REVIEW

5 Aplikasi Kamera Canon Terbaik untuk Android

by Bruno Mukti | 05 Oct 2017
5 Aplikasi Kamera Canon Terbaik untuk Android

Sekarang ini, kamera profesional bukanlah sesuatu yang mewah lagi. Hal ini terjadi karena hampir setiap orang mampu memiliki kamera. Kebutuhan untuk mengambil gambar juga telah begitu tinggi. Terlebih, ada banyaknya sarana untuk membagikan karya-karya tersebut di dunia maya. Salah satu kamera yang cukup banyak untuk diminati selain Nikon, tentu saja adalah Canon. Setiap orang banyak mengambil gambar di mana pun, kapan pun, dan cenderung mengunggahnya secara langsung ke berbagai media sosial yang dimiliki.

Dukungan aplikasi perangkat mobile pun telah banyak yang bermunculan, khususnya untuk perangkat dengan sistem operasi Android. Aplikasi-aplikasi ini tentunya akan membuat gambar yang diambil jadi lebih menarik untuk diunggah. Untuk menunjang semuanya itu, ada beberapa aplikasi yang bisa membantu. Berikut adalah 5 aplikasi kamera Canon terbaik untuk Android:

Camera Connect and Control
Harga: Gratis/$5.99
Link Download

Camera Connect and Control adalah salah satu aplikasi Android terbaik yang bisa digunakan oleh para pengguna kamera Canon. Walau pun ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk merek-merek kamera lainnya. Beberapa di antaranya seperti untuk Sony, Nikon, dan Go Pro. Akan tetapi, ini lebih baik jika digunakan pada kamera Canon. Beberapa fitur yang diberikan pada aplikasi ini gratis. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah koneksi menggunakan WiFi atau USB, unduh data dari kamera, dan masih banyak lagi lainnya.

Yang membedakannya dengan versi profesional, para pengguna pada versi gratis ini tidak akan terganggu dengan iklan, dan juga dapat menggunakannya untuk melihat EXIF data. Sedangkan, untuk yang versi profesional, aplikasi ini dapat digunakan sebagai layar pengganti untuk melihat gambar pada kamera yang tertera. Selain itu, juga ada mode tambahan burst mode.

Canon Camera Connect
Harga: Gratis
Link Download

Canon sebenarnya memiliki aplikasi-aplikasi resmi yang dikeluarkannya sendiri pada perangkat dengan OS Android. Ada lebih dari satu aplikasi Canon di perangkat tersebut, dan salah salah satunya adalah Canon Camera Connect. Tidak disarankan untuk menggunakan versi lama dari aplikasi ini. Jadi, bagi yang ingin menggunakan aplikasi dari Canon ini, akan lebih baik untuk menggunakan yang telah mendapatkan update terbaru.

Sebagai aplikasi keluaran resmi, Canon Camera Connect ini dapat digunakan untuk menghubungkan aplikasi dengan kamera. Aplikasi ini pun bisa digunakan untuk mengunduh dan menyimpan data foto dari kamera ke ponsel pengguna. Selain itu, juga ada fitur seperti mengambil gambar secara remote dengan menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini telah mendukung banyak kamera Canon dengan berbagai seri. Meski pun demikian, tidak sedikit pengguna yang mengeluh dalam menggunakan aplikasi ini. Hal ini dikarenakan desain dan pergerakan dari aplikasi ini yang dianggap agak susah untuk digunakan. Tapi, hal tersebut tidaklah menjadi masalah, sebab ini adalah aplikasi resmi besutan Canon. Selain gratis, aplikasi ini juga tidak ada iklan yang mengganggu seperti aplikasi-aplikasi gratis lainnya.

DSLR Controller
Harga: $7.99
Link Download

DSLR Controller adalah aplikasi yang secara khusus dibuat untuk para pengguna kamera Canon EOS. Aplikasi ini dibuat oleh salah satu pengembang aplikasi ternama, yaitu Chainfire. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan aplikasi yang telah disebutkan di atas. Beberapa di antaranya seperti viewfinder yang bisa dihadirkan dari layar ponsel pintar pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa mengambil gambar, mengganti pengaturan kamera, memperbesar gambar, dan lainnya lagi melalui aplikasi yang ada di ponsel.

Aplikasi ini sendiri agak susah untuk digunakan oleh orang biasa. Pengembang dari DSLR Controller menyarankan pengguna untuk melihat informasi-informasi mengenai aplikasi ini melalui situs resminya. Di sana, ada banyak panduan bagi pengguna agar tidak bingung dalam menggunakannya. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang direkomendasikan untuk setiap pengguna Canon EOS.

Helicon Remote
Harga: Gratis/$48-$75
Link Download

Di antara semua aplikasi yang direkomendasikan di sini, Helicon Remote adalah aplikasi yang memiliki harga paling mahal. Dengan harga yang begitu mahal, aplikasi ini tentu saja dapat melakukan semua fungsi yang ada di aplikasi-aplikasi lain seperti yang telah disebutkan di atas tadi dengan mudah. Selain dapat digunakan untuk mengambil gambar, mengganti pengaturan kamera, dan live view, kamera ini juga bisa digunakan untuk mengambil gambar "burst mode" dengan berbagai eksposur yang ditawarkan seperti HDR. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh pengguna untuk mengambil gambar video.

Harga aplikasi ini untuk fitur-fitur standar bisa didapatkan dengan harga senilai $48. Namun bagi yang ingin mendapatkan fitur lebih, dan tidak terbatas untuk banyak perangkat yang digunakan, maka pengguna harus merogoh kocek sebesar $75. Sementara, bagi pengguna yang hanya sekedar ingin mencoba-cobanya terlebih dahulu, maka ada pilihan gratis dengan sedikit fitur saja yang disediakan.

Aplikasi-aplikasi Canon Lainnya
Harga: Gratis
Link Download: Google Play Store / Apple App Store

Canon banyak sekali memiliki aplikasi untuk platform mobile. Aplikasi-aplikasi tersebut berguna untuk perangkat-perangkat Canon lainnya, seperti printer, aplikasi bisnis, aplikasi untuk membuat label pada sebuah disk, dan bahkan aplikasi kamera Canon lainnya seperti (EOS Remote). Para pengguna Canon setidaknya harus melihat aplikasi-aplikasi ini terlebih dahulu sebelum menilainya. Sebab, Canon dalam beberapa hal memang bersungguh-sungguh dalam mengembangkan aplikasi mobile untuk menunjang kemudahan bagi para penggunanya.

Dan, yang paling penting lagi adalah aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dan tidak ada iklan sama sekali di dalamnya. Jadi, tidak ada alasan bagi pengguna untuk tidak mencoba untuk menggunakan aplikasi-aplikasi ini. Karena, tentunya ini adalah berita baik!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top