimainkan. Tapi, sayang sekali, game-nya banyak memblokir konten tanpa ada cara untuk mendapatkannya sama sekali selain membelinya dengan uang asli. Tapi, game-nya sendiri cukup asyik untuk mindless fun sambil menyiksa ragdoll mannequin dengan foto wajah dari orang yang kalian benci.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top