TIPS

Begini Tips untuk Menghindari Drama di Media Sosial

by Dwi K | 01 Oct 2017
Begini Tips untuk Menghindari Drama di Media Sosial

Kemudahan dalam berkomunikasi di saat ini telah mengubah cara kita dalam bersosialisasi di kehidupan sehari-hari. Dulu, kita harus bertatap muka secara langsung jika ingin mengobrol dan bercerita. Telepon pun hanyalah ditujukan untuk keperluan-keperluan penting mau pun bisnis semata.

Dewasa ini, kehadiran media sosial telah menghilangkan batas jarak dan waktu. Kita bisa bersosialisasi dengan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Namun, hilangnya semua batas tersebut tidak malah menjadikannya selalu membawa dampak-dampak yang positif. Seringkali, kita malah dihadapkan pada banyak postingan atau unggahan-unggahan yang tidak kita inginkan di media sosial kita. Bahkan, beraneka debat kusir mau pun drama yang kita anggap tidak penting pun bisa sekonyong-konyong muncul di timeline kita. Mengesalkan, bukan?

Bagaimanakah cara untuk menghindarinya? Apakah kita harus kembali lagi ke kebiasaan-kebiasaan lama dan menutup akun-akun media sosial milik kita?

Tentu saja jawabannya adalah tidak. Maka, inilah tips-tips untuk menghindari debat kusir mau pun drama yang terjadi di media sosial.

1. Beri Batasan Kontak pada Media Sosial milik Kita

Selalu batasi siapa saja yang dapat mengkontak atau pun berinteraksi dengan kita, terutama jika kita ingin menghindari debat kusir mau pun drama dari orang-orang tertentu di timeline kita.

Mungkin inilah cara yang umum untuk dilakukan oleh netizen dalam membatasi media sosialnya. Hampir semua media sosial sudah memberikan akses kontrol di dalam platform mereka. Seperti Facebook, dimana kita bisa memberikan status Mute dalam Messenger atau memblokir akun-akun tertentu jika kita memang ingin membatasi kontak kita secara total. Message atau pesan dari orang-orang asing yang tidak kita kenal pun akan ditempatkan secara terpisah agar kita dapat mengkonfirmasi terlebih dahulu jika kita ingin menerima pesan dari orang-orang asing tersebut atau tidak.

Twitter pun tidak kalah dengan memberikan tombol Mute jika kita tidak ingin melihat postingan dari orang-orang tertentu, dan Private Message pun hanya bisa dilakukan jika kedua belah pihak sudah saling follow.

Di lain pihak, Instagram memberikan akses kontrol kepada kita menyoal siapa-siapa saja yang bisa melihat Stories milik kita, dan platform yang populer tersebut juga menyediakan fitur Mute serta Block yang kurang lebih akan berfungsi sama seperti Facebok dan Twitter.

2. Batasi Konten yang Kita Upload

Mungkin yang perlu dilakukan bukanlah hanya sekedar membatasi user-user lain yang ingin berinteraksi dengan kita saja, tapi ada baiknya juga bagi kita untuk melihat konten-konten yang pernah kita upload. Apakah mengundang debat kusir mau pun drama, atau tidak? Hindarilah topik-topik yang terbilang sensitif atau pun kontroversial dalam semua unggahan yang kita lakukan.

Namun, kita juga bisa membatasi siapa-siapa saja yang bisa melihat dan berinteraksi dengan konten kita, karena debat kusir mau pun drama di media sosial memang bisa terjadi dari konten mana saja.

Kenapa hal tersebut harus kita batasi? Karena, media sosial secara default bakal mengizinkan siapa pun untuk melihat postingan kita walau pun belum berteman atau follow. Nah, di sinilah kita harus mengatur diri kita sendiri agar tidak semua pihak dapat melihat postingan kita dan menghindari debat kusir mau pun drama dari orang-orang tertentu.

3. Batasi Pengguna Lain untuk Menemukan Kita

Jika kita memang sudah melakukan semua hal di atas tadi dan semua netizen yang suka dengan debat kusir mau pun drama tetap bisa mengontak kita, maka batasilah pengguna lain untuk bisa masuk dan melihat profil kita.

Dalam Facebook, kita bisa melakukannya dengan masuk ke menu Privacy dan memilih menu "Who can look me up?" Selain itu, aturlah agar user lain tidak bisa melakukan search atas diri kita melalui alamat e-mail atau pun nomor handphone, serta aturlah agar profil kita tidak langsung dimunculkan pada hasil pencarian yang dilakukan di Facebook.

Twitter juga menggunakan fitur yang terbilang mirip dengan menu Privacy dan Safety dengan memberikan opsi bagi kita untuk mengatur hasil pencarian atas profil kita via e-mail dan telepon.

Sementara untuk Instagram memang belum memberikan Privacy yang serupa, namun kita bisa menghapus linked account dengan Facebook dan Twitter.

Semoga dengan tips ini, kita bisa menghindari debat kusir mau pun drama serta orang-orang yang suka membuat kedua hal yang tidak penting itu di timeline, dan timeline kita pun jadi lebih damai.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top