TIPS

Ingin Menggunakan AirBnb? Mesti Simak Tips ini!

Dwi K   08 Oct 2017
Ingin Menggunakan AirBnb? Mesti Simak Tips ini!

AirBnb memang salah satu platform yang sedang menjadi hits bagi kita yang senang untuk bepergian dan berlibur. Begitulah, AirBnb telah menjadi semacam tempat menginap alternatif di samping hotel yang lebih terjangkau secara keuangan dan mempunyai fasilitas yang terbilang tidak kalah dari hotel.

Di sini, kita bisa menyewa kamar, rumah, atau pun villa dengan harga yang relatif miring.

Memang, apa saja tips-tips yang mesti diperhatikan sebelum kita menyewa AirBnb, sih?

Lihat dan Perhatikan Foto-foto Calon Tempat Menginap

Mungkin hal ini tidak akan sampai dilewatkan karena foto-foto adalah hal yang terlebih dulu akan kita lihat untuk pertama kalinya. Di sini, kita janganlah hanya sekedar melihat-lihat saja, tetapi juga memperhatikan detil-detil dari kamarnya. Dari kamar tidur, kamar mandi, dapur hingga layout ruangan jika ada, haruslah kita perhatikan. Apakah cocok atau tidak dengan kebutuhan kita selama menginap di sana?

Baca Deskripsi dan Peraturan dengan Seksama

Biasanya, jika kita sudah merasa cocok dengan foto-fotonya, kita langsung buru-buru mem-book tempat menginap tersebut. Padahal, kita pun harusnya terlebih dahulu mengetahui seperti apa peraturan yang diterapkan di sana. Misalnya, jika kita ingin menginap di sana dengan teman-teman sekantor. Ternyata, di sana tidak diperbolehkan lebih dari 4 orang untuk menginap walau pun ukuran ruangannya besar. Tentunya, rencana yang sudah dipersiapkan malah jadi berantakan, bukan?

Oleh karena itu, kita harus terlebih dahulu mengetahui seperti apa peraturan dan deskripsi atas tempat tersebut.

Cermati Review dan Testimoni

Review biasanya berisikan testimoni dari para penyewa sebelumnya. Di sini, kita bisa menggali informasi-informasi atas pengalaman mereka pada saat menyewa tempat tersebut yang tidak akan bisa kita lihat dari sekedar foto-foto saja. Misalnya, airnya ternyata sering mati atau klosetnya sering mampat. Terkadang, review atau testimoni ini juga berisikan tips-tips untuk mencari alamat atau pun angkutan umum untuk bisa mencapai tempat tersebut.

Cek Lokasi

Biasanya, kita menyewa AirBnb di saat kita akan berkunjung atau pun berwisata ke suatu lokasi. Nah, kita di sini perlu mengecek apakah calon tempat menginap kita tersebut sebenarnya memang dekat dengan lokasi tersebut atau tidak. Tempat ibadah, dokter, mini market, atau pun pusat oleh-oleh juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk memilih tempat menginap.

Informasi tentang Sang Host

Host di sini akan menjadi tuan rumah kita selama menginap karena kita di sini adalah tamu. Tentunya, kita harus mencari tahu tuan rumahnya akan seperti apa. Apakah ia bisa berbahasa Inggris, contohnya. Dalam review atau pun testimoni, juga biasanya akan menjelaskan tentang sang host. Jika kita bisa menjaga hubungan baik dengan host tersebut, maka kita di saat menginap akan merasa lebih nyaman dan aman.

Menjadi Tenant yang Baik

Perlu untuk kita ingat bahwa jika menyewa di sini, kita harus mematuhi peraturan yang ada. Karena, walau pun kita membayar untuk menginap, kita tetaplah tamu.

Jadi, jagalah kondisi tempat menginap agar bisa tetap bersih dan tidak ada yang sampai rusak atau pun kotor.

Dan, perlu untuk kita ingat, kita di sini pun akan di-rating sebagai tamu. Jadi, jika sampai mendapatkan rating buruk, maka kita jadi akan sulit untuk mendapatkan tempat menginap di masa mendatang melalui platform ini.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top