REVIEW

Battle Champs, Clash of Clans Bergaya Jepang

julius   09 Oct 2017
Battle Champs, Clash of Clans Bergaya Jepang

Pastinya, kalian pernah memainkan game Clash of Clans (CoC) atau game-game bergenre base building strategy lainnya. Salah satu developer game asal Jepang Cygames, Inc, yang sebelumnya mengembangkan card game bergaya anime Shadowverse, kali ini telah menghadirkan game yang serupa dengan CoC berjudul Battle Champs, dan tentunya dikemas dengan nuansa anime yang sangat kental. Lantas, apa yang membedakan game yang satu ini dengan game-game lainnya yang sejenis?

Salah satu yang terawal dapat dilihat dari latar basecamp-nya yang berbeda. Pada Battle Champs, basecamp milik pemain berada di atas sebuah kapal berukuran raksasa. Tampilan sprite dari karakter-karakter yang berujud chibi dalam game ini juga terlihat lucu. Sementara mekanisme pertempuran PvP mau pun PvE di dalamnya terasa hampir serupa dengan yang ada dalam kebanyakan game sejenis. Bedanya, unit-unit yang hadir pada game Battle Champs bersifat permanen. Kalian tidak perlu untuk melakukan training terhadap unit-unit baru jika unit-unit kalian sampai gugur dalam pertempuran.

Untuk menaikkan grade (morph) atas unit-unit yang kalian miliki, kalian diharuskan untuk mengumpulkan bahan-bahan tertentu. Bahan-bahan tersebut bisa kalian dapatkan pada story mode atau excursion mode. Yang perlu diperhatikan sebelum meningkatkan grade unit, level unit haruslah sudah maksimum, dan pastinya, semakin tinggi grade yang dimiliki oleh unit maka semakin banyak resource yang bakal dibutuhkan untuk meningkatkan level/grade. Oleh karena itu, untuk para pemain baru, disarankan untuk membangun dan menaikkan level resource generator, storage serta menaikan level core terlebih dahulu.

Dalam pasukan kalian, akan terdapat avatar (atau, yang biasa disebut sebagai heroes di game-game sejenis). Avatar ini merupakan unit dengan proporsi lebih besar dari unit-unit lain, tapi hanya diperbolehkan untuk memiliki 1 avatar saja dalam pasukan kalian. Untuk meningkatkan skill level dari avatar ini dibutuhkan resource yang sangat banyak. Skill tersebut tidak hanya akan meningkatkan level saja, karena bangunannya pun juga demikian. Totalnya, ada 6 avatar yang bisa kalian pilih tapi tentunya hal ini bukan langsung bisa berlaku di awal permainan, lho. Jika avatar kalian sampai gugur dalam pertempuran, maka kalian akan mumbutuhkan waktu selama 90 menit agar HP avatar tersebut bisa penuh kembali, atau kalian dapat membayarkan sebanyak 25 ruby agar HP-nya bisa langsung penuh di saat itu juga.

Untuk game mode dalam Battle Champs, terdapat Tournament (PvP); campaign atau story mode; excursion mode, dimana terdapat limited time quest; giant mode, yang membuat kalian mesti bekerjasama dengan player lain untuk mengalahkan monster, dan reward yang akan didapat berdasarkan total damage yang bisa kalian hasilkan; serta team trial mode, yang mana kalian juga akan bekerjasama dengan player lain untuk menyelesaikan satu area.

Biar pun tidak ada yang berbeda secara gameplay dari game sejenisnya, desain dari karakter/unit yang lucu dan menarik bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi game ini. Jadi, bagi kalian yang ingin menjajal genre base building strategy dan menyukai anime mungkin bisa mulai mempelajari genre ini dengan memainkan Battle Champs di smartphone atau gadget lainnya yang kalian miliki.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top