TIPS

Mengapa Media Sosial Berbahaya bagi Hubungan Rumah Tangga?

Dwi K   08 Oct 2017
Mengapa Media Sosial Berbahaya bagi Hubungan Rumah Tangga?

Pada dasarnya, tujuan dari adanya media sosial adalah keinginan untuk memperpendek jarak, waktu, dan tenaga kita untuk berkomunikasi dengan teman, kerabat, dan keluarga. Tetapi, pada kenyataanya, banyak yang tidak menyadari bahwa betapa luas, besar, dan publiknya media sosial itu sehingga malah jadi menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh.

Hubungan rumah tangga antara para suami dan para istri pun bisa terpengaruh akibat adanya media sosial tersebut. Pengaruh yang positif mungkin akan banyak membantu, tetapi bukan berarti tidak bakal ada pengaruh yang negatif juga.

Berikut ini adalah alasan mengapa media sosial nyatanya berbahaya bagi hubungan rumah tangga.

Perhatian menjadi berkurang akibat media sosial

Kita harus ingat bahwa smartphone bisa membuat kita jadi kecanduan. Apalagi jika ditambah dengan media sosial. Kita disibukkan dengan mem-posting foto, chatting, dan browsing timeline untuk mengisi waktu kita. Tetapi, akibat dari itu jika sampai dilakukan secara berlebihan, maka orang-orang di sekitar kita malah jadi terabaikan. Hal ini tentunya tidaklah baik bagi hubungan antara suami dan istri. Miskomunikasi yang timbul akibat kurangnya perhatian antar satu sama lain menjadi problem yang akan selalu ada.

Mungkin ada banyak dari kalian yang melihat pasangan yang terlalu sibuk dengan handphone pada saat mereka berjalan-jalan di mall atau pun saat sedang makan?

Terlalu Sering Memantau Pasangan

Media sosial memungkinkan kita untuk melihat keseharian seseorang, dari saat ia membuka mata bahkan sampai waktunya untuk tidur lagi. Postingan di Facebook, live di Instagram, hingga kicauan-kicauan di Twitter membuat kita jadi mengetahui apa saja keseharian dari pasangan kita, sehingga sudah tidak perlu ada bahan obrolan lagi atau kita sudah cukup merasa tahu tentang kegiatan pasangan kita, lalu hasilnya jadi malas untuk mengobrol antar satu sama lain.

Terlalu Aktif di Media Sosial

Media sosial membuat kita terkadang membagikan hal-hal yang biasanya tidak perlu kita perlihatkan kepada orang lain. Mungkin hanya karena terdorong keinginan untuk meraih like atau memang hanya sekedar ingin share sesuatu saja. Tetapi, jika hal itu juga diterapkan dalam hubungan rumah tangga, maka pasangan kita terkadang mungkin aka merasa hak eksklusifitas yang dimilikinya sebagai partner kita jadi terasa hilang. Sehingga, pada akhirnya seringkali menjadi semacam bahan kecemburuan yang sebenarnya tidak perlu. Komunikasi pun akan berkurang, karena kita merasa memang sudah sharing moment tersebut di media sosial.

Kita Jadi Haus Perhatian

Tidak bisa dipungkiri, kita akan merasa senang jika postingan kita mendapatkan like atau komentar dari netizen, apalagi yang bernada positif. Ternyata, hal ini juga bisa membuat kita jadi mengalami semacam kecanduan. Akibatnya, kita merasa kurang terpuaskan dengan perhatian yang berasal dari pasangan kita, yang mungkin sebenarnya juga menjadi kurang perhatian akibat kecanduan media sosial itu sendiri.

Membanding-bandingkan Hubungan dengan Hubungan Orang Lain

Setiap pasangan mempunyai tipe hubungan yang berbeda-beda. Ada yang gemar memasak, olahraga, dan traveling. Juga, ada pasangan yang sepertinya selalu terlihat bahagia di setiap postingan mereka, seakan-akan rumah tangga mereka itu tidak pernah ada masalah. Padahal, semua itu belumlah tentu benar adanya. Tetapi, kita di sini bisa jadi akan membanding-bandingkan kualitas hubungan kita dengan hubungan orang lain sehingga akan muncul semacam ketidakpuasan yang mungkin akan bisa berakibat buruk bagi hubungan rumah tangga.

Asumsi

Setiap orang mempunyai masa lalu, dan masa lalu itu terkadang bisa muncul kembali sewaktu-waktu. Mungkin, pasangan Anda mendadak kembali melakukan kontak dengan mantan pacarnya di saat sekolah dulu dan Anda pun jadi langsung berasumsi yang negatif. Padahal, mereka mungkin hanyalah menjalin silaturahmi atau sedang merencanakan reuni bersama teman-teman mereka saja.

Terlalu Memperhatikan Kehidupan Orang Lain, Mengabaikan Kehidupan Pribadi

Terlalu banyak menggunakan media sosial membuat kita jadi terlupa bahwa kita juga mempunyai kehidupan pribadi, dan kita pun malah hanya jadi terfokus dengan kehidupan orang lain. Bagi yang sudah berpasangan, tentunya hal ini bisa berada di taraf yang kurang baik hingga bahkan yang tidak baik. Komunikasi lama-kelamaan akan menjadi berkurang sehingga menciptakan adanya masalah yang baru.

Oleh karena itu, media sosial memang banyak manfaatnya tetapi bisa menimbulkan banyak masalah juga. Jauhkanlah diri dari keburukan media sosial dan ambil kebaikannya saja untuk meningkatkan kualitas hubungan dalam berumah tangga dengan pasangan. Dan, yang terpenting, janganlah terlalu berlebihan dalam melibatkan diri dengan media sosial.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top